Cara Membuat IG Bisnis untuk Meningkatkan Jumlah Followers

Cara membuat IG bisnis
Cara membuat IG bisnis

Cara membuat IG bisnis merupakan langkah-langkah pembuatan akun Instagram dari yang awalnya bersifat pribadi, berubah menjadi akun bisnis atau publik. Jadi, pemilik akun dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan semua pengguna.

Pemilik akun di sini bisa siapa saja, baik itu pengusaha, konten kreator, maupun seorang seniman. Alasan kita membuat akun bisnis adalah untuk menjalin hubungan dengan para pengikut atau yang sering kita sebut dengan istilah followers.

Tujuan Pembuatan Instagram Bisnis

Mengapa kita harus membuat akun bisnis di Instagram? Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah followers. Selain itu, kita juga akan mendapatkan jumlah suka dan komentar yang banyak. Hal inilah yang menjadi sangat penting bagi pemilik usaha seperti kita.

Dengan memanfaatkan semua fitur yang ada di aplikasi Instagram maka, kemungkinan besar bagi kita untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini, manfaat penggunaan media sosial Instagram bagi pemilik bisnis, antara lain:

  • Mengetahui minat konsumen,
  • Menciptakan peluang yang besar,
  • Berfungsi sebagai aset di masa depan,
  • Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan,
  • Meningkatkan keterampilan marketing atau penjualan,
  • Mengurangi biaya promosi atau pemasaran produk,
  • Mudah dalam pengoperasian nya dan sangat fleksibel.

Cara Membuat IG Bisnis Supaya Pengikut Bertambah Banyak

Kalau tadi kita sudah membahas tentang manfaat dari penggunaan Instagram, sekarang kita lanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu langkah-langkah membuat akun bisnis di aplikasi Instagram dengan baik dan benar. Semuanya pasti bisa karena caranya mudah sekali.

Ikutilah metode di bawah ini secara urut namun, apabila menemui kendala silahkan bertanya di kolom komentar. Kami akan berusaha untuk cepat dalam memberikan jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada.

1. Memilih Akun Khusus untuk Bisnis

Silahkan masuk ke aplikasi Instagram kemudian, pilih akun yang ingin kita ubah menjadi akun bisnis. Sekedar tips dari kami yaitu jangan keseringan untuk mengubah jenis akun karena hal ini, bisa membuat akun IG kita kena banned.

Jadi, kita tidak boleh terlalu sering untuk melakukan hal tersebut di waktu yang berdekatan. Berikut ini, kami berikan contoh akun IG yang masih pribadi, kebetulan ini punya kami sendiri. Kalau punya kalian seperti apa?

Memilih akun khusus untuk bisnis
Gambar memilih akun khusus untuk bisnis

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Untuk masuk ke menu pengaturan, kita bisa menggunakan 2 metode, yaitu tekan tombol edit profil atau tekan garis tiga di ujung kanan atas Instagram. Kalau masih bingung juga, simak gambar di bawah ini. Sekarang sudah tahu semua kan?

Masuk ke menu pengaturan di Instagram
Gambar masuk ke menu pengaturan di Instagram

Setelah kita menekan tanda bergaris tiga di pojok kanan atas IG maka, akan muncul beberapa pilihan jenis menu. Karena kita ingin mengubah akun pribadi menjadi bisnis maka, kita pilih menu pengaturan. Apabila tampilan menu tidak muncul maka, kita wajib memperbaharui aplikasi IG di Google Play Store.

3. Memilih Menu Akun untuk Beralih ke Akun Profesional

Memilih menu akun di pengaturan Instagram untuk membuat akun profesional
Gambar menu akun di pengaturan

Langkah berikutnya adalah pilih akun kemudian, scroll layar handphone ke arah bawah hingga kita menemukan fitur “Beralih ke Akun Profesional”. Lalu tekan dan langsung muncul notifikasi untuk melanjutkan proses perubahan.

Baca dan pahami dengan baik agar kita tidak melewatkan informasi yang penting. Selanjutnya, tekan “Lanjutkan”.

