Bisnis Kuliner di Cilacap Cepat Laku dan Untung Banyak

Bisnis kuliner di Cilacap paling laku dan banyak pembeli
Bisnis kuliner di Cilacap paling menguntungkan

Bagi warga Cilacap bercahaya yang ingin membuka usaha di bidang kuliner tidak perlu bingung. Cilacap Kerja.com akan membagikan ide peluang usaha yang paling menguntungkan dan pastinya cocok untuk di kembangkan di kota Cilacap yang sangat maju ini.

Salah satu ide tersebut adalah jualan makanan, baik mentah maupun yang sudah siap konsumsi. Makanan mentah adalah yang belum siap makan atau perlu proses memasak terlebih dahulu. Sedangkan, yang siap konsumsi dapat langsung kita santap.

Manfaat dan Peluang Bisnis Kuliner di Cilacap

Mengapa kita harus jualan makanan? Salah satu alasannya adalah karena dengan bisnis kuliner, kita bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Bisnis ini cocok bagi kita yang ingin memperoleh penghasilan tambahan.

Berikut ini, manfaat menjalankan usaha di bidang kuliner antara lain:

  1. Mudah dalam proses pembuatan nya karena siapa saja bisa memasak.
  2. Tidak sulit dalam mencari pemasok yang menyediakan bahan baku untuk membuat olahan masakan.
  3. Tidak membutuhkan modal yang banyak.
  4. Usaha yang bisa diwariskan ke anak cucu.
  5. Dapat menembus pasar yang lebih luas.
  6. Sangat fleksibel karena bisa beroperasi di rumah saja.
  7. Mudah untuk menentukan harga jual.
  8. Terakhir, tentu saja sangat membantu perekonomian keluarga.

Cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi harga jual adalah dengan meminimalkan penggunaan modal usaha. Jadi, apabila kita ingin berjualan produk olahan maka kita harus mencari supplier yang murah. Misalnya, menjalin relasi dengan pedagang di pasar tradisional atau petani lokal.

Nama pasar di kota Cilacap yang paling murah, antara lain pasar Sidodadi atau Sangkal Putung, pasar Tanjung, dan pasar Limbangan. Di pasar tersebut terdapat banyak pedagang yang menjual bahan makanan, seperti sayuran, daging, dan ikan laut.

Hal-hal yang mendorong peluang bisnis kuliner di Cilacap sangat tinggi adalah karena minat konsumen yang besar dan beragam, serta budaya konsumtif masyarakat yang tinggi. Perubahan tersebut memengaruhi orang-orang untuk lebih suka membeli, ketimbang harus membuatnya sendiri.

Ide Bisnis Kuliner di Cilacap Kategori Makanan Mentah

Kata siapa kalau jualan makanan harus yang sudah matang saja. Padahal kita juga dapat menjual makanan yang masih mentah, namun sudah kita bersihkan dan olah sedemikian rupa. Sehingga, produk olahan tersebut sudah layak untuk kita pasarkan atau jual kepada konsumen.

Keunggulan makanan mentah antara lain lebih awet dan tahan lama karena dapat kita simpan di lemari pendingin. Selain itu, proses pembuatan nya juga tergolong sederhana. Jadi, cocok untuk industri rumah tangga atau skala kecil.

1. Frozen Food

Sesuai dengan namanya, Frozen Food merupakan makanan yang beku dengan tujuan supaya lebih awet. Jadi, pembeli dapat mengonsumsi nya selama beberapa bulan setelah kemasan terbuka. Contoh, ikan laut, sosis, nugget, bakso, dan ayam marinasi.

Harga jual perkemasan Frozen Food bervariasi, yaitu paling murah 15 ribu rupiah, sedangkan paling mahal 50 ribu rupiah. Untuk memulai bisnis ini, kita dapat menjadi reseller atau menjadi produsen sendiri. Jadi, sesuaikan dengan budget masing-masing.

