Cara Menjadi Sales Profesional, Incaran Perusahaan Besar

Cara Menjadi Sales Profesional
Cara Menjadi Sales Profesional

Tidak ada satupun perusahaan di dunia ini yang tidak memiliki sales. Sales merupakan karyawan yang bekerja untuk menawarkan produk dari perusahaan kepada konsumen. Produk tersebut dapat berupa barang maupun jasa yang mempunyai nilai jual.

Nama lain dari sales yaitu promotor atau marketing. Seseorang yang bekerja sebagai sales bisa kita sebut dengan salesman atau SPG (bagi wanita).

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, posisi tersebut memiliki nama panggilan yang berbeda-beda, tergantung di mana tempat mereka bekerja. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa menjadi sales yang handal? Berikut ini penjelasannya.

Cara Menjadi Sales Profesional

Sales adalah pondasi utama dalam dunia usaha, mengapa? Karena tanpa kehadirannya perusahaan akan cukup kesulitan dalam memasarkan barang dagangannya. Sehingga, tidak ada pemasukan yang menguntungkan.

1. Berlatih Komunikasi yang Baik

Cara pertama yang bisa kita lakukan yaitu dengan belajar komunikasi yang baik. Komunikasi yang benar adalah sesuai dengan kaedah kebahasaan dan tata krama. Sehingga, klien dapat memahami maksud dan tujuan dari pernyataan kita.

Coba bayangkan kalau kita berbicara seenaknya sendiri, seperti berkata kasar, menyepelekan, hingga memotong pembicaraan. Maka hal ini akan membuat mereka menjadi tidak nyaman bahkan merasa kesal, ujung-ujungnya menolak penawaran kita.

Berikut ini, karakteristik komunikasi yang benar yaitu:

  • Menggunakan intonasi ketika berbicara dengan orang lain,
  • Mengatur tinggi rendahnya nada ucapan,
  • Bahasa tubuh yang tidak berlebihan,
  • Memberikan senyuman,
  • Memulai pembicaraan dengan salam dan menutupnya dengan ucapan terima kasih.

Ketika melakukan promosi, kita tidak boleh bicara seterusnya tanpa henti. Hal ini akan membuat pembeli kesulitan untuk memahami. Maka dari itu, berilah jeda di setiap perkataan kita sehingga mereka ada kesempatan untuk bertanya.

Sekedar tips, cobalah untuk memahami karakteristik pembeli terlebih dahulu. Tanyakan juga kebutuhannya, keinginannya, dan juga kesulitan apa yang sedang mereka hadapi. Kemudian, secara bertahap kita mulai untuk memberi saran dengan cara mencoba menawarkan produk.

2. Menguasai Informasi Tentang Produk

Yang namanya sales wajib banget untuk menguasai seluruh informasi tentang produknya. Informasi yang dimaksud yaitu kelebihan dan kekurangan produk, manfaat, komposisi, harga, cara penggunaan, penyimpanan, dan cara merawatnya.

Pengalaman dari penulis, saya sendiri pernah bekerja sebagai promotor elektronik Polytron. Semasa training selama 3 bulan, saya berkewajiban untuk mengikuti pertemuan online untuk menggali informasi tentang barang elektronik.

Selain itu, tujuan lain dari pengetahuan produk adalah untuk mempersiapkan diri kita sebelum memasuki pasar. Jadi, salesman akan semakin mantap lagi dalam menghadapi pelanggan di lapangan. Kita dituntut untuk berani dan mandiri dalam menangani setiap masalah.

3. Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Teknologi yang terus berkembang saat ini bisa kita manfaatkan untuk membantu proses pemasaran. Dampak positifnya yaitu dapat menjangkau pasar yang lebih luas alias seluruh dunia. Sehingga, mampu meningkatkan penjualan.

Sales seperti kita bisa menggunakan metode jualan online, tetapi perlu meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik. Sehingga, akan ada kontribusi yang baik antara bawahan dengan atasan. Di samping itu, ada kemungkinan kita diberi fasilitas yang menunjang proses penawaran.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan Tik Tok dapat kita pakai untuk jualan. Caranya juga sangat gampang karena semua fitur sudah tersedia. Kita tinggal konsisten dan terus melakukan promosi.

Aplikasi e-commerce antara lain Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja, Matahari, dan lain sebagainya bisa membantu untuk menambah keuntungan. Cara tersebut terbilang efektif karena minim modal.

4. Membangun Relasi

Sales lapangan biasanya bekerja secara door to door (pintu ke pintu), sales toko bekerja dengan melayani pembeli yang datang, sedangkan sales online bekerja secara daring. Upayakan pembeli tersebut untuk bisa menjadi langganan.

Cara membangun relasi yaitu dengan menjaga silaturahmi. Sehingga, menciptakan hubungan yang baik antara sales dengan konsumen. Hal ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis jangka panjang. Buktinya, mereka datang lagi untuk membeli di waktu yang akan datang.

Mintalah nomor pelanggan dan simpan WhatsApp nya, kemudian coba posting status yang berkaitan dengan bisnis kamu. Bisa jadi, mereka melihat dan tertarik lalu mencoba menghubungi mu. Langkah ini tentunya sangat efisien.

5. Keterampilan Bahasa Asing

Sebenarnya cara ini tidak wajib tetapi apabila kita menguasainya maka akan lebih baik. Perusahaan besar yang bergerak dalam sektor keuangan biasanya merekrut orang yang mempunyai keterampilan berbahasa asing, seperti Inggris, Jepang, Korea, dan Perancis.

Menguasai bahasa inggris akan menjadi nilai tambah bagi kita untuk diterima kerja di perusahaan tersebut. Selain itu, bahasa asing berguna ketika kita melakukan interaksi dengan orang dari negara lain. Ayo belajar bahasa Inggris kawan.

6. Prospek Kerja Cara Menjadi Sales Profesional

Sebagai motivasi teman-teman, saya akan memberikan beberapa informasi tentang lowongan kerja posisi sales. Mumpung masih ada waktu untuk mempersiapkannya. Loker ini hanya untuk yang berdomisili di kota Cilacap dan sekitarnya.

Periode pendaftaran di mulai hari rabu, tanggal 30 Agustus 2023, secepatnya:

  1. Sales Konsultan (Honda Sumber Cilacap)
  2. Marketing Associate KKB (Mandiri Utama Finance Cilacap)
  3. Sales Executive (Dealer Daihatsu Cilacap)
  4. Sales Outlet/ Konter CSO Area Cilacap (Indosat Ooredoo Hutchison)
  5. Marketplace Adverstiser (PT Powerkerto Wahyu Keprabon)

Kesimpulan Cara Menjadi Sales Profesional

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga hajat teman-teman semuanya untuk menjadi seorang sales profesional bisa terpenuhi. Pada intinya, setiap usaha harus dibarengi dengan doa agar semua yang kita harapkan dapat terwujud.

Belajar tidak cukup dengan membaca artikel saja, tetapi harus praktik supaya menambah pengalaman. Sehingga, kemampuan kita meningkat dan karir terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga = Kesalahan Pedagang Pemula Pemicu Kegagalan Bisnis.

Baca juga = Tutorial Disiplin Belajar Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top