Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Beserta Caranya

Manfaat penggunaan iklan dalam bisnis adalah mempromosikan barang beserta layanannya kepada calon konsumen.
Manfaat penggunaan iklan dalam bisnis dan caranya

Mengapa suatu bisnis wajib memasang iklan? Jawabannya adalah untuk mempromosikan barang beserta layanan nya kepada calon konsumen. Sehingga, dari kegiatan beriklan tersebut kita dapat memperoleh manfaat yang positif.

Sifat bisnis bermacam-macam mulai dari bisnis online, konvensional, manufaktur, bidang pelayanan, hingga UMKM. Semua kategori tersebut dapat menggunakan iklan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan.

A. Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Online

Pengusaha yang menjalankan bisnis secara online dapat memanfaatkan fitur iklan produk di marketplace. menggunakan fitur iklan di toko online seperti ini, dapat menaikkan penjualan serta menambah pemasukan jangka panjang.

Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pesanan, setelah pebisnis online memasang iklan. Bahkan ada yang mendapatkan pesanan hingga ribuan produk dalam sehari. Berikut ini, manfaat iklan untuk bisnis online.

1. Mengenalkan Produk Baru Kepada Konsumen

Tujuan pebisnis online memasang iklan yaitu untuk mengenalkan produk barunya di marketplace. Sehingga, orang-orang dapat mengetahui informasi tentang keunggulan dan keunikan dari produk tersebut. Alhasil, mereka tertarik untuk membeli.

Memasang iklan adalah kewajiban bagi pebisnis online yang ingin jualannya laris. Cara ini cocok untuk kita yang baru masuk ke dalam bisnis online agar mendapatkan pembeli pertama. Fungsi iklan lainnya adalah untuk menghindari kerugian dalam bisnis online.

Baca juga = 21 Kelemahan Bisnis Online beserta Solusi yang Tepat!

2. Menjangkau Pembeli Hingga Pelosok Negeri

Berbeda dengan banner yang biasanya terpasang di pinggir jalan, iklan online dapat menjangkau pasar hingga ke pelosok daerah. Bukan hanya di satu daerah saja, tetapi hingga ke luar kota bahkan mancanegara bisa tahu tentang bisnis kita ini.

Kejadian semacam ini, tentunya sangat menguntungkan bagi pengusaha seperti kita. Hal ini dapat membuat bisnis menjadi terkenal dan mempunyai banyak pelanggan. Selain itu, besar kemungkinan bagi kita untuk bekerjasama dengan perusahaan lainnya.

3. Membantu Menaikkan Omzet Bulanan

Manfaat iklan adalah untuk meningkatkan laba sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin banyak.
Gambar penjualan naik karena memasang iklan

Cara untuk mendapatkan Omzet yang banyak adalah dengan membuat iklan produk yang menarik. Konsumen tersebut tertarik untuk membeli setelah menonton video tentang produk yang kita jual. Alhasil, kita memperoleh umpan balik yang positif.

Penggunaan iklan secara tepat harus kita barengi dengan peningkatan kualitas produk serta layanan. Jadi, konsumen yang sudah membeli produk tersebut akan merasa puas dan terus memakainya. Inilah yang kita sebut sebagai pelanggan tetap.

4. Manfaat Penggunaan Iklan untuk Memikat Hati Calon Konsumen

Dalam pembuatan iklan, kita tidak boleh melakukannya secara asal-asalan, tetapi ada tips dan trik nya. Sehingga, iklan yang kita buat dapat memikat hati calon pembeli. Salah satunya yaitu dengan memberikan informasi tentang fungsi ekonomis dan ergonomis produk.

Fungsi ekonomis merupakan penilaian produk dari sisi harga, sedangkan fungsi ergonomis menilai produk berdasarkan kegunaannya. Jadi, jika kita menampilkan fungsi tersebut di dalam iklan maka, besar peluang bagi bisnis kita untuk berkembang.

5. Mendorong Kreativitas dalam Pembuatan Iklan

Membuat satu video iklan itu tidak mudah, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama. Hal ini karena setiap proses pembuatan iklan harus mengacu pada kualitas, bukan hanya kuantitas saja. Jadi, hasilnya akan lebih terlihat profesional.

Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan editing kita otomatis akan meningkat. Hal ini sejalan dengan usaha dan hasil yang kita dapatkan sewaktu dalam proses pembuatan iklan tersebut.

B. Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Bidang Pelayanan

Bisnis bidang pelayanan yaitu jenis usaha yang tidak menjual barang, namun menawarkan pelayanan tertentu sebagai produk utamanya. Contoh bisnis dalam bidang pelayanan, antara lain perusahaan jasa, salon, dan pengemudi ojek online.

Meskipun tidak menghasilkan barang yang berwujud, tetapi perusahaan jasa juga wajib untuk mempromosikan layanan nya melalui iklan. Misalnya, promosi tentang pemberian diskon bagi pelanggan yang pertama kali menggunakan layanan tersebut dan lain-lain.

Perusahaan besar seperti Gojek dan Tokopedia juga sering memasang iklan untuk setiap pengguna baru. Kemudian, ada Shopee yang sering menampilkan iklan di televisi tentang program gratis ongkos kirim setiap pembelian produk dengan nominal tertentu.

