35 Ide Jualan di Kampung Pasti Laris dan Menguntungkan

35 Ide Jualan di Kampung Pasti Laris dan Menguntungkan.
Ide jualan di kampung yang paling menguntungkan

Buat teman-teman yang sedang bingung mau mulai bisnis apa, yang cocok di daerah kampung. Stop, jangan bersedih karena kali ini, kami akan memberikan informasi tentang ide usaha yang dapat di kelola di daerah pedesaan.

Halo sobat pengusaha di mana pun Anda berada, Cilacap Kerja mengucapkan selamat kepada Anda karena telah mengambil langkah tepat untuk membaca artikel ini. Semoga setelah membacanya, Anda langsung dapat pencerahan.

Sebelum memulai usaha atau bisnis tertentu alangkah baiknya, kita mencari referensi terlebih dahulu. Fungsi perencanaan bisnis adalah untuk menentukan strategi dan menetapkan tujuan yang ingin kita capai dari kegiatan bisnis tersebut.

Lalu, bisnis apa yang paling cocok dan laris pembeli di daerah perkampungan? Berapa modal untuk mendirikan suatu usaha di pedesaan? Serta apa saja yang perlu kita persiapkan sebelum memulai bisnis, berikut penjelasannya.

Ide Jualan di Kampung yang Laris Pembeli dan Menguntungkan

Menjalankan bisnis di daerah pedesaan merupakan salah satu cara pengusaha untuk menghindari persaingan yang terjadi di daerah perkotaan. Iya benar sekali, saat ini persaingan bisnis di kota-kota besar sangat ketat.

Akibatnya, banyak pebisnis yang terpaksa gulung tikar alias bangkrut. Oleh karena itu, kita harus cepat dalam menanggapi perubahan lingkungan agar bisnis kita tetap berkembang. Mungkin dengan jualan di kampung bisa menguntungkan.

1. Toko Kelontong

Definisi toko kelontong adalah sebuah toko yang menyediakan bermacam-macam alat rumah tangga dan barang untuk kebutuhan pokok manusia. Berikut ini, barang dagangan yang ada di toko kelontong yaitu beras, minyak goreng, dan palawija.
Gambar toko kelontong

Definisi toko kelontong adalah sebuah toko yang menyediakan bermacam-macam alat rumah tangga dan barang untuk kebutuhan pokok manusia. Berikut ini, barang dagangan yang ada di toko kelontong yaitu beras, minyak goreng, dan palawija.

Manfaat mendirikan toko kelontong antara lain minim persaingan, mudah dalam pengelolaannya, dan tentunya selalu ada pembeli yang datang. Jenis bisnis yang satu ini, tidak terpengaruh oleh perubahan tren pasar.

2. Warung Makan Khas Pedesaan

Sesuai dengan namanya, warung makan khas pedesaan ini menyediakan berbagai menu masakan tradisional atau asli dari daerah tersebut. Kita dapat mendirikan warung kecil-kecilan atau yang berukuran besar, seperti restoran.

Untuk proses pembuatannya, kita dapat memasak sendiri atau menyewa tukang masak yang sudah profesional. Contoh makanan tradisional yang banyak peminatnya, antara lain Rendang, Sate Lilit, Lumpia, dan Rawon.

3. Ide Jualan di Kampung Minuman Segar

Ide jualan di kampung yang paling tepat adalah dengan menjual aneka minuman. Hal ini sesuai karena iklim di Indonesia yang panas saat musim kemarau tiba. Cuaca panas sangat cocok untuk minum es sambil menikmati pemandangan.

Modal untuk berjualan minuman juga sangat murah, cukup dengan uang 100 ribu rupiah saja, kita sudah bisa jualan es teh. Macam-macam minuman segar asli Indonesia, antara lain es pisang ijo, es cincau, dan es kuwut.

4. Ide Jualan di Kampung Baju Batik

Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan masih menjunjung tinggi kebudayaannya. Salah satu hal yang paling menonjol adalah orang-orangnya yang masih mengenakan pakaian khas tradisional Indonesia, yaitu batik.

Menjual kain batik bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Keuntungan menjual baju batik, antara lain jumlah peminat nya yang banyak, harga bersaing (kualitas menentukan harga jual), dan menjaga kelestarian budaya.

