Bisnis Rumahan Modal Minim, Ide, Manfaat, dan Caranya

Bisnis Rumahan Modal Minim, Ide, Manfaat, dan Caranya
Bisnis Rumahan Modal Minim, Ide, Manfaat, dan Caranya

Anda termasuk orang yang beruntung karena telah membaca artikel ini. Bagi yang ingin mencoba bisnis baru, tetapi modal masih belum cukup maka bisa lakukan cara-cara di bawah ini. Kemudian pilih dan praktekkan.

Jualan tidak harus dengan mendirikan toko yang besar dan karyawan yang banyak. Namun, bisa juga dengan hanya tinggal di rumah saja. Dengan begini, kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk modal usaha.

Ide Bisnis Rumahan Terbaru 2023

Kami akan memberikan macam-macam alternatif jualan yang paling menguntungkan dan juga mudah bagi pebisnis rumahan. Tanpa keahlian khusus, Anda sudah bisa berdagang dan mampu mengelola bisnis dengan baik dan benar.

1. Menjual Makanan dan Minuman Buatan Sendiri

Cara ini sangat cocok bagi orang yang punya hobi memasak. Cobalah untuk berkreasi dalam hal resep masakan, seperti membuat olahan makanan ataupun minuman yang baru. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pembeli.

Contoh nama makanan yang sedang viral yaitu bakso pedas jeletot, cilok isi ikan, es krim goreng, semangka goreng, roti maryam, dan sate taichan. Selain itu, kita juga bisa menjual makanan dari bahan dasar sayuran dan buah-buahan.

Kita bisa berjualan di teras rumah sehingga tetangga ataupun anak-anak yang lewat dapat membeli dengan mudah. Jangan malu untuk berdagang karena ini adalah pekerjaan yang halal, semasih ada jalan maka masih ada harapan.

Banyaknya permintaan membuat kita tidak dapat bekerja secara individu. Oleh karena itu, ajak saudara untuk membantu. Karena keuletan dan kesabaran maka, usaha akan semakin berkembang. Dari yang awalnya hanya warung kecil sekarang sudah punya restoran sendiri.

2. Memasarkan Produk Kerajinan Tangan

Di tangan-tangan orang kreatif, barang bekas bisa menjadi sesuatu yang berharga. Contoh, membuat pot tanaman dari handuk yang sudah tidak terpakai. Kegiatan tersebut tentunya sangat menguntungkan karena bisa memperoleh pundi-pundi uang.

Selain memerlukan kreativitas, bisnis juga membutuhkan inovasi artinya dapat menciptakan sesuatu yang berbeda dan lebih bermanfaat daripada sebelumnya. Bagi yang punya kemampuan menyulam maka bisa membuat kerajinan anyaman.

Apakah kalian tahu kalau sampah plastik itu bisa di daur ulang menjadi kerajinan? Beberapa produk dari limbah plastik antara lain tempat tisu, keranjang, dompet, bunga, bahkan sebuah lukisan.

Cobalah lakukan riset dengan cara mencari informasi bahan baku dan minat pelanggan. Contoh, di area tempat tinggalmu banyak tersedia tempurung kelapa maka kamu bisa membuat kerajinan dari bahan tersebut, seperti celengan uang, gantungan kunci, dan hiasan dinding.

3. Bisnis Tanaman Hias

Bagi ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak dan selalu tinggal di rumah. Saya sarankan untuk mencoba bisnis tanaman hias. Bisnis ini sangat relevan dengan tingginya minat para kolektor tanaman. Perawatannya juga tergolong gampang yaitu cukup menyiram dan memberi pupuk secara teratur.

Bunga mawar dan anggrek merupakan jenis tanaman yang paling banyak peminatnya. Selain itu ada gelombang cinta, kamboja, geranium, kaktus, lili paris, soka, kembang sepatu, lidah buaya, begonia, dan bunga melati.

Bagi pemilik lahan luas, cobalah menanam sayur-sayuran atau buah-buahan sehingga dapat dijual di pasar. Namun, untuk yang lahannya sempit maka bisa menanam dengan sistem hidroponik. Metode tersebut sangat sesuai bagi kita yang tinggal di dalam gang.

Saya punya teman yang hobi bercocok tanam dan dia memanfaatkan hobinya tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meskipun seorang laki-laki tetapi kalau urusan uang, dia tidak merasa malu.

4. Mendirikan Toko Online

Globalisasi seperti sekarang ini, orang-orang lebih suka untuk belanja online ketimbang pergi ke pasar. Maka dari itu, gunakan peluang tersebut untuk mendirikan lapak online. Sehingga, kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membangun ruko.

Modal yang kita perlukan cuman hp dan kuota internet saja. Untuk barangnya bisa buat sendiri ataupun stok dari supplier. Dropshipper merupakan metode penjualan tanpa perlu menyediakan barang alias memromosikan produk dari distributor menggunakan label merek sendiri.

Banyak platform perusahaan yang membutuhkan reseller untuk bekerja sama. Biasanya, mereka memberikan fee atau intensif atas penjualan per produk. Besar kecilnya fee tergantung dengan jenis barang yang terjual.

