Cara Jualan di WhatsApp Business Agar Banyak Pembeli

Cara jualan di WhatsApp Business agar banyak pembeli
Cara jualan di WhatsApp Business agar banyak pembeli

Cara jualan di WhatsApp Business merupakan tutorial berjualan di aplikasi WA bisnis, mulai dari pembuatan profil hingga menambahkan katalog. Jadi, bisnis kita dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Setiap dari kita tentunya ingin agar produk jualannya laris sehingga, keuntungan yang bisa kita dapatkan semakin banyak. Namun, untuk mewujudkan semua itu perlu adanya usaha. Salah satunya yaitu dengan berjualan di aplikasi WA.

Apa Saja Manfaat Jualan di WhatsApp Business?

Mengapa kita harus berjualan di WhatsApp Business? Karena ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari penggunaan aplikasi tersebut, mulai dari mudahnya proses transaksi hingga biaya iklan yang sangat rendah daripada aplikasi yang lainnya.

Berikut ini, manfaat atau fungsi WA untuk bisnis antara lain:

  • Pemilik usaha dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara mudah.
  • Minim modal karena kita hanya mengeluarkan biaya untuk internet saja.
  • Tampilan yang sangat responsif sehingga mudah dalam pengoperasiannya.
  • Pembuatan katalog produk cukup mudah dan cepat.

Selain itu, WhatsApp Business juga mempunyai beberapa fitur unggulan yang dapat kita gunakan meliputi panggilan secara gratis, berkirim pesan internasional tanpa biaya, mengirim pesan dalam grup, pesan offline, dan masih banyak lagi. Ayo unduh sekarang juga di Google Play Store.

Cara Jualan di WhatsApp Business

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini secara urut. Persiapkan juga produk dan layanan apa saja yang ingin kita jual kepada konsumen. Lalu, tetapkan harga jual dan waktu produksinya. Jadi, pelanggan semakin tertarik dengan bisnis kita.

Apabila Anda mengalami kesulitan selama proses jualan. Anda bisa berkonsultasi dengan kami melalui nomor 0882-3286-8029 (atas nama Tegar Dwi Wardhani). Kami siap membantu permasalahan Anda dengan senang hati.

1. Membuat Profil Untuk Bisnis

Membuat profil untuk bisnis di WhatsApp Business
Gambar menu “Profil Bisnis”

Setelah kita mendaftarkan nomor di WhatsApp Business maka, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun atau profil tentang bisnis kita. Cara membuat profil bisnis di WA yang benar, yaitu:

  • Masuk ke menu fitur, dan pilih “Profil bisnis”
  • Upload foto profil dan foto sampul
  • Masukkan nama bisnis yang baru, sesuai dengan bisnis teman-teman
  • Memilih kategori dan klik simpan
  • Tambahkan deskripsi secukupnya
  • Setel alamat sesuai dengan lokasi saat ini
  • Edit jam kerja, bisa memilih selalu buka, hanya dengan janji temu, atau hanya buka pada jam-jam tertentu
  • Menambahkan email bisnis
  • Terakhir, beri juga situs website kita

Selamat, kita telah berhasil membuat profil bisnis sesuai dengan keinginan. Kurang lebih hasilnya seperti gambar di bawah ini. Ngomong-ngomong, kami pakai nomor admin sendiri. Jadi, sudah terbukti bahwa pembuatan nya cukup gampang.

Hasil jadi profil WhatsApp Business
Gambar hasil jadi profil WhatsApp Business

2. Membuat Pesan Otomatis dan Balas Cepat

Inilah salah satu kelebihan aplikasi WhatsApp Business yaitu dapat menampilkan pesan otomatis kepada pelanggan yang mengirim pesan di luar jam kerja. Jadi, mereka akan mengira bahwa kita selalu aktif, dan online.

Ada 3 pilihan fitur yang dapat kita gunakan semuanya, antara lain fitur salam, pesan di luar jam kerja, dan balas cepat. Salam merupakan kalimat yang menyambut pelanggan baru, dan balas cepat menggunakan kembali pesan yang sering dikirim.

Berikut ini, cara membuat pesan di luar jam kerja yang benar, yaitu:

Membuat pesan di luar jam kerja di aplikasi WA
Gambar menu “Pesan di luar jam kerja”
  • Kembali ke menu fitur dan pilih “pesan di luar jam kerja”
  • Klik tombol on untuk mengaktifkan menu
  • Membuat kalimat sesuai kebutuhan
  • Memilih jadwal untuk disampaikan, selalu kirim, jadwal khusus, atau di luar jam produksi
  • Menentukan tipe penerima pesan
  • Terakhir, klik simpan

Ternyata tidak sulit dalam membuat pesan otomatis ini buktinya, kami telah berhasil membuatnya. Coba lihat gambar di bawah ini, sudah terlihat profesional seperti bisnis pada umumnya bukan? Asalkan kita mau mencoba pasti semua bisa!

Cara membuat pesan di luar jam kerja di WhatsApp Business
Gambar pembuatan pesan di luar jam kerja sudah berhasil

3. Memberikan Label Kontak

Tujuan memberikan label adalah untuk menandai kontak dan membantu kita dalam mengorganisasi serta membedakan kategori pelanggan. Jadi, kita dapat mengetahui pelanggan mana yang sudah membayar, menunggu pembayaran, hingga pesanan sudah selesai.

