Ide Bisnis untuk Mahasiswa di Era Digital Tahun 2023

Ide bisnis untuk mahasiswa di era digital tahun 2023
Ide bisnis untuk mahasiswa di era digital tahun 2023

Ide bisnis untuk mahasiswa merupakan gambaran umum tentang bisnis yang paling menguntungkan bagi mahasiswa yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Dalam kurun waktu lima tahun ini, bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Orang-orang sudah berpindah acuan, dari yang sebelumnya masih menggunakan tenaga manusia, sekarang sudah menggunakan bantuan teknologi. Tidak hanya teknologi mesin saja, tetapi juga teknologi informasi dan transportasi.

Bagi mahasiswa yang baru berencana ingin memulai bisnis, kami sarankan untuk aktif dalam memanfaatkan teknologi saat ini. Misalnya, menjual barang secara online dengan memanfaatkan aplikasi marketplace, dan lain sebagainya.

Proses Perencanaan Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Benar

Bagaimana proses memulai bisnis yang benar? Mahasiswa harus menentukan terlebih dahulu jenis bisnis yang akan kita jalankan. Caranya yaitu melakukan riset pasar atau mencari ide yang bagus sehingga cocok dengan permintaan konsumen.

Kemudian, identifikasi produk yang akan kita jual. Apakah memiliki prospek yang baik atau tidak, kalau iya maka kita bisa melanjutkan nya. Namun, kalau tidak maka kita harus mencari ide bisnis yang lain sampai menemukan yang terbaik.

Setelah menentukan jenis bisnis yang sesuai maka, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Modal bisnis ada 2 macam yaitu uang atau materi dan keterampilan pendukung. Uang berfungsi untuk membeli peralatan bisnis.

Sedangkan keterampilan bertujuan untuk mendukung kelancaran jalan nya bisnis kita. Contohnya, Kita akan jualan online maka, kita harus mengasah kemampuan digital marketing atau belajar tentang cara berjualan yang baik dan benar.

Untuk memudahkan Anda dalam memulai bisnis, kami telah membuat ringkasan tentang perencanaan bisnis yang benar. Berikut ini, langkah-langkah memulai bisnis untuk mahasiswa antara lain:

  1. Mengevaluasi permintaan konsumen dengan cara melakukan riset pasar.
  2. Menentukan ide atau peluang bisnis yang tepat, bisa berupa produk atau layanan tertentu.
  3. Mendapatkan modal atau dana untuk membeli alat dan bahan.
  4. Mengasah kemampuan yang menunjang proses bisnis.
  5. Menghitung harga jual per produk.
  6. Merencanakan strategi pemasaran.
  7. Mulai membuat produk nya.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa di Era Digitalisasi

1. Digital Marketer

Sesuai dengan namanya, digital marketer merupakan seseorang yang bekerja sebagai penjual produk digital atau memberikan layanan secara digital berdasarkan permintaan klien. Contohnya, pembuatan artikel SEO, marketing online, dan lain-lain.

Bisnis jenis ini sangat sesuai dengan mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam bidang pemasaran. Baik secara konvensional maupun modern. Bayaran seorang digital marketer bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per proyek.

2. Penulis Freelance

ide bisnis untuk mahasiswa sebagai penulis freelance
Gambar penulis freelance

Bagi mahasiswa yang mempunyai hobi menulis, kami sarankan untuk menjadi penulis freelance. Selain tanpa modal yang banyak, menjadi penulis tergolong cukup mudah karena setiap orang dapat membuatnya.

Kita dapat membuat karya yang menghasilkan pundi-pundi uang, seperti cerita pendek, puisi, bahkan novel yang berkualitas tinggi. Bagi mahasiswa yang ingin mencari penghasilan tambahan lewat menulis bisa download aplikasi Wattpad di Google Play Store.

3. Copywriting

Copywriter adalah sebutan bagi orang yang bekerja sebagai Copywriting. Tugasnya adalah membuat materi penjualan untuk mengajak konsumen supaya dapat memakai produk atau layanan dari perusahaan. Gaji Copywriter berkisar 2-5 juta rupiah dalam sebulan.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa menjadi Copywriter? Kita dapat bekerjasama dengan klien atau perusahaan yang membutuhkan seorang penulis konten. Kemudian, mulailah untuk membuat naskah yang menarik perhatian pembeli.

Terakhir, publish hasil tulisan kita di beberapa media sosial atau website milik perusahaan. Sekedar saran, buatlah tulisan se menarik mungkin supaya pembaca dapat dengan mudah memahami maksud dan tujuan dari tulisan tersebut.

4. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis untuk mahasiswa IT adalah jasa pembuatan website. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan di era digital seperti sekarang ini adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, seperti Website Development.

Kita dapat menghasilkan uang lewat jualan website mulai dari pembuatan landing page, website toko online, website, pendidikan, dan berita. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah berani untuk memulai lebih awal.

Berikut ini, tabel harga pembuatan website untuk referensi bisnis kita:

Jenis WebsiteHarga
Landing pageRp 200.000,-
Website Toko OnlineRp 500.000,-
Website PerusahaanRp 500.000,-
Web BeritaRp 300.000,-
Web PribadiRp 200.000,-

Harga di atas adalah biaya per produk. Jadi, apabila kita mendapatkan klien sebanyak 10 kali dalam satu bulan maka, penghasilan yang kita peroleh yaitu 5 juta rupiah. Semakin banyak permintaan maka semakin tinggi pula penghasilan nya.

