Tutorial Disiplin Belajar Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka

Tutorial Disiplin Belajar
Tutorial Disiplin Belajar Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka.

Perkenalkan nama saya Tegar Dwi Wardhani, teman-teman bisa memanggil saya Tegar atau Dwi juga boleh. Saya merupakan mahasiswa baru dari Universitas Terbuka Purwokerto Jurusan Manajemen Bisnis. Kalian yang membaca artikel ini pasti juga seorang mahasiswa UT kan?

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana caranya untuk disiplin dalam belajar, yang tentunya mudah kita terapkan. Semoga cara ini berhasil sehingga teman-teman semua bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Amin.

Tutorial Disiplin Belajar

Mahasiswa UT memang harus terbiasa untuk mandiri artinya, bukan belajar secara sendiri atau individu, tetapi belajar karena adanya kesadaran akan pentingnya menuntut ilmu. Hal inilah yang membedakan mahasiswa UT dengan mahasiswa dari universitas lainnya.

1. Manajemen Waktu

Langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu dengan membuat jadwal belajar. Bagi yang mengambil SIPAS NON TTM atau tanpa tatap muka, tidak ada yang namanya jam belajar mulainya kapan dan di mana, tetapi menuntut kita untuk bisa mengatur waktu secara mandiri.

Waktu belajar setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung dengan aktivitas apa saja yang kita lakukan pada hari ini. Teruntuk yang kuliah sambil kerja maka harus lebih bijak lagi dalam menggunakan waktunya. Jangan sampai habis pulang dari kantor langsung pergi main.

Manfaatkan waktu luang untuk membaca materi. Selain itu, gunakanlah handphone hanya untuk keperluan yang penting-penting saja, yang dapat membantu proses pembelajaran seperti mengakses modul secara daring.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tujuan manajemen waktu adalah untuk membentuk pribadi yang lebih disiplin. Sehingga, mahasiswa Universitas Terbuka akan lebih mantap lagi dalam menjalani masa perkuliahan.

2. Menentukan Target

Target adalah tujuan yang ingin kita capai. Tanpa tujuan yang jelas maka kita akan kesulitan dalam meraih kesuksesan. Contoh, saya ingin memperoleh nilai A untuk mata kuliah matematika di semester satu maka, saya akan menyusun strategi yang terbaik agar bisa mewujudkan keinginan itu.

Tujuan jangka pendek harus bersifat akurat artinya, bisa melihat sampai sejauh mana diri kita mampu untuk mencapai target tersebut. Buatlah target belajar yang mudah untuk diri sendiri dan berusaha untuk selalu konsisten.

Berikut ini tabel target belajar yang efektif dan efisien. Cocok untuk semua jurusan.

Tabel Target Belajar
BulanMingguMata Kuliah AMata Kuliah B
Agustus1Modul 1 
2Modul 2Modul 1
3 Modul 2
4Modul 3 
September1 Modul 3
2Modul 4Modul 4
3Modul 5 
4 Modul 5
Oktober1Modul 6Modul 6
2Modul 7 
3 Modul 8
4Modul 8Modul 9
KeteranganUjian Akhir Semester
Dengan membuat tabel seperti di atas akan membantu kita dalam mengatur waktu.

3. Memahami Materi dan Praktik kan

Untuk dapat memahami materi yang tertera di dalam modul, mahasiswa UT harus kreatif. Caranya yaitu dengan menggunakan metode merangkum atau mencatat kalimat-kalimat penting yang menjadi ide pokok dari pembahasan tersebut.

Meringkas bisa dengan menulis di buku atau catatan kecil lainnya. Namun, buat yang ingin lebih praktis lagi bisa juga dengan di ketik di microsoft word. Kemudian simpan di Google Drive sehingga bacaan dapat kita akses di mana saja.

Apabila ada materi yang cukup sulit maka bisa mengajukan pertemuan kepada dosen menggunakan layanan ATPEM. ATPEM merupakan pengajuan tatap muka dari mahasiswa dengan ketentuan seperti minimal kuota dan berkewajiban untuk membayar biaya tambahan.

Belajar tidak hanya dengan membaca saja, tetapi harus kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Praktik dilakukan dengan cara menerapkan ilmu yang sudah kita pelajari di dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh, saya mempelajari buku pengantar bisnis maka saya mencoba untuk membuka usaha baru. Awalnya memang sulit tetapi seiring berjalannya waktu ke depan, saya mulai memahami bahwa semuanya membutuhkan proses.

4. Mengerjakan Soal Latihan

Untuk menilai sejauh mana diri kita dalam memahami materi maka kerjakan soal-soal yang terdapat di dalam modul. Soal tersebut dapat berupa latihan atau tes formatif yang berbentuk pilihan ganda. Jawablah pertanyaan dengan sungguh-sungguh.

Mahasiswa UT yang mengambil sistem paket semester non tatap muka wajib mengikuti tutorial online sebagai salah satu persyaratan penilaian. Jadi, usahakan jangan sampai bolos alias lupa tidak mengikutinya karena bisa berakibat fatal.

5. Mencari Motivasi Belajar

Lelah sehabis bekerja dapat menimbulkan rasa malas alhasil, enggan untuk belajar. Hal ini tentunya berdampak negatif. Maka dari itu, saya sarankan kepada teman-teman kalau habis pulang kerja jangan kebiasaan untuk mampir-mampir tetapi langsung pulang ke rumah dan istirahat.

Cara meningkatkan motivasi belajar, antara lain:

  • Belajar kelompok
  • Menonton video pembelajaran
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental
  • Rajin berolahraga
  • Jangan begadang
  • Membiasakan diri untuk membaca
  • Menjaga kebersihan lingkungan belajar, seperti kamar dan ruang kerja
  • Mengingat cita-cita

6. Evaluasi Tutorial Disiplin Belajar

Langkah terakhir adalah dengan melakukan evaluasi. Evaluasi merupakan penilaian kepada diri sendiri tentang apa saja yang sudah kita dapatkan selama ini. Apabila ada keinginan yang belum terwujud maka akan dicari penyebabnya dan berusaha untuk menciptakan strategi yang baru.

Apakah kita melakukan sesuatu yang salah atau ada yang terlewat bisa kita kemukakan saat kegiatan evaluasi. Sedangkan yang sudah tercapai akan terus dipertahankan untuk memupuk rasa semangat. Hal ini, akan membentuk pribadi yang cerdas dan dapat bersaing dengan orang lain. Yang terpenting adalah tidak boleh sombong.

Kesimpulan Tutorial Disiplin Belajar

Terimakasih telah membaca artikel ini, saya harap Anda suka. Beri pertanyaan di kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga semua keinginan kita dapat terwujud tentunya yang berkaitan dengan masa perkuliahan. Mahasiswa seperti kita adalah generasi penerus bangsa Indonesia.

Ayo semangat belajar semuanya. Jangan lupa berdoa dan bersedekah agar hidup makin berkah.

Baca juga = Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMK.

Baca juga = Lagu Semangat Kerja, Biar Makin Produktif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top