2. Makanan Kaleng

Makanan kaleng adalah makanan yang dikemas ke dalam kaleng sehingga tahan lama selama berbulan-bulan. Salah satu makanan olahan kaleng yaitu ikan sarden. Pasti kita semua sudah mengenalnya, selain rasanya yang nikmat, sarden juga mudah di masak.

3. Sate Buah

Sate buah termasuk ke dalam kategori makanan mentah karena buah yang kita pakai tidak melewati proses memasak, seperti merebus atau mengukus. Kita bisa langsung memberikan perasa ke atas sate buah tersebut, dengan susu kental manis atau sirup.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan toping meses supaya lebih menarik lagi. Modal untuk jualan sate buah tidak banyak. Kita hanya perlu membeli buah-buahan segar di pasar dan perasa tambahan. Untuk kemasan bisa memakai plastik mika.

4. Salad Buah dan Sayur

Bisnis salad sayuran yang sangat digemari kaum vegetarian
Gambar salad sayuran untuk jualan

Salad buah merupakan campuran buah-buahan segar dengan tambahan mayones yang masam. Selain itu, ada juga yang membuat salad dari sayuran mentah, seperti selada hijau, tomat, dan bawang. Keunggulan jualan salad adalah praktis dan banyak peminatnya.

Kita dapat menjual salad buah atau sayur di supermarket atau area kafetaria. Rita Pasaraya merupakan salah satu alternatif tempat terbaik untuk warga Cilacap yang ingin berjualan makanan. Di sana sangat ramai pengunjung dan biaya sewa yang cukup murah.

5. Minuman Jus

Bisnis minuman jus di Cilacap yang paling banyak peminatnya
Gambar minuman jus buah yang bisa dijual

Iklim di kota Cilacap yang panas sangat cocok untuk jualan minuman. Kita dapat membuat minuman dari sayur dan buah-buahan atau mengombinasikan keduanya. Sehingga, menjadi minuman yang unik dan rasa yang segar.

Tambahkan juga susu kental manis rasa cokelat. Kami jamin pasti banyak yang membeli jus buatan kita. Jus buah yang paling banyak peminatnya, antara lain jus alpukat, mangga, jeruk peras, buah naga, dan jambu biji.

Selain mendapatkan pundi-pundi uang, kita juga bisa memberikan manfaat bagi pembeli karena jus buah ini mengandung gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antara kelima referensi di atas, Anda pilih yang mana?

Itulah beberapa ide bisnis kuliner kategori bahan makanan mentah. Setelah ini, kita akan membahas tentang masalah yang sering pedagang hadapi ketika sedang berjualan makanan. Beberapa masalah tersebut adalah jualannya tidak laku atau sepi.

Hal inilah yang menjadi perhatian khusus bagi pedagang makanan seperti kita. Silahkan membaca artikel tentang alasan mengapa jualan sepi pembeli, di bawah ini.

Baca juga = Mengapa Jualan Enggak Laku? Ini 5 alasannya.

Ide Bisnis Kuliner di Cilacap Kategori Makanan Matang

Makanan matang artinya yang sudah melewati proses memasak mulai dari menggoreng, merebus, membakar, dan memanggang. Untuk bisnis makanan jadi tentunya harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena untuk membeli alat dan bahannya.

Namun, kita tidak usah takut untuk memulai bisnis makanan ini karena profit yang bisa kita dapatkan sangat besar. Apa saja ide usaha makanan di Cilacap yang paling menguntungkan?  Berikut ini, beberapa makanan yang paling laku di Cilacap.

1. Olahan Nasi dengan Ayam

Bisnis kuliner di Cilacap yang paling laris adalah nasi campur ayam. Makanan ini bisa kita nikmati di waktu pagi, siang, hingga malam hari. Sehingga, cocok untuk dijadikan usaha. Nasi Padang merupakan salah satu jenis makanan ini.

Selain itu, ada nasi rames dan ayam paket 10.000 yang saat ini sedang menjadi primadona bagi para pengusaha. Untuk memulai bisnis ini, kita perlu gerobak untuk jualan namun tidak perlu yang terlalu mahal.