5. Produsen Gula Jawa

Pengertian produsen adalah pihak yang membuat produk serta menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk menjadi produsen yang baik maka, kita perlu menentukan ide terlebih dahulu.

Menjadi produsen gula jawa adalah ide jualan paling menguntungkan di kampung. Hal ini didukung dengan banyaknya jumlah petani nira dan permintaan pasar. Banyak industri makanan yang membutuhkan gula jawa sebagai bahan masakannya.

6. Distributor Pakan Ternak

Setelah melakukan riset pasar, kami mengambil kesimpulan bahwa sekitar 30% penduduk yang tinggal di perkotaan memelihara hewan ternak. Sementara 70% mempunyai hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing.

Bahan baku pembuatan pakan hewan tersebut tidak bisa ditemui di perkotaan, melainkan berasal dari pedesaan. Contohnya, kacang kedelai, biji gandum, jagung, kacang polong, dedak/ bekatul, dan biji-bijian lainnya.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kita perlu menjalin kerja sama dengan penjual pakan hewan di kota. Hal ini supaya mereka hanya membeli melalui kita saja, tidak ke tempat lain. Sehingga, keuntungan yang bisa kita dapatkan semakin banyak.

7. Menjadi Peternak Ayam

Cara sukses beternak ayam adalah tekun dan sabar. Kita harus merawat ayam agar tumbuh dengan baik sehingga, menghasilkan telur yang banyak dan daging yang sehat. Oleh karena itu, berilah pakan yang mengandung nutrisi lengkap.
Gambar peternak ayam sukses

Cara sukses beternak ayam adalah tekun dan sabar. Kita harus merawat ayam agar tumbuh dengan baik sehingga, menghasilkan telur yang banyak dan daging yang sehat. Oleh karena itu, berilah pakan yang mengandung nutrisi lengkap.

Faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk menjadi peternak ayam, antara lain tingginya kebutuhan telur dan daging ayam, peluang usaha yang menjanjikan, serta harga jual yang kompetitif. Ayo kita menjadi peternak ayam.

8. Ide Jualan di Kampung Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah makanan ringan yang dijual di pasar tradisional. Cara mengolahnya juga masih terbilang sederhana, alias tanpa mesin. Bahan-bahan untuk pembuatan jajanan pasar ini berasal dari alam sekitar.

Contoh jajanan pasar paling laris dan tentunya menguntungkan, yaitu klepon, kue putu, nagasari, wajik atau jenang, arem-arem, hingga sarabika. Semua makanan tersebut menyehatkan karena tanpa bahan pengawet.

9. Kerajinan Tangan

Bisnis produk kerajinan tangan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain unik, mengandung nilai seni, awet, dan ketersediaan bahan baku yang melimpah. Selain itu, modal nya juga sedikit lantaran bahannya mudah kita jumpai di alam.

Faktor yang mendorong kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi yaitu proses pembuatan nya sulit, memerlukan waktu yang lama, serta mempunyai kegunaan yang banyak. Hal inilah yang membuat konsumen berani membeli dengan harga tinggi.

Baca juga = Kerajinan Bahan Limbah, Beri Keuntungan Bagi Wirausaha.

10. Peternak Sapi

Jika Anda mempunyai modal yang besar maka, bisnis ternak sapi ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu, seperti memelihara 10 ekor sapi dan mengembangkannya.

Untuk menambah wawasan Anda, sapi mempunyai 2 jenis yaitu perah dan daging. Sapi perah untuk diambil susu nya, sedangkan pedaging untuk kita ambil dagingnya. Harga satu kilogram daging sapi sebesar 100 ribu rupiah.

11. Ide Jualan di Kampung Paket Data Internet

Jumlah penjual internet di kampung masih tergolong sedikit. Kenyataan tersebut menjadi peluang manis bagi kita yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Bisa dipastikan kalau masyarakat kampung akan membeli internet melalui Anda.

12. Menjual Hasil Pertanian

Menurut data survei kependudukan, masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan berprofesi sebagai petani. Mereka merupakan petani padi, jagung, kacang hijau, sorgum, sagu, dan gandum. Oleh karena itu, menjual hasil pertanian tersebut bisa menjadi sumber penghasilan.
Gambar mata pencaharian petani

Menurut data survei kependudukan, masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan berprofesi sebagai petani. Mereka merupakan petani padi, jagung, kacang hijau, sorgum, sagu, dan gandum. Oleh karena itu, menjual hasil pertanian tersebut bisa menjadi sumber penghasilan.

