Inspirasi Bisnis Mahasiswa Buat Nambah Uang Jajan

Inspirasi Bisnis Mahasiswa Buat Nambah Uang Jajan
Inspirasi Bisnis Mahasiswa Buat Nambah Uang Jajan

Sekarang ini kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit alias sangat besar. Hal ini membuat kita berpikir, bagaimana caranya bisa dapat uang untuk keperluan kuliah. Soalnya udah enggak mau lagi merepotkan orang tua.

Pendirian yang seperti inilah yang harus kita dukung. Maka dari itu, kami akan memberikan tutorial cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk mahasiswa yang ingin hidup mandiri, tanpa berpangku tangan kepada orang lain.

Inspirasi Bisnis Mahasiswa Terbaru 2023

Dalam memulai sebuah bisnis pasti memerlukan modal, baik sedikit ataupun banyak tergantung dengan jenis usahanya. Sesuaikan dengan budget dan kemampuan kita sendiri. Bisa juga bayar bareng teman supaya lebih terjangkau.

1. Mengikuti Program Afiliasi Toko Online

Afiliasi merupakan metode pemasaran dengan cara memromosikan produk dari toko online kepada calon konsumen melalui media sosial milik pribadi. Afiliator merupakan sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Alur metode afiliasi yaitu apabila konsumen membeli produk menggunakan link yang kita bagikan maka, otomatis kita akan memperoleh bonus berupa penambahan saldo. Aplikasi seperti Shopee dan Tokopedia sudah bisa untuk mendaftar program tersebut.

Cara ini cocok untuk mahasiswa yang tidak mau rugi karena tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Semakin tinggi harga produk yang kita jual maka, semakin banyak pula saldo yang kita peroleh. Kita hanya perlu menyiapkan rekening bank untuk proses transfer fee.

Hal paling penting dalam afiliasi adalah harus rajin posting dan sebarkan link produk di berbagai media sosial. Buatlah akun khusus untuk jualan dan layani pelanggan dengan baik. Dengan begitu, peluang untuk dapat cuan makin besar.

2. Berjualan Pulsa dan Paket Data Internet

Apabila kita mempunyai uang lebih maka cara ini sangat sesuai yaitu berjualan pulsa dan kuota internet. Target pasar yaitu teman kuliah, dosen, dan masyarakat di lingkungan kampus. Cobalah untuk menawarkan jasa tersebut kepada mereka.

Banyak orang yang bilang kalau bisnis pulsa sangat tidak menguntungkan. Menurut kami pernyataan itu salah karena apabila kita pandai dalam mengelola bisnis maka hal seperti itu tidak mungkin terjadi. Ini hanya cara pandang yang berbeda saja.

Langkah awal memulai bisnis pulsa adalah mencari operator yang mempunyai harga paling murah. Download aplikasi PPOB di Playstore atau Appstore. Kemudian, lakukan top up saldo dan kita sudah bisa mulai berjualan.

Pasti kalian udah pada pinter buat pasang harga. Tinggal naikkan saja harga beli sesuai keinginan, contohnya modal paket data smartfren 1 GB yaitu Rp 5000 maka, kita bisa jual dengan harga Rp 7.500,-. Sehingga, keuntungan yang kita dapatkan sebesar dua ribu rupiah.

Baca juga = Cara Jualan Pulsa Untuk Mahasiswa yang Butuh Pemasukan.

3. Jasa Pembuatan Website dan Menjadi Blogger

Mahasiswa yang ahli dalam pemrograman mendingan membuka jasa pembuatan website. Apakah hanya yang pintar coding saja? Tentu saja tidak karena siapa saja bisa mencoba. Bahkan, saya sendiri juga masih belajar membuat website ini.

 Yang terpenting adalah mau untuk memulai dan jangan takut salah. Produk website antara lain pembuatan landing page, blogger, aplikasi jualan online, company profile, dan media pembelajaran online. Pilihlah yang menurut Anda paling mudah.

Kepada siapa website kita jual? Kita dapat menjual dan menawarkannya kepada pihak kampus karena biasanya mereka membutuhkan sebuah layanan pembelajaran untuk membantu proses perkuliahan.

Selain itu, kita bisa bekerjasama dengan UMKM setempat dalam membantu mereka mempromosikan produknya. Bisa juga dengan membuat blog berita yang isinya berupa postingan peristiwa hari ini dan masih banyak lagi.

Iklan Adsense adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan melalui blog. Pada intinya, semakin banyak pengunjung web kita maka semakin besar pula uang yang kita dapatkan. Yang mesti kita lakukan hanya menaikkan jumlah traffic.

4. Menjadi Selebgram

Cewe-cewe mana suaranya nih, kalian pasti suka berswafoto kan? Daripada cuman foto-foto doang mending manfaatkan hobimu untuk mendapatkan cuan. Caranya yaitu dengan menjadi selebgram atau selebriti instagram.

Tidak ada ketentuan pasti untuk bisa menjadi selebgram karena yang penting postingan kita banyak yang suka dan komentar. Tidak pula harus berpenampilan menarik karena yang penting bisa menarik penonton atau pengunjung.

Berikut ini, ide konten menarik untuk selebgram pemula antara lain:

  • Memberi komentar tentang makanan dan minuman,
  • Tutorial bisnis dan investasi,
  • Merekomendasikan tempat wisata atau hiburan,
  • Konten motivasi yang bermanfaat bagi semua kalangan,
  • Bisa pula hanya sekedar video komedi atau lucu-lucu,
  • Unjuk bakat pribadi, seperti melukis, beradu akting, dan membaca puisi,

Dari ide di atas, Anda paling suka yang mana? Pilihlah salah satu ide yang mencerminkan tentang diri kita. Buatlah konten yang positif dan bermanfaat, ciri-cirinya yaitu tidak mengandung unsur sara, pelecehan, dan rasa dendam.

