Keuntungan Bisnis Online, Profit Hingga Jutaan Rupiah

Keuntungan Bisnis Online, Profit Hingga Jutaan Rupiah
Keuntungan Bisnis Online, Profit Hingga Jutaan Rupiah

Dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, setiap individu mempunyai caranya masing-masing. Ada yang mencari uang dengan bekerja, berwirausaha, hingga berprofesi sebagai konten kreator. Semua itu kita lakukan dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Para pelaku bisnis online contohnya, mereka bisa meraup keuntungan yang cukup besar hanya dengan menggunakan media aplikasi belanja online atau marketplace. Yang paling penting di sini adalah mau untuk memulai dan terus berusaha.

Keuntungan Bisnis Online di Marketplace

Menggunakan aplikasi belanja online sebagai media bisnis merupakan langkah yang cukup efisien karena hemat biaya dan mudah kita kelola. Tidak perlu keahlian lebih, kita sudah bisa menjalankan dan mengelola bisnis tersebut.

Berikut ini, kami sajikan manfaat dan kelebihan dari bisnis online. Sehingga, kita terdorong untuk semakin semangat dalam mencari pundi-pundi uang. Selain itu, kami juga akan memberikan tips dan strategi bisnis online.

1. Tidak Perlu Banyak Modal

Keuntungan bisnis online adalah tidak memerlukan modal yang banyak dalam memulainya. Kita cukup menjual barang atau jasa di aplikasi saja, tidak perlu menyewa ruko untuk berjualan. Bahkan, yang lebih enaknya lagi kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kita menggunakan modal hanya untuk membuat produk saja, yaitu membeli bahan baku, mengolah, dan mengemas barang. Bahkan, kita juga bisa jualan tanpa modal alias gratis yaitu dengan memanfaatkan program afiliasi.

Gambar Program Afiliasi
Gambar Program Afiliasi

Zaman sudah berubah, tidak seperti dahulu lagi yang menuntut pelaku usaha untuk membangun toko terlebih dahulu sebelum berjualan. Dengan adanya marketplace, setiap dari kita bisa menjadi wirausaha dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi semua orang.

Baca juga = Bisnis Rumahan Modal Minim, Ide, Manfaat, dan Caranya.

2. Fleksibel dan Praktis

Selain minim modal, manfaat bisnis online juga membantu pemilik usaha dalam memroses pesanan dan penjualan. Kita dapat melayani pembeli di mana saja tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Jadi, cocok untuk orang yang ingin hidup simpel.

Namun, mudah bukan berarti kita menyepelekan pelanggan. Yang wajib kita lakukan yaitu melayani pelanggan dengan baik. Cara menghadapi konsumen yang benar, antara lain cepat memberi respon, segera untuk memproses pesanan, dan berusaha mengirim barang tepat waktu.

Singkat cerita, saya sedang liburan bersama keluarga di luar kota tetapi ada orderan masuk. Maka yang harus saya lakukan sekarang adalah mengonfirmasi pesanan dan mengirimkan pesan kepada pelanggan bahwa orderan sedang kami proses.

3. Siapa Saja Bisa Menjalankannya

Seperti yang sudah kami infokan sebelumnya bahwa siapa saja dapat memulai bisnis online, tanpa terkecuali. Mau itu anak sekolah atau karyawan yang sudah bekerja di perusahaan, bisa menjalankan kegiatan tersebut.

Dalam prosesnya, kita bisa bergerak sendiri atau mengajak kerjasama dengan orang lain, seperti saudara, teman, bahkan orang tua. Ajak mereka untuk membangun dan mengembangkan bisnis kita supaya terus maju dan semakin besar.

Karakter pengusaha yang baik adalah memiliki pribadi yang tangguh, mentalnya kuat, dan siap menerima resiko. Selain itu, kita juga harus bersaing dengan pesaing lainnya. Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan kualitas produk yang kita hasilkan.

4. Profit Besar Hingga Jutaan Rupiah

Jangan sekali-kali meremehkan bisnis online karena sudah banyak pelaku usaha yang sudah meraup keuntungan hingga jutaan rupiah bahkan, ada yang menembus angka miliaran. Mengapa mereka bisa mendapatkan profit yang sangat besar?

Jawabannya, karena mereka konsisten dengan tujuan. Mereka bertindak sesuai strategi yang telah mereka rencanakan sebelumnya. Jadi, meskipun ada masalah mereka tetap santai dan berusaha untuk mencari solusinya.

Perlu kita ketahui bahwa di dalam marketplace, penjual tidak perlu membayar uang sewa bulanan. Ketentuan ini tentu sangat memudahkan bagi pengusaha pemula khusunya, UMKM, dropshiper, dan reseller.