Cara memberikan label di WA bisnis sangat mudah sekali. Langkah-langkah pembuatan label yaitu memilih nomor pelanggan, tekan opsi lainnya, dan pilih labeli chat, kemudian pilih jenis label berdasarkan sifat pelanggan.

Kita juga dapat menambahkan label baru sesuai keinginan. Untuk membantu teman-teman dalam membuat label WhatsApp silahkan, tonton video ini.

Video cara pembuatan label di WhatsApp Business

4. Menambahkan Katalog di WA

Sesuai dengan namanya, katalog merupakan fitur untuk menampilkan produk dan layanan kepada calon konsumen. Sehingga, pelanggan baru dapat dengan mudah memilih barang yang ingin mereka beli dari toko kita.

Kita tidak perlu risau memikirkan memori hp penuh karena aplikasi WA sangat hemat ruang di telepon kita. Mau kita menambahkan banyak katalog sekalipun, tidak akan membuat penyimpanan hp kita menjadi penuh. Berikut, tutorial pembuatan katalog di WA bisnis.

  • Pilih menu katalog
  • Tambahkan item baru
  • Upload gambar produk atau layanan
  • Beri nama item dan harga jual, deskripsi (opsional)
  • Tambahkan tautan link bila perlu
  • Masukkan kode item sesuai jenis produknya
Cara membuat dan menambahkan katalog
Gambar pembuatan katalog telah berhasil

Mungkin di sini ada yang bertanya mengapa, katalog di WA business tidak bisa tampil? Jawabannya karena item sedang dalam masa peninjauan. Jadi, kita harus menunggunya beberapa saat. Setelah berhasil, pelanggan akan dapat melihatnya di profil bisnis kita.

Tips dan Trik Cara Jualan di WhatsApp Business Supaya Banyak Pembeli

Tujuan awal pengusaha mendirikan bisnis adalah untuk mencari keuntungan lewat jualan produk atau jasa kepada konsumen. Jadi, untuk memaksimalkan keuntungan dengan cara jualan di WA perlu menggunakan strategi yang tepat.

Strategi bisnis yang sudah kita kenal selama ini, antara lain penjualan, target pasar, pelayanan, dan produksi. Selain itu, ternyata kita juga perlu menerapkan metode bisnis yang lain supaya jualan kita di WhatsApp Business laris dan banyak yang beli.

Apa sajakah itu, berikut ini beberapa tips dan trik jualan online di WA supaya banyak pembeli. Tentunya cara di bawah ini mudah untuk kita praktek kan karena tidak perlu keahlian khusus.

a. Membuat Status WA

Setelah kita berhasil membuat profil bisnis sesuai dengan langkah-langkah di atas maka, kita juga harus membuat status di WA. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi terbaru tentang bisnis kita misalnya, promo-promo, diskon, atau launching produk baru.

Sehingga, pelanggan yang menyimpan nomor kita akan mengetahui kabar tersebut dan berminat untuk membeli produk kita. Posting status WA secara rutin dan di waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Waktu yang paling baik untuk posting status adalah pukul 12.00 atau sore hari karena di waktu tersebut, orang-orang sedang menggunakan handphone mereka. Bisa juga di hari sabtu atau minggu karena banyak orang yang libur kerja.

b. Menghubungkan Akun Media Sosial

Sebenarnya ada salah satu fitur di WhatsApp Business yang tidak boleh kita lewatkan, yaitu menautkan akun media sosial berupa Instagram atau Facebook. Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui akun media sosial kita.

Sehingga, kemungkinan besar mereka mengikuti kita. Caranya juga cukup gampang, kita tinggal menyalin dan menempelkan link media sosial di kolom tautan eksternal. Setelah itu, klik simpan perubahan dan selamat kita telah berhasil menambahkan Instagram di WA.

c. Memasang Foto Sampul WA dengan Benar

Jangan gunakan foto sampul yang tidak sesuai dengan binis kita. Pakailah foto yang mencerminkan tentang gambaran umum dari produk atau jasa kita. Contoh, kita menjual makanan maka, kita harus menggunakan gambar makanan, bukan malah minuman.

Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa foto produk. Kita dapat bekerja sama dengan mereka untuk membuatkan foto produk yang bagus. Sehingga, menarik perhatian konsumen untuk membeli dan memesan barang.

d. Pastikan Internet Stabil

Tips dan trik cara jualan di WhatsApp Business terakhir adalah pastikan memiliki koneksi internet yang stabil. Gunakan paket data yang bisa digunakan di mana saja, tanpa sering gangguan sinyal. Contohnya, smartfren dan indosat.

Itulah cara jualan di WA bisnis dengan baik dan benar. Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila Anda ingin informasi tentang bisnis lainnya, boleh juga dengan klik link di bawah ini. Sehingga, wawasan Anda terus bertambah.

Baca juga = Tips Jualan di WA Paling Efektif, Jadi Banyak Pembeli.

Baca juga = Media Sosial Untuk Bisnis, Pengusaha Wajib Download!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top