4. Menentukan Kategori Bisnis

Kategori membantu orang lain untuk menemukan akun bisnis kita. Jadi, sesuaikan menurut bidang teman-teman, jangan sampai salah pilih. Berikut ini, kami berikan beberapa pilihan kategori yang sesuai dengan pekerjaan dan jenis usaha, antara lain:

KategoriJenis Bisnis
SenimanArtis, Pelukis, dan Penari
BloggerPenulis dan Pemilik Website
KomunitasOrganisasi dan Perusahaan
Kreator DigitalSelebgram, Yotuber, dan TikToker
PendidikanSekolah dan Perguruan Tinggi
Musisi/ bandGrup Musik, dan Penyanyi
Pakaian (Merek)Pemilik Brand Baju atau Desainer
Pilihan kategori Instagram bisnis
Gambar pilihan kategori Instagram bisnis

Kita tidak perlu risau karena kategori bisnis di Instagram, bisa kita rubah kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita dalam menyesuaikan diri dengan perubahan minat konsumen. Ayo buat IG bisnis sekarang juga!

5. Memilih Kreator atau Bisnis

Kreator merupakan pilihan bagi kita yang berprofesi sebagai artis, influencer, pembuat konten video, dan tokoh publik. Sedangkan, bisnis cocok untuk para pengusaha, pemilik merek dagang, penyedia jasa atau layanan, dan penjual.

Kita hanya bisa memilih salah satu saja. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kita. Kemudian, klik selanjutnya dan selamat akun IG bisnis kita telah berhasil dibuat. Coba perhatikan gambar berikut, ternyata ada penambahan kalimat kategori bisnis.

Akun IG bisnis telah berhasil dibuat
Gambar akun IG bisnis telah berhasil dibuat

Sebelumnya kita telah mencoba mengubah akun IG menjadi bisnis maka, langkah selanjutnya adalah berusaha untuk meningkatkan jumlah followers. Berikut ini, cara meningkatkan jumlah pengikut Instagram paling cepat, antara lain:

  • Rajin untuk posting foto dan video (reels) setiap hari,
  • Mengunggah konten yang berkualitas dan menarik,
  • Fokus mengangkat satu topik yang sama (tidak ganti-ganti tema),
  • Membalas pesan dengan cepat dan memberikan pelayanan yang terbaik,
  • Ikuti akun-akun yang relevan dengan bisnis kita, bisa juga mengikuti akun orang yang terkenal,
  • Posting di waktu yang tepat dan gunakan tagar yang benar,
  • Buatlah konten yang bersifat mengajak,
  • Mengatur bio profil menjadi lebih profesional,
  • Menambahkan keterangan berupa teks di setiap postingan.

Ada satu hal lagi yang mestinya kita lakukan yaitu berusaha untuk selalu aktif dengan cara tampil secara langsung (live) di Instagram. Semakin sering kita aktif maka, pengunjung juga akan tertarik dengan bisnis kita dan alhasil, mereka menjadi followers kita.

Cara Mengubah Akun IG Bisnis ke Pribadi

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mengubah akun bisnis ke pribadi, seperti berhenti berbisnis dan lain sebagainya. Di sini, kami akan berbagi tips caranya untuk mengganti akun bisnis ke pribadi atau private.

Jika kita sudah bisa membuat akun IG bisnis maka, berarti kita juga sudah tahu caranya untuk membuat Akun IG pribadi. Silahkan, ikuti langkah-langkah sebelumnya, hanya saja kita memilih menu “Beralih ke Pribadi

Otomatis, akun kita akan berubah ke pribadi dan semua insight akan hilang. Sangat disayangkan sekali hal ini, karena perubahan tersebut dapat mengurangi jumlah followers kita. Dari yang sebelumnya ribuan mungkin bisa turun sampai ratusan.

Kesimpulan Cara Membuat IG Bisnis, Terbaru 2023

Itulah penjelasan mengenai tutorial pembuatan akun Instagram bisnis dari awal sampai akhir. Meskipun mudah sekali dalam prosesnya, tetapi jika kita melewatkan satu langkah saja maka, tujuan kita tidak akan tercapai sesuai dengan rencana.

Percuma saja kalau sudah membuat Instagram bisnis, tetapi jumlah pengikut masih sedikit. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk meningkatkan jumlah followers, caranya seperti yang sudah kami terangkan di atas. Mulai dari rajin posting hingga menggunakan hashtag.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka, kita tidak boleh malas-malasan dalam membuat konten yang berkualitas. Konten bisa berupa foto, video, maupun gambar yang bersifat unik sehingga, berbeda dari orang lain.

Bagi yang ingin menambah wawasan tentang bisnis silahkan, klik link di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan yang membutuhkan. Terimakasih telah mengunjungi website Cilacap Kerja.com, sampai jumpa.

Baca juga = Media Sosial untuk Bisnis, Pengusaha Wajib Download.

Baca juga = Keuntungan Bisnis Online, Profit Hingga Jutaan Rupiah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top