Bangunlah pandangan yang baik tentang diri kita. Hal ini untuk mecegah komentar negatif dari penonton. Kalian pasti tahu sendiri kalau media sosial itu tidak sepenuhnya baik. Maka dari itu, kita wajib menghormati.

Dalam perjalanannya, Selebgram yang sudah mempunyai banyak pengikut biasanya akan mendapatkan penawaran kerjasama dari klien. Di sini lah kita sudah bisa memperoleh pundi-pundi uang.

5. Memulai Nge-Youtube

Kalau tadi untuk perempuan, sekarang buat cowok nih. Bagi mahasiswa yang suka bikin video bisa juga loh berprofesi sebagai youtuber. Di samping belajar, kita bisa mengunggah konten di aplikasi Youtube dan berpeluang untuk dapat uang.

Yang terpenting adalah konsisten upload video yang berkualitas, misal seminggu dua kali atau tiga kali. Rajin posting seperti ini berfungsi agar jumlah subscriber makin banyak. Sehingga, iklan adsense google terus meningkat.

Persyaratan daftar Adsense saat ini yaitu minimal mempunyai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Ketentuan ini biasanya membuat youtuber pemula menjadi pesimis namun, di sisi lain ada juga yang berhasil.

Pada intinya, kita harus sabar dan terus berusaha, jangan mudah putus asa, biarlah waktu yang menjawab itu semua. Berikut ini, 9 ide menarik untuk video Youtube antara lain:

  • Video tentang permainan, seperti mobile legend, AOE, free fire, dan game lainnya.
  • Konten edukatif untuk pendidikan.
  • Video tentang tips mengatur keuangan.
  • Video berbagi resep masakan atau menjadi seorang juru masak.
  • Siaran podcast.
  • Berbagi pengalaman pribadi
  • Cerita bergambar yang saat ini sedang viral.
  • Unboxing barang-barang aneh.
  • Mencoba sesuatu yang baru sehingga menarik untuk ditonton.

Menurut kami, dari pilihan di atas yang paling bagus adalah berbagi pengalaman individu. Hal ini tidak memerlukan modal sedikitpun, kita cuman bikin video yang menceritakan pengalaman kehidupan kita sehari-hari.

Dengan keterampilan editing yang mumpuni maka, kualitas video yang kita hasilkan juga semakin baik. Berkreasi lah sesuai caramu sendiri, jangan terpaku dengan omongan orang lain. Kami doakan kalian semua menjadi anak yang sukses.

Baca juga = Impian Besar Pengusaha Muda Yang Bikin Bangga.

6. Mencoba Profesi Sebagai Desainer (Graphic Design)

Punya kemampuan menggambar yang baik, cobalah untuk menjadi desainer grafis. Kita dapat memulai membuat desain gambar yang mempunyai nilai jual, seperti logo, branding, katalog, desain vektor, ilustrasi, hingga foto produk.

Dalam memulai bisnis, suatu usaha pasti akan menyiapkan logo sebagai identitas diri mereka. Hal inilah yang bisa kita manfaatkan untuk dapat cuan tambahan. Caranya yaitu dengan membantu membuatkan desain logo sesuai keinginannya.

Selain itu, kita juga bisa posting hasil gambar di media sosial seperti facebook. Buatlah akun yang menarik dan memberikan informasi tentang bisnis kamu. Tambahkan juga link whatsapp supaya pelanggan mudah untuk menghubungimu.

Asal kalian tahu saja, harga desain itu sangat mahal bisa sampai jutaan, tergantung dengan keunikan dan kesulitan dalam proses pembuatannya. Kadang-kadang, perusahaan yang menggunakan jasa kita juga akan memberikan imbalan lebih.

7. Inspirasi Bisnis Membuka Les Privat

Inspirasi Bisnis mahasiswa yang terakhir adalah menjadi guru les privat. Cara ini khusus untuk mahasiswa yang ingin membagikan wawasannya kepada anak sekolah dasar. Kita bisa menjadi pengajar matematika, prakarya, hingga guru bahasa inggris.

Bayaran yang kita terima juga cukup lumayan, biasanya perbulan atau bahkan setiap habis selesai les. Yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini hanyalah kesabaran. Karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang penurut dan adapula yang nakal.

Bimbinglah mereka dengan penuh semangat dan ikhlas supaya kita dapat pahala yang banyak. Selain itu, kita telah menjadi pahlawan yang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia khususnya, dalam hal pendidikan.

Berikut ini, besaran gaji sebagai guru les privat sesuai dengan mata pelajarannya antara lain:

Mata PelajaranHarga Satu Kali Pertemuan
Bahasa IndonesiaRp 25.000,-
Bahasa InggrisRp 50.000,-
MatematikaRp 45.000,-
FisikaRp 35.000,-
KimiaRp 35.000,-
BiologiRp 35.000,-

Kesimpulan Inspirasi Bisnis Mahasiswa

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa inspirasi bisnis mahasiswa untuk menambah uang jajan antara lain mendaftar program afiliasi, pembuatan website, menjual pulsa, menjadi selebgram, youtuber, dan pengajar lepas.

Terimakasih telah membaca artikel ini, kami harap Anda suka. Jangan sungkan untuk bertanya, silahkan berkomentar di kolom yang tersedia. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top