5. Reseller Online

Kita semua di sini pasti sudah mengenal yang namanya reseller online. Jadi, kita tidak perlu membahas lagi pengertiannya, yang jelas reseller online sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis di era digital saat ini.

Selain tanpa modal, menjadi reseller juga tidak perlu keahlian khusus. Kita tinggal memasarkan produk atau menawarkan jasa kepada konsumen melalui telepon genggam. Bisa juga menggunakan aplikasi belanja online.

Yang perlu mahasiswa perhatikan di sini ialah mengetahui terlebih dahulu prospek produk yang akan dijual. Jangan sampai produk tersebut tidak ada peminat nya lantaran harga yang terlalu mahal atau tidak berkualitas.

Silahkan ikuti proses memulai bisnis seperti yang sudah kami jelaskan di awal. Kemudian cobalah untuk mempraktekannya sendiri sesuai kemampuan Anda.

6. Bimbel Online

pengajar les privat dalam jaringan atau pembimbing online
Gambar pengajar les privat dalam jaringan atau pembimbing online

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), tidak ada salahnya untuk membuat kelas online. Kita dapat mencari uang tambahan dengan cara menjadi guru les privat untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Gaji guru les privat yaitu 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah dalam satu kali pertemuan. Jika kita mengajar selama satu minggu penuh maka penghasilan yang kita dapatkan tinggal dikalikan tujuh, yaitu 700 ribu rupiah.

Modal untuk menjadi guru les privat yaitu laptop dan kuota internet saja karena sistem nya dalam jaringan (daring). Bagi Anda yang ingin informasi tentang inspirasi bisnis lainnya, silahkan klik link di bawah ini.

Baca juga = Inspirasi Bisnis Mahasiswa buat Nambah Uang Jajan.

7. Jasa Pembuatan Desain Bangunan

Ide bisnis untuk mahasiswa arsitektur adalah jasa pembuatan desain interior dan eksterior bangunan. Cara ini sesuai dengan keahlian kita sebagai arsitek atau perancang bangunan. Semakin unik gambar yang kita buat maka, harganya juga semakin mahal.

Kuliah sambil kerja merupakan tantangan yang luar biasa bagi seorang mahasiswa seperti kita. Selain sibuk belajar, kita juga sibuk untuk mencari penghasilan tambahan. Hal ini kita lakukan karena wirausaha mempunyai banyak manfaat.

Baca juga = Manfaat Wirausaha bagi Mahasiswa yang Sedang Kuliah.

8. Spesialis Media Sosial

Siapa sangka kalau media sosial juga sangat menguntungkan apabila digunakan secara bijak. Salah satunya adalah dengan menjadi Media Social Specialist yang pekerjaannya mengelola dan mengurus akun media sosial milik klien.

Target pasar Media Social Specialist adalah orang yang kurang ahli dalam menggunakan aplikasi media sosial untuk bisnis. Sehingga, kita dapat memberi penawaran kepada konsumen untuk membantu memanajemen akun mereka supaya tampil profesional.

Selain itu, kita juga bisa membuat konten yang menarik dan hangat untuk memberikan kesan yang lebih interaktif kepada pengunjung. Sehingga, terjalin hubungan yang baik dengan pengikut (followers) kita.

Untuk harganya, kita dapat memasang harga sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contohnya, untuk pembuatan satu postingan di Instagram yaitu sebesar 50 ribu rupiah saja, sudah termasuk bonus pemasangan iklan.

9. Jasa Foto Produk

Untuk mahasiswa yang mempunyai hobi fotografi lebih baik jualan foto produk saja. Selain senang dalam bekerja, kita juga dapat mengasah keterampilan fotografi supaya lebih hebat lagi. Untuk memulainya, kita tidak harus membeli kamera yang bagus.

Kita cukup menggunakan hp saja, yang penting kualitas kamera nya baik dan tajam. Jadi, hasil foto nya tidak buram. Untuk menjadi fotografer produk yang handal silahkan, lihat tutorial nya di Youtube. Kemudian cobalah untuk memulainya dengan gaya masing-masing.

Untuk hasil proyek yang telah kita kerjakan, jangan lupa untuk mengunggah nya di media sosial. Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan minat penonton. Sehingga, kemungkinan besar bagi mereka untuk tertarik dengan jasa foto produk kita.

10. Jasa Foto Prewedding

Masih dalam dunia kameramen, mahasiswa juga dapat memulai usaha di bidang fotografi pernikahan. Bayaran sebagai fotografer dalam satu kali acara prewedding yaitu 1 juta rupiah. Ini belum termasuk pembuatan katalog atau album foto nya.

Yang kita butuhkan selain kamera adalah ide dan kreatifitas dalam menghasilkan foto yang bagus. Terkadang, permintaan calon pengantin bermacam-macam, ada yang sulit dan ada pula yang mudah. Kita sebagai fotografer harus menerimanya, tidak boleh menolak.

Itulah pembahasan mengenai ide bisnis untuk mahasiswa di era digital tahun 2023. Modal yang kita keluarkan bukan hanya berupa uang saja, tetapi lebih kepada soft skill dan hard skill. Selain itu, kita juga harus memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top