13. Budidaya Ikan Konsumsi

Beberapa jenis ikan air tawar untuk konsumsi, antara lain lele, mujair, gurameh, bawal, dan ikan nila. Semua jenis ikan tersebut dapat kita kembang biakkan sehingga, menjadi sumber pendapatan keluarga yang potensial.

Hal yang paling penting dalam budidaya ikan konsumsi adalah target pasar, hubungan dengan pelanggan, pakan yang berkualitas, dan tempat untuk pemijahan. Bisa kita bilang bahwa untuk beternak ikan membutuhkan modal yang banyak.

14. Berjualan Makanan yang Sedang Viral

Terkadang dalam berbisnis, pengusaha memerlukan kreativitas supaya usahanya tetap bertahan. Hal ini karena konsumen mempunyai kebutuhan yang terus berubah-ubah. Salah satu caranya yaitu dengan menjual makanan viral.

Makanan yang sedang viral saat ini yaitu seblak, bakso aci, sate buah, olahan dari mi, keripik kaca, dan bola-bola ubi. Bagi teman-teman yang tinggal di kota Cilacap dan ingin memulai usaha baru silahkan, baca artikel di bawah ini.

Baca juga = Bisnis Kuliner di Cilacap Cepat Laku dan Untung Banyak.

15. Produsen Kayu dan Bahan Bangunan

Kekayaan alam di pedesaan sangat melimpah. Di sana banyak tersedia bahan-bahan untuk kebutuhan konstruksi bangunan, seperti kayu, tanah liat, batu alam, kerikil, dan pasir. Kita bisa memanfaatkan tanah liat untuk membuat batu bata dan genteng.

Namun, tidak semua orang dapat menjalankan bisnis ini,tetapi hanya mereka saja yang mendapatkan izin usaha. Menurut kami, langkah tersebut sudah tepat karena demi menjaga kelestarian alam dan lingkungan tentunya.

20 Ide Jualan di Kampung yang Mudah dan Potensi Pasar Besar

Jika belum mendapatkan ide bisnis yang tepat maka, bisa pakai metode di bawah ini. Kami berani jamin, kalau ide jualan di kampung berikut ini mudah dalam pengelolaannya dan tentunya mempunyai potensi pasar yang besar.

  1. Jual hasil perkebunan
  2. Membuka kursus belajar
  3. Membuka jasa menjahit
  4. Servis kendaraan bermotor
  5. Jasa gadai barang
  6. Agen pengiriman barang
  7. Menjual token listrik
  8. Membuat dan menjual produk rumah tangga
  9. Jasa salon atau tukang potong rambut
  10. Warung sembako
  11. Produsen furniture
  12. Menjual kasur dari bahan dasar kapas
  13. Dagang sayuran dan buah-buahan
  14. Ternak unggas
  15. Jualan produk elektronik, seperti hp dan laptop
  16. Jasa mendirikan bangunan
  17. Menjadi penata rias pengantin
  18. Jualan pakaian murah
  19. Ide jualan di kampung dengan sistem keliling
  20. Berjualan produk kosmetik

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Berbisnis di Kampung

Mendirikan usaha di daerah perkampungan mempunyai tantangan tersendiri, yaitu medan yang sulit, dan kemungkinan pembeli untuk berhutang yang tinggi. Oleh karena itu, kita perlu mengantisipasi kejadian yang merugikan seperti ini.

Agar mendapatkan pembeli yang banyak maka, pengusaha wajib membuat iklan. Hal ini berfungsi sebagai media promosi antara produsen dengan konsumen. Silahkan baca artikel di bawah ini untuk mengetahui cara beriklan yang benar.

Baca juga = Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Beserta Caranya.

Itulah pembahasan mengenai ide jualan di kampung yang paling menguntungkan. Apabila teman-teman mengalami kesulitan dalam mengelola bisnis. Anda bisa berkonsultasi dengan kami melalui nomor berikut ini, (0882-3286-8029).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top