Tujuan dan Manfaat Kuliah yang Harus Kamu Tahu

Tujuan dan Manfaat Kuliah
Tujuan dan Manfaat Kuliah yang Harus Kamu Tahu

Belajar tidak hanya sekedar sampai sekolah menengah saja, tetapi bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Orang-orang menyebutnya dengan istilah kuliah. Lalu apa saja yang membuat kuliah itu menjadi penting? Berikut ini alasannya.

Tujuan dan Manfaat Kuliah

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Dengan ilmu tersebut, kita dapat mempelajari banyak hal mulai dari nilai-nilai kehidupan, kemampuan berpikir secara analitis, hingga memperdalam suatu keahlian.

1. Memperluas Wawasan dan Menambah Pengetahuan Baru

Tujuan kuliah yang pertama yaitu karena ingin memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih luas. Di sini, kita akan belajar banyak hal, dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.

Contohnya, dahulu belum mengerti tentang fisika maka saat kuliah, kita akan mengerti tentang hukum fisika. Tidak hanya itu saja, nantinya kita akan banyak mendapatkan pengalaman baru yang berguna di masa yang akan datang.

Ilmu adalah harta yang paling berharga dalam hidup manusia. Seseorang yang berilmu biasanya memiliki budi pekerti yang luhur. Hal ini terjadi karena mahasiswa sudah dibekali dengan pendidikan karakter yang baik.

Berikut ini, materi pelajaran pokok lanjutan dari SMA/ SMK antara lain:

  • Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Inggris
  • Agama (Islam/ Kristen/ Katholik/ Hindu/ Budha/ dan Konghucu)

2. Mengembangkan Karir yang Lebih Baik

Semakin tinggi riwayat pendidikan maka semakin besar pula kesempatan untuk bekerja. Buktinya, sekarang untuk melamar kerja di perusahaan minimal harus strata satu. Bagi lulusan sekolah menengah tidak boleh mendaftar.

Ketentuan semacam ini berlaku juga di BUMN (Badan Usaha Milik Negara), di mana calon pegawai negeri sipil harus mempunyai ijazah S1. Persyaratan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan generasi muda Indonesia.

Setiap dari kita tentu mempunyai cita-citanya masing-masing. Meskipun berbeda tujuan tetapi saling melengkapi. Pemahaman inilah yang harus kita terapkan kepada anak-anak muda zaman sekarang supaya mereka lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu.

3. Menguasai Satu Bidang Keahlian

Mahasiswa tidak semata-mata dapat mempelajari semua hal, tetapi lebih spesifik seperti memperdalam ilmu matematika saja. Bagi yang sukanya berorganisasi maka bisa mengambil jurusan manajemen. Atau yang hobi menari mungkin bisa kuliah di fakultas seni.

Fokus lah pada satu bidang keahlian saja, jangan terlalu banyak. Hal ini supaya kamu lebih konsisten dengan tujuan hidupmu. Coba bayangkan kalau kita mempelajari banyak hal dalam satu periode maka, akan membuat bingung.

Karena karakteristik orang berbeda-beda maka, saya akan memberikan beberapa alternatif jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat mu. Sehingga, bisa kamu jadikan rujukan dalam mengambil keputusan.

Nama HobiNama Jurusan Kuliah
MenabungEkonomi Pembangunan
MenghitungAkuntansi
TravelingPariwisata
MenanamPertanian dan Kehutanan
MembacaIlmu Kearsipan
BermainPendidikan Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
Merakit RobotSains dan Teknologi
Senang BereksperimenFisika atau Kimia
MenggambarDesain Arsitektur
Tabel di atas menunjukkan bahwa hobi dapat menjadi penentu seseorang dalam memilih jurusan nya.

4. Menilai Kemampuan

Tujuan kuliah berikutnya yaitu ingin mengasah seberapa besar kemampuan diri sendiri. Tidak hanya itu saja, mereka juga ingin melihat sejauh mana perkembangan dirinya daripada orang lain. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa dapat bersaing secara sehat.

Mahasiswa yang unggul biasanya akan mengikuti berbagai macam kompetisi. Perlombaan tersebut berfungsi sebagai ajang untuk menunjukkan kekuatan dan kelebihannya. Kalah menang itu sudah biasa, yang penting adalah pengalamannya.

Mengikuti lomba tingkat nasional bahkan internasional adalah pengalaman yang sangat berharga. Kita bisa bertemu dengan kawan baru yang notabenenya berbeda, seperti beda bahasa, budaya, dan lain sebagainya.

Mahasiswa yang berprestasi akan berkesempatan untuk memperoleh beasiswa. Sehingga dalam masa kuliah nya, mereka tidak berkewajiban untuk membayar uang semesteran. Bagi teman-teman yang merasa pintar, cobalah untuk mendaftar kuliah.

5. Mendapatkan Gelar Sarjana

Setelah menyelesaikan program studi maka, mahasiswa akan memperoleh gelar sarjana. Gelar tersebut yang akan membedakan lulusan SMA/K dengan kuliah. Sehingga, perusahaan akan lebih mudah dalam menyeleksi calon pelamar.

Berikut ini, macam-macam gelar sarjana sesuai dengan Prodi yaitu:

  • Sarjana Ekonomi (S.E.)
  • Sarjana Manajemen (S.M.)
  • Sarjana Teknik (S.T.)
  • Sarjana Hukum (S.H.)
  • Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
  • Sarjana Kedokteran (S.Ked.)
  • Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.)

Misalnya, nama saya Ayu Puspita Ningrum maka setelah lulus kuliah manajemen akan menjadi Ayu Puspita Ningrum S.M. Begitu seterusnya sesuai dengan jurusan teman-teman. Setelah mengetahui hal ini, pasti kalian makin semangat kan?

6. Banyak Teman Sebagai Tujuan dan Manfaat Kuliah

Kalau ini sih related banget karena jumlah mahasiswa di kampus itu sangat banyak. Jadi, kita dapat memilih mau teman yang seperti apa, ada semua. Meskipun kita jurusan listrik tetapi bisa berteman dengan jurusan pertanian.

Semisal ingin mengenal lebih banyak orang maka saya sarankan untuk bergabung ke dalam organisasi, baik formal maupun non formal. Organisasi formal adalah yang ada dan dibentuk oleh pihak kampus, sedangkan yang non formal adalah atas inisiatif sendiri, seperti kelompok belajar.

Berkawan tidak pandang gender dan usia karena semuanya saling melengkapi. Menghormati kepentingan orang lain adalah perilaku yang terpuji. Oleh karena itu, kita harus membantu kawan yang sedang mengalami kesulitan.

Kesimpulan Tujuan dan Manfaat Kuliah

Setelah membaca artikel di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kelebihan dari kuliah antara lain memperluas ilmu pengetahuan, membangun karir, menguasai bidang tertentu, menguji kemampuan, memperoleh gelar, dan menambah relasi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang lainnya, tetapi hal itu bisa Anda rasakan sendiri nanti saat sedang kuliah. Selamat mencoba dan tetap semangat semuanya. Terimakasih.

Baca juga = Tutorial Disiplin Belajar Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka.

Baca juga = Impian Besar Pengusaha Muda Yang Bikin Bangga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top