Mending Kerja Atau Bisnis? Jangan Salah Pilih

Mending Kerja Atau Bisnis
Mending Kerja Atau Bisnis? Jangan Salah Pilih

Pertanyaan yang sering muncul pada karyawan saat ini adalah mau lanjut kerja atau memulai bisnis baru? Mereka terkadang merasa bosan dengan tempat kerjanya atau bahkan ingin menjalani hidup mandiri dengan cara mengandalkan kemampuannya sendiri.

Berikut ini, kami jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari bekerja atau berbisnis yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pilihan dalam mengambil keputusan. Di akhir cerita, kita akan bersama-sama untuk mengambil kesimpulan yang tepat.

Definisi Kerja Atau Bisnis

Kerja yaitu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh pendapatan berupa uang dengan cara bekerja di suatu perusahaan atau lingkungan organisasi tertentu. Sedangkan, bisnis merupakan usaha individual bermodal kreativitas dan inovasi untuk menghasilkan produk atau jasa yang mempunyai nilai jual.

Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya yaitu kalau kerja mempunyai jabatan dan tugas yang lebih spesifik, seperti manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur sumber daya yang ada. Sedangkan, bisnis tidak memiliki keterbatasan alias dapat melakukan apa saja yang menjadi keinginan dari pemiliknya.

Kelebihan dan Kekurangan Kerja

Berdasarkan pengertian yang sudah kami terangkan di atas, sebenarnya sudah bisa kita identifikasi. Adapun manfaat dari bekerja antara lain:

  • Mendapatkan penghasilan tetap, bahkan tunjangan dan intensif
  • Peluang jenjang karir
  • Menambah pengalaman
  • Banyak teman

Namun, rupanya bekerja di suatu perusahaan juga mempunyai kekurangan yang mungkin kita tidak sadari, yaitu:

  • Tanggung jawab yang besar
  • Banyak peraturan
  • Persyaratan melamar cukup sulit
  • Terkadang upah tidak sesuai harapan
  • Hubungan antara atasan dan bawahan yang kurang baik

Setiap karyawan mempunyai wewenangnya masing-masing, tidak semua bisa kita lakukan karena adanya peraturan yang wajib ditaati. Apabila melanggar maka siap-siap kena sanksi, seperti pemotongan gaji bahkan yang paling buruk yaitu pemutusan hubungan kerja (PHK).

PHK tidak akan terjadi jika kita bekerja sesuai dengan prosedur dan tidak menimbulkan masalah. Pemberian upah tambahan ada sebagai bentuk loyality sehingga, kita termotivasi untuk lebih semangat lagi kerjanya.

Mungkin hari ini kita masih menjadi bawahan, tetapi seiring berjalannya waktu ke depan bisa jadi naik jabatan menjadi supervisor (SPV). Semakin tinggi profesi kita maka semakin besar pula tanggung jawabnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis

Ada banyak kelebihan dalam menjalankan bisnis, seperti menambah penghasilan, menciptakan lapangan kerja baru bagi yang membutuhkan, waktu lebih fleksibel, tidak ada aturan yang melekat, meningkatkan rasa kemandirian, dan masa depan yang menjanjikan.

Jiwa kewirausahaan menjadi faktor penting jika usahanya ingin berjalan lancar dan tahan lama. Banyak pemula yang berhenti di tengan jalan karena kehabisan modal atau kurangnya keterampilan. Oleh karena itu, kita harus belajar dari sekarang untuk meminimalisir kegagalan.

Namun, bisnis juga mempunyai resiko antara lain:

  • Modal yang besar
  • Membutuhkan dedikasi yang tinggi
  • Lingkungan terus berubah
  • Masalah produktivitas tenaga kerja
  • Sepi pembeli
  • Penghasilan lebih kecil

Pebisnis akan menghadapi masalah yang tidak menentu. Maka dari itu, kita perlu wawasan yang luas agar mampu mengorganisir sumber daya yang ada demi kemajuan dan kelancaran bisnis. Apabila tidak ingin menanggung resiko yang tinggi maka Anda lebih cocok untuk bekerja.

Karakteristik Pribadi

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, hal inilah yang akan menentukan mereka untuk memilih kerja saja atau berwirausaha. Karakter individu yang cocok untuk berbisnis adalah tekun, telaten, berani mengambil keputusan, menyukai tantangan, dan konsistensi yang tinggi.

Sedangkan, karakter pekerja adalah tahan banting, tidak cepat bosan, senang berorganisasi, jiwa sosial tinggi, dan tidak mau menanggung resiko. Cobalah sesuaikan diri Anda berdasarkan sifat tersebut, manakah yang menurutmu lebih sesuai.

Tantangan Globalisasi

Dunia yang terus berkembang karena pengaruh teknologi akan mengubah cara pandang dan sistem kerja yang ada saat ini. Beberapa profesi mungkin akan hilang akibat dari munculnya robot pintar, seperti kasir, supir, bahkan guru les.

Di Amerika Serikat sekarang sudah tidak ada lagi supir, sebagai gantinya yaitu penggunaan mobil listrik pintar yang tidak membutuhkan pengemudi. Bagaimana jika hal tersebut terjadi di Indonesia? Tentu banyak para ojek yang kehilangan pekerjaannya.

Beberapa tempat perbelanjaan juga sudah tidak ada kasir. Pembeli yang datang akan memprosesnya sendiri dan membayar menggunakan kartu debit atau ­e-money (no cash). Selain itu, masih banyak lagi profesi lainnya yang akan hilang.

Kesimpulan Mending Kerja Atau Bisnis

Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita harus mempunyai jiwa pengusaha. Jangan keterusan bergantung kepada perusahaan. Teruslah asah bakatmu selagi masih muda dan cari uang sebanyak-banyaknya.

Itulah penjelasan singkat terkait pekerjaan dan bisnis. Setelah membaca artikel mending kerja atau bisnis di atas, apakah teman-teman sudah menemukan jawaban? Kalau belum, pilihlah berdasarkan minat dan bidangmu.

Baca juga = Mengapa Jualan Enggak Laku? Ini 5 alasannya.

Baca juga = Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMK.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top