Apabila kita mempunyai barang dagangan sendiri maka coba unduh dan pasang aplikasi belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Di lain waktu, saya akan membuat artikel mengenai tutorial cara jualan di marketplace.

5. Menjadi Agen PPOB

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank, artinya pusat pembayaran online. Jadi, tugas seorang agen PPOB adalah menawarkan jasa kepada konsumen. Layanan yang tersedia antara lain pulsa, paket data, kirim uang, dan lain sebagainya.

Cukup modal seratus ribu saja, Anda sudah bisa jualan pulsa dan untung banyak. Kita asumsikan keuntungan dari penjualan pulsa lima ribu sebesar 2.000 Rupiah maka, laba bersih yang kita dapatkan adalah 40.000 Rupiah.

Payfazz merupakan aplikasi PPOB dengan harga paling terjangkau. Di samping itu, produk layanannya juga sangat lengkap ketimbang operator lainnya. Ada pula potongan diskon yang dapat membantumu mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

6. Bisnis Rumahan Laundry

Bagi Anda yang tinggal di area perkotaan, cobalah untuk membuka jasa cuci pakaian. Cukup bermodal deterjen dan timbangan, Anda sudah bisa menghasilkan uang. Beritahu tetangga dan orang-orang sekitar bahwa Anda sekarang berprofesi sebagai tukang cuci baju.

Sehingga, mereka yang sedang malas mencuci akan menghubungi Anda untuk membersihkan pakaian kotornya. Kebersihan merupakan hal yang paling penting dalam usaha laundry. Oleh karena itu, kita harus jujur dan amanah.

Apabila menemukan uang di dalam saku maka kewajiban kita mengembalikannya kepada pemilik, jangan malah menyimpannya untuk kepentingan sendiri. Hal ini akan membuat pelanggan merasa senang dan percaya.

Apakah perlu mesin cuci? Jawabannya tidak juga karena semua tergantung kemampuan kita. Jika kita mampu mencuci secara manual maka tidak usah membeli mesin cuci. Namun, kalau terasa cape maka beli saja yang paling murah.

Baca juga = Tips Memulai Bisnis Laundry di Cilacap Untung 20 Juta.

7. Membuat Warung Kecil-Kecilan Atau Toko Kelontong

Bisnis rumahan selanjutnya yaitu mendirikan warung untuk jualan barang-barang kebutuhan rumah tangga, seperti beras, tepung, telur, mie instan, dan minyak goreng. Modalnya cuman satu yaitu mau untuk bangun pagi buat pergi ke pasar.

Biasanya harga di pasar tradisional lebih murah daripada pasar swalayan. Oleh karena itu, kalau pengen dapat untung yang banyak, kita harus membeli di pasar tradisional. Namun, seringkali kita kehabisan barang karena banyaknya pengunjung di pasar tersebut.

Hal yang perlu kita perhatikan dalam mengelola toko kelontong adalah membuat laporan keuangan yang baik. Catat pemasukan dan pengeluaran sehari-hari supaya, kita dapat dengan mudah mengecek ketersediaan dana untuk modal di hari berikutnya.

Beras 10 kgRp 100.000,-
Gas LPG 5 tabungRp 100.000,-
Gula Pasir 5 kgRp 50.000,-
Tepung Beras 2 kgRp 10.000,-
Garam 10 bungkusRp 20.000,-
Tabel Penjualan hari X total Rp 280.000,- (Penjualan kita artikan sebagai pemasukan sementara).
Beras 10 kgRp 81.000,-
Gas LPG 5 tabungRp 75.000,-
Gula 5 kgRp 35.000,-
Tepung Beras 2 kgRp 16.000,-
Garam 10 bungkusRp 10.000,-
Tabel Pembelian hari x total Rp 217.000,- (Pembelian sama dengan modal yang kita keluarkan).

Jadi, berdasarkan tabel laporan keuangan di atas dapat kita simpulkan bahwa laba bersih hari ini sebesar Rp. 63.000,- . Perhitungan tersebut berasal dari Rp 280.000 – Rp 217.000.

Manfaat Bisnis Rumahan

Keuntungan yang bisa kita peroleh dalam berwirausaha di rumah yaitu tidak banyak memerlukan modal usaha dan pengelolaan yang cukup efektif dan efisien. Kita dapat mengatur waktu sesuka hati sesuai keinginan sendiri.

Dengan berbisnis, setiap anggota keluarga dapat menyampaikan pesan dan kesan yang mendorong kesadaran bersama untuk memperbaiki usahanya. Sehingga, semuanya dapat saling melengkapi dan belajar.

Bisnis rumahan lainnya yang bisa kita coba antara lain menjual pakan ternak, penyewaan sinyal wifi, dan distributor air mineral (galon). Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga memberi manfaat bagi pembaca.

Baca juga = Impian Besar Pengusaha Muda Yang Bikin Bangga.

Baca juga = Kesalahan Pedagang Pemula Pemicu Kegagalan Bisnis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top