Baca juga = Inspirasi Bisnis Mahasiswa Buat Nambah Uang Jajan.

5. Mudah Pasang Iklan

Bagi toko konvensional mungkin perlu memasang banner atau spanduk di tepi jalan untuk promosi. Hal ini berbeda dengan bisnis online, kita yang menggunakan metode ini tidak perlu melakukan hal-hal semacam itu.

Yang semestinya kita lakukan adalah promosi menggunakan internet. Jadi, biaya yang kita keluarkan tidak terlalu banyak. Sebagai tambahan informasi, sekarang sudah ada layanan pasang iklan gratis. Kita bisa tampil secara langsung di Shopee Live.

Shopee Live membantu dalam hal menaikkan penjualan dan omzet. Cara ini cocok untuk kita yang mempunyai tingkat rasa percaya diri cukup tinggi. Kita tidak malu tampil di hadapan banyak orang. Justru, aktif dalam menawarkan produk kepada calon konsumen.

6. Program Keanggotaan Mitra

Semakin banyaknya pelaku pebisnis online maka, pihak marketplace juga semakin antusias dalam membantu mereka memasarkan produk kepada konsumen. Salah satu bukti yaitu sekarang ada program member, seperti bronze, elite, dan premium.

Masing-masing level memiliki keuntungan yang berbeda. Contohnya, apabila kita di level premium maka makin banyak voucher dan promo yang bisa kita pakai. Hal ini bisa kita gunakan dalam membantu proses penjualan.

Beberapa aplikasi jualan online terbaik tahun 2023, antara lain Blibli, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Matahari, Blanja, dan Lazada. Semua aplikasi ini gratis dan bisa kita pakai untuk menjual barang atau jasa secara online.

7. Pasti Gratis Ongkos Kirim

Kalau di toko mungkin ada biaya tambahan untuk pengiriman barang. Hal ini akan membuat produk semakin mahal dan membebani konsumen. Namun, berbeda jika kita berjualan di marketplace, kita tidak perlu membayar biaya pengiriman.

Ongkos kirim ditanggung oleh pembeli, jadi kita tidak perlu pusing-pusing lagi. Yang harus kita lakukan hanyalah mengemas barang dan mengirimkannya ke kurir. Kurir merupakan pihak ekspedisi yang melakukan proses distribusi.

Karena jangkauan pasar yang sangat luas maka, pembeli dari luar daerah dapat membeli di toko online kita. Contoh, kita tinggal di Jakarta dan pembeli berasal dari Papua. Kejadian semacam ini sudah biasa dan sering terjadi.

8. Tanpa Tatap Muka Dengan Pembeli

Keuntungan bisnis online selanjutnya yaitu tanpa perlu tatap muka dan kontak fisik dengan pelanggan. Konsumen merupakan seseorang yang percaya untuk membeli produk dari kita. Jadi, kita wajib menjaga kepercayaannya dengan bersikap jujur.

Banyak pengusaha yang gagal karena mereka tidak amanah. Oleh karena itu, kami sarankan untuk selalu berhati-hati dalam bertindak. Silahkan membaca artikel mengapa jualan tidak laku di bawah ini supaya kita dapat informasi yang relavan.

Baca juga = Mengapa Jualan Enggak Laku? Ini 5 alasannya.

9. Fitur Marketplace Sangat Lengkap

Banyak fitur yang bisa kita gunakan dalam membantu menaikkan laba penjualan, seperti potongan harga, cashback, dan flash sale. Manfaatkan fitur tersebut sebaik mungkin dengan cara membuat postingan produk yang menarik.

Berikan keterangan produk secara benar yang sesuai spesifikasinya. Contohnya cara penggunaan, kelebihannya, aturan pakai, dan cara menyimpan produk yang aman. Berikut ini, gambar fitur flash shale yang ada di Shopee yang sering digunakan oleh penjual.

Flash Sale Shopee
Gambar Fitur Flash Sale Shopee

10. Selalu Menyesuaikan Perubahan Pasar

Bisnis yang sehat adalah mampu memenuhi permintaan pasar, seperti mencukupi kebutuhan konsumen, harga yang terjangkau, dan produk berbeda dari pesaing. Semakin kreatif kita dalam menghasilkan produk maka besar kemungkinan banyak yang membeli.

Semakin banyak pembeli maka semakin tinggi pula keuntungan yang kita dapat. Kita bisa memperoleh profit hingga jutaan rupiah. Itulah penjelasan terkait manfaat dan keuntungan bisnis online. Kami harap informasi yang telah diberikan dapat memberi manfaat bagi semua orang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top