Lalu, apa saja manfaat iklan bagi bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan. Berikut ini, penjelasannya.

1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan rutin memasang iklan maka, secara otomatis jumlah pesanan juga semakin meningkat. Hal ini mendorong suatu bisnis untuk bergerak cepat dalam memproses pesanan nya agar barang dapat dikirimkan tepat pada waktunya.

Jadi, konsumen akan merasa puas karena kinerja perusahaan yang sangat baik. Peningkatan kinerja ini menjadi salah satu indikator dalam penilaian produktivitas kerja karyawan.

2. Memperbaiki Sistem Pelayanan

Masih ada hubungannya dengan kinerja perusahaan namun, kali ini lebih kepada evaluasi dari sistem pelayanan. Apabila perusahaan mendapatkan banyak klien maka, sekaligus akan memperbaiki sistem pelayanannya agar lebih efektif dan efisien.

Pengaruh penggunaan iklan bagi perusahaan jasa yaitu dapat mempersingkat waktu pelayanan. Hal ini karena kita tidak perlu lagi untuk memberikan informasi menyeluruh tentang layanan kepada pelanggan namun, hanya poin-poin penting nya saja.

Isi dari iklan adalah gambaran umum tentang produk, baik kelebihannya, cara penggunaan, dan batas waktu pemakaiannya. Semakin lengkap data tentang produk di dalam iklan tersebut maka, akan semakin baik.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dan Profitabilitas Perusahaan

Iklan dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan sehingga, konsumen semakin percaya dengan produk dan layanan yang ditawarkan.
Gambar pelanggan yang senang memakai suatu produk

Manfaat penggunaan iklan di televisi, antara lain lebih luas jangkauannya, fleksibel, dan tentunya dapat meningkatkan laba atau keuntungan. Di samping itu, menayangkan iklan di televisi juga berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.

Buktinya, orang-orang cenderung membeli produk yang sudah terkenal dan pernah tampil di TV. Contohnya, Susu Bear Brand, Biskuit Roma Kelapa, Kopi Kapal Api, Kecap Bango, Sabun Nuvo, dan Sampo Lifebuoy.

Selain itu, ada juga iklan dalam kategori produk layanan, seperti JNE, Traveloka, Lazada, dan Grab Food. Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa iklan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

4. Menambah Jumlah Peminat

Mungkin pada awalnya, pembeli hanya berjumlah segelintir orang saja. Namun, karena kita selalu rajin beriklan maka dari yang tadinya sedikit, sekarang sudah banyak yang membeli.

Hal ini terjadi karena pelanggan tersebut merasa senang setelah memakai produk dari kita. Mereka dengan senang hati akan memberikan informasi kepada orang-orang di sekitarnya bahwa, produk yang kita jual memiliki kualitas yang terbaik.

Pelanggan yang menyarankan suatu produk kepada orang lain merupakan salah satu manfaat dalam penggunaan iklan untuk menambah jumlah peminat, secara tidak langsung. Tahu-tahu pelanggan tersebut, mengajak rekan-rekannya datang ke toko untuk membeli produk.

5. Manfaat Penggunaan Iklan untuk UMKM

Sebagai pemilik usaha skala kecil dan menengah (UMKM), iklan berfungsi sebagai media promosi yang paling sering digunakan. Dengan beriklan maka, produk akan habis terjual sehingga pendapatan atau pemasukan terus bertambah.

Menjalankan bisnis UMKM, tanpa kita barengi dengan kegiatan promosi maka mustahil untuk bisa berhasil. Banyak pebisnis pemula yang gagal karena takut menanggung resiko dan merasa nyaman dengan hasil yang diterima saat ini.

D. Cara Membuat Iklan yang Benar Untuk Meningkatkan Laba

Bentuk iklan bermacam-macam mulai dari spanduk, banner, video produk, foto katalog, slogan, logo, dan iklan di Google atau aplikasi tertentu. Berikut ini, media sosial yang dapat kita gunakan untuk memasang iklan antara lain:

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • TikTok
  • WhatsApp
  • YouTube

Semua media sosial di atas dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan barang dan layanan. Apabila teman-teman ingin mengetahui bagaimana caranya membuat akun Instagram bisnis, silahkan baca artikel di bawah ini.

Baca juga = Cara Membuat IG Bisnis untuk Meningkatkan Jumlah Follower.

Membuat iklan tidak bisa sembarangan karena dapat mengakibatkan kerugian jika, target pasar tidak tepat sasaran. Oleh karena itu, berikut ini urutan cara membuat iklan yang baik dan benar yaitu:

  1. Menentukan target pasar sesuai dengan fungsi produk.
  2. Mempersiapkan modal untuk biaya iklan, sesuaikan dengan kemampuan.
  3. Memilih bentuk iklan yang akan dipakai.
  4. Membuat jadwal penayangan iklan.
  5. Mengecek perkembangan iklan, apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum.
  6. Melakukan evaluasi kinerja iklan.
  7. Mencatat hasil penjualan dari iklan tersebut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat penggunaan iklan dalam bisnis yaitu dapat meningkatkan omzet penjualan serta menambah daya beli konsumen. Sehingga, pendapatan perusahaan terus menunjukkan hasil yang positif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top