2. Martabak

Makanan yang berbahan dasar dari tepung terigu ini merupakan salah satu favorit bagi semua kalangan. Martabak ada dua jenis yaitu martabak manis dan asin. Martabak asin menggunakan telur bebek atau ayam kampung.

Sedangkan yang manis menggunakan selai buah dan gula pasir untuk toping nya. Harganya juga bermacam-macam, mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah. Tergantung dengan komposisi nya, apabila membutuhkan banyak bahan maka harganya juga semakin mahal.

3. Aneka Gorengan

Orang Cilacap sangat gemar makan gorengan. Mendoan merupakan salah satu makanan khas kota Cilacap. Mendoan terbuat dari tempe dan gandum dengan potongan daun bawang, serta bumbu halus kunyit yang memberikan warna kuning.

Selain mendoan, kita juga dapat menjual aneka gorengan lain seperti bakwan (bala-bala), lumpia, cireng, piscok, risoles, dan jamur krispi. Kita dapat menjualnya satuan atau langsung satu paket. Contoh, 1 paket gorengan dijual dengan harga Rp 10.000 saja, sudah termasuk saus cabe.

4. Lotek

Ciri khas pecel dari Cilacap adalah ada bunga kecombrang nya. Mungkin sebagian dari kita tidak menyukai nya namun, menurut orang lain rasanya sangat lezat. Makanan yang satu ini hampir setiap hari pasti orang makan.

Mau itu anak muda atau orang dewasa, semua doyan makan lotek. Tidak perlu membangun warung yang berukuran besar. Cukup dengan gerobak kecil saja, kita sudah bisa berjualan. Yang terpenting adalah percaya diri dan terus melangkah.

5. Mie Ayam Bakso

Bisnis kuliner bakso dan mi ayam yang banyak peminatnya di kota Cilacap
Gambar kuliner bakso dan mi ayam yang lezat

Olahan mi dengan tambahan bakso yang terbuat dari daging sapi ini merupakan makanan favorit semua orang. Ada dua tipe pedagang bakso yaitu keliling dan menetap, seperti punya warung sendiri. Sesuaikan tipe jualan kita dengan modal yang kita punya.

Untuk menarik perhatian konsumen agar membeli bakso buatan kita. Maka perlu adanya sesuatu yang berbeda sehingga, memiliki keunikan tersendiri. Hal inilah yang mendorong pelanggan untuk membeli kepada kita.

6. Makanan yang Sedang Trending

Selain beberapa jenis makanan di atas, kita juga dapat menjual makanan yang sedang populer saat ini. Beberapa makanan yang sedang naik daun di tahun 2023, antara lain seblak, sate usus, ayam geprek, dan rujak lada hitam.

Itulah beberapa jenis makanan yang paling laku di Cilacap. Dalam membuat artikel ini tentunya, Cilacap Kerja.com telah melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga, kami dapat membuat kesimpulan yang bermanfaat bagi kita semuanya.

Strategi Bisnis Kuliner di Cilacap

Supaya makanan yang kita jual laku dan banyak yang beli maka, kita perlu melakukan beberapa langkah atau yang sering disebut dengan strategi penjualan. Jadi, meski kita jualan di tempat yang berbeda, kita tetap bisa untuk memperoleh pelanggan yang banyak.

Berikut ini, strategi bisnis di bidang kuliner supaya dagangan laris diborong pembeli:

  • Rajin promosi di media sosial.
  • Membiasakan diri untuk bersedekah.
  • Menjaga cita rasa agar tidak berubah-ubah.
  • Mengembangkan ide makanan yang baru sehingga semakin menarik lagi.
  • Konsisten menjual makanan yang enak dan lezat.
  • Melayani pelanggan dengan baik, utamakan pembeli yang datang terlebih dahulu.
  • Cepat memproses pesanan yang masuk melalui online.

Terimakasih telah membaca artikel ini, kami harap wawasan Anda tentang bisnis terus bertambah. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi atau ingin memasang iklan di website Cilacap Kerja.com silahkan hubungi kami, ke nomor 0882-3286-8029. Sampai jumpa dan semoga sukses!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top