Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMK

Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMK
Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMK

Buat saudara yang belum mendapatkan pekerjaan janganlah berkecil hati, teruslah berusaha dan tetap semangat. Di sini kami akan memberikan tips dan trik cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Cara ini tentunya berhasil karena berdasarkan dari pengalaman penulis sendiri.

Cara Cepat Dapat Kerja Dengan Mudah

Aktif Mencari Informasi Loker

Lulusan SMK wajib yang namanya mencari informasi tentang lowongan kerja, baik di media sosial, maupun konvensional melalui jaringan Bursa Kerja Khusus (BKK). Biasanya, di masing-masing sekolah sudah ada lembaga yang bertujuan untuk membantu lulusannya apabila ingin bekerja.

Selain itu, kita juga bisa masuk ke akun website resmi perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Seperti PT. KAI Indonesia yang membutuhkan posisi operator maka, di dalam website bagian carerr akan tampil informasi tentang pendaftarannya.

Teman atau saudara juga menjadi faktor penting dalam penyebaran informasi loker karena biasanya berita datang dari mulut ke mulut. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menambah relasi dan informasi agar tidak ketinggalan proses seleksi.

Mengikuti Program Pelatihan Kerja

Perusahaan dalam membuka lowongan tidak serta merta tanpa kualifikasi, tetapi ada persyaratan yang harus kita penuhi. Contoh, calon pelamar wajib memiliki keterampilan dasar mengoperasikan Microsoft Office, dapat berbahasa asing (Inggris), dan lain sebagainya.

Untuk lulusan SMK baru kami sarankan agar menambah softskill atau hardskill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Caranya adalah dengan mendaftar di BKK karena dengan cara ini kita bisa mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa kita gunakan untuk melamar kerja.

Perusahaan memerlukan bukti otentik yang menunjukkan bahwa kita menguasai kompetensi tersebut. Sehingga, sertifikat dan dokumen resmi lainnya sangat diperlukan. Fungsi lainnya yaitu untuk menghindari kecurangan saat proses rekruitmen.

Mendaftar Pekerjaan yang Sesuai Dengan Keahlian

Apabila teman-teman mempunyai dasar keahlian menulis maka bisa mendaftar di instansi yang bergerak dalam bidang penulisan atau penerbit, seperti Sindo, Gramedia, dan Pos Indonesia. Langkah ini terbukti dapat meningkatkan peluang untuk diterima kerja.

Untuk lulusan SMK jurusan listrik mempunyai kesempatan bekerja di PLN (Perusahaan Listrik Negara), jurusan Teknik Kendaraan Ringan bisa melamar di PT. KAI Indonesia, dan jurusan Mesin bisa bekerja di Industri baja dan manufaktur.

Cobalah untuk melamar kerja sesuai dengan jurusan alias jangan melenceng ke arah yang lain, seperti lulusan arsitek tetapi melamar di industri makanan. Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang sudah kita pelajari.

Bisa jadi kita lolos, namun kemungkinan besarnya adalah gagal. Kalaupun berhasil itu biasanya karena orang dalam. Orang dalam merupakan karyawan yang memiliki hubungan dengan pelamar.

Membangun Bisnis Sendiri

Sudah mendaftar kesana kemari, tetapi belum juga berhasil dan saat ini masih saja menganggur. Kami sarankan untuk mencoba membangun bisnis sendiri dengan modal tekad dan uang seadanya.

Baru lulus sekolah pastinya belum memiliki uang untuk modal usaha. Namun, jangan khawatir karena kami punya solusi bisnis modal minim. Teman-teman bisa membuka lapak online di marketplace, seperti shopee dan tokopedia. Sistem reseller atau menjual kembali menjadi pilihan terbaik untuk memulai usaha.

Agar bisnis berjalan dengan lancar maka perlu adanya konsistensi dalam menjalankannya. Supaya dagangan lebih laris lagi, kita bisa melakukan promosi di media sosial, ataupun memberikan diskon.

Keuntungan dari berbisnis bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di samping itu, kita juga bisa membuka lowongan kerja sendiri yang pastinya berguna bagi banyak orang.

Bergabung Dalam Organisasi Profit

Meskipun belum bekerja dan memperoleh penghasilan tetap, tetapi dengan bergabung ke dalam organisasi akan membuka peluang untuk bekerja sama dalam menghasilkan keuntungan (profit). Bagaimana cara memanfaatkan organisasi sebagai ladang penghasilan?

Bekerja tidak harus melulu dengan menjadi karyawan di suatu perusahaan secara formal, tetapi bisa dengan kelompok informal. Organisasi profit seperti Blogger merupakan salah satu kelompok yang memanfaatkan teknologi saat ini untuk menghasilkan uang.

Berdoa Sebagai Cara Cepat Dapat Kerja

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan kewajiban bagi umat beragama. Setiap usaha harus kita imbangi dengan doa supaya, keinginan bisa lebih cepat terkabul. Mintalah restu kepada orang tua dan saudaramu.

Masih banyak cara cepat untuk dapat kerja bagi lulusan SMK yang tentunya setiap orang mempunyai gaya atau caranya sendiri dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, kita harus menghargai orang lain dan bersikap rasional.

Baca juga = MyRepublic Cilacap Membuka Lowongan Posisi AE.

Baca juga = Loker Bank BTPN Syariah Posisi Community Officer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top