10 Cara Naik Jabatan di Tempat Kerja Paling Mudah!

10 Cara Naik Jabatan di Tempat Kerja Paling Mudah
10 Cara Naik Jabatan Mudah dan Tanpa Modal

Bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk bisa naik jabatan maka, perlu adanya usaha yang harus kita lakukan. Berbagai macam cara bisa kita terapkan untuk mewujudkan impian kita tersebut. Sehingga, karir kita akan terus berkembang.

Namun, ada beberapa orang yang melakukan cara-cara yang tidak baik. Sebagian dari mereka hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri, tanpa peduli dengan karyawan yang lain. Hal inilah yang mestinya kita hindari.

Cara Naik Jabatan Dengan Mudah Tanpa Modal Uang

Bersaing di tempat kerja boleh-boleh saja, tetapi harus menggunakan cara yang positif. Persaingan yang sehat adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan. Dengan cara ini, setiap karyawan akan terdorong untuk meningkatkan kemampuan bekerja mereka.

Naik pangkat yang benar adalah tidak mengeluarkan uang sepersen pun. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar berkompeten di bidangnya. Dia adalah pribadi yang siap untuk menjadi seorang pemimpin.

Lalu, apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk naik jabatan? Sehingga, penghasilan yang kita dapatkan juga semakin bertambah. Berikut ini, 10 cara naik jabatan di tempat kerja paling mudah dan pastinya tanpa biaya sedikitpun.

1. Menjalin Hubungan Dengan Pemilik Usaha

Banyak orang yang mengira bahwa dekat dengan bos perusahaan merupakan perilaku menjilat. Padahal stereotip tersebut tidak sepenuhnya benar. Kita mestinya berpikir lebih dewasa. Kita harus melihat dari berbagai sisi sebelum menyimpulkan sesuatu.

70% karyawan yang menjalin hubungan dengan manajer mempunyai tujuan, yaitu hanya sekedar untuk belajar dan tidak mengharapkan hal yang lebih dari itu. Cobalah untuk menjaga hubungan yang baik dengan atasanmu.

Seiring berjalannya waktu, ilmu yang kita dapatkan dari manajer akan bertambah dan akhirnya berguna bagi masa depan kita. Iya benar sekali, pemilik usaha akan memberikan tanggung jawab kepada kita dengan memberikan posisi yang sesuai.

Baca juga =15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya.

2. Fokus Untuk Mencapai Target

Apabila ingin naik pangkat maka kita tidak boleh malas bekerja. Kita harus disiplin kerja caranya, yaitu dengan berusaha mencapai target. Fokuslah dengan tugas yang sedang kita jalani sekarang ini. Bekerjalah dengan penuh rasa semangat.

Masing-masing dari kita tentu mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin fokus untuk mengembangkan karir, melatih keterampilan, menambah pengalaman, dan bahkan ada yang cuman mengharapkan gaji saja.

Kita bekerja untuk memenuhi target yang sudah ditentukan oleh pihak atasan. Dengan cara ini, kemungkinan atasan akan melirik keberadaan kita. Mereka semakin antusias dengan kinerja kita yang sangat baik.

Karena kita telah memberikan kontribusi yang cukup baik kepada perusahaan maka, besar kemungkinan kita akan naik posisi. Dari yang sebelumnya hanya seorang marketing, kini telah menjadi Supervisor atau Manajer.

3. Membangun Komunikasi Sesama Karyawan

Menjabat sebagai pemimpin merupakan tantangan baru bagi kita. Hal ini karena kita harus mampu mengatur dan mengelola karyawan yang notabenenya adalah rekan sendiri. Oleh karena itu, bangunlah komunikasi yang baik sesama karyawan.

Kita dapat menjalin komunikasi dengan tim kerja ataupun rekan dari divisi yang lain. Contohnya, sekarang kita bekerja sebagai operator mesin produksi maka, yang semestinya kita lakukan yaitu menjaga hubungan baik dengan pekerja yang lain.

Jangan sampai membuat masalah atau terlibat dalam tindakan kekerasan karena hal ini dapat mengurangi peluang untuk bisa naik jabatan ke yang lebih tinggi. Perusahaan tentunya akan melantik pekerja yang bersih tanpa perilaku kejahatan.

4. Mempelajari Latar Belakang Perusahaan (Visi dan Misi)

Jika kita benar-benar berniat untuk mengabdi di tempat kerja saat ini maka, kita harus mengetahui dasar-dasar tentang perusahaan tersebut. Paling mudahnya yaitu memahami seluk beluk siapa pemangku kepentingan dan apa tujuan pendiriannya.

Baca dan pahami visi dan misi perusahaan kemudian, terapkan dalam bekerja. Cara ini akan membentuk pribadi yang lebih profesional. Mereka mampu bekerja secara efektif dan efisien. Selain itu, tujuan mereka juga akan tercapai.

Tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menawarkan jasa atau produk kepada konsumen. Maka dari itu, perusahaan akan menentukan visi dan misinya untuk menetapkan strategi yang akan mereka gunakan.

Kita yang saat ini masih di bawah harusnya menjalankan impian tersebut. Caranya yaitu dengan bekerja semaksimal mungkin dan tidak banyak mengeluh. Tunjukkan bahwa kita adalah yang terbaik di antara karyawan yang lain.

Baca juga = Cara Menjadi Sales Profesional, Incaran Perusahaan Besar.

5. Berusaha Aktif Dalam Kegiatan Industri

Perusahaan atau organisasi biasanya mengadakan sebuah acara (event) untuk merayakan sesuatu, seperti hari ulang tahun, hari raya keagamaan, atau kegiatan outbound di luar kota. Yang harus kita lakukan adalah aktif mengikuti kegiatan tersebut.

Cara ini akan membantu kita dalam mengenal satu sama lain. Komunikasi antar pekerja akan terbangun dengan cepat sehingga, mereka bisa mengenal diri kita lebih jauh. Jika ingin mendapatkan yang terbaik maka, cobalah untuk menjadi pengurus organisasi.

6. Tidak Berhenti Belajar

Salah satu kekurangan bekerja yaitu minimalnya waktu untuk belajar. Namun, bagi sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah. Justru, mereka akan mencari cara untuk bisa terus menimba ilmu sambil bekerja di perusahaan.

Jika kita ingin mendapatkan posisi yang lebih tinggi maka perlu kerja keras dan pengorbanan. Salah satunya yaitu dengan tidak berhenti belajar. Kita bisa menuntut ilmu setelah pulang dari kantor, seperti kuliah di Universitas Terbuka.

Semakin tinggi gelar pendidikan yang kita miliki maka semakin tinggi pula jabatan kita. Hal ini sesuai dengan beban dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Belajar tidak hanya dengan kuliah saja tetapi dapat belajar dari kesalahan.

7. Bekerja Untuk Memberikan Hasil Yang Terbaik

Untuk meraih impian maka kita perlu usaha yang lebih. Caranya yaitu dengan memberikan hasil yang lebih baik daripada hari kemarin. Teruslah mengevaluasi diri sendiri ketimbang menilai orang lain khususnya, rekan kerja sendiri.

Apabila kita ingin upgrade, baik posisi ataupun materi maka kita wajib sekali untuk kreatif dan inovatif dalam bekerja. Tinggalkan perilaku buruk ketika sedang bekerja akan membantu kita untuk fokus dengan impian yaitu naik jabatan.

Loyal kepada perusahaan merupakan kewajiban bagi seorang karyawan karena perusahaan telah memberikan kepercayaannya kepada kita. Jadi, kita tidak boleh menyia-nyiakan keyakinan tersebut dan berusaha untuk memberikan hasil yang sempurna.

8. Mengetahui Hak dan Kewajiban Pekerja

Penting sekali bagi kita yang ingin naik pangkat yaitu mengerti tentang keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hak pekerja adalah memperoleh upah dan mendapatkan perlindungan. Sedangkan, kewajiban pekerja yaitu menyelesaikan tugas tepat waktu.

Jadi, apabila kita sudah menjadi seorang pemimpin maka harus memperlakukan bawahan dengan baik. Junjung tinggi hak dan kewajiban mereka supaya kelangsungan bisnis perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Jangan bertindak semaunya sendiri tanpa memperhatikan kesejahteraan karyawan. Perbaiki perilaku Anda sebelum bercita-cita menjadi seorang atasan. Cobalah menanamkan sifat empati dan menghargai orang lain.

9. Membangun Karakter Kepemimpinan

Menjadi seseorang yang memiliki pengaruh besar di tempat kerja, bukanlah hal yang mudah kita jalani. Kita harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik artinya, dapat mengambil keputusan secara bijak bagi masa depan perusahaan.

Oleh karena itu, kita harus menanamkan karakter kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun sifat seorang pemimpin, antara lain berani mengambil keputusan, siap menanggung resiko, dan mampu memimpin diri sendiri maupun orang lain.

10. Berdoa dan Berserah Diri Kepada Tuhan

Cara naik jabatan yang terakhir yaitu berserah diri kepada Allah SWT. Setiap langkah yang sudah kita lakukan sebelumnya harus kita imbangi dengan doa kepada Sang Maha Kuasa. Supaya jabatan yang kita peroleh menjadi berkah bagi semuanya.

Terimakasih telah membaca artikel ini, kami harap teman-teman semua menyukai nya. Ayo bagikan informasi ini kepada rekan yang membutuhkan. Sehingga, semua orang akan termotivasi untuk bisa sukses dalam berkarir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top