15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya

15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya
15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya

Sebelum mengikuti proses wawancara dengan user, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri terlebih dahulu. Hal ini kita lakukan supaya lebih siap lagi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Sehingga, meningkatkan peluang keberhasilan.

Tujuan Motivasi Kerja Saat Interview

HRD tidak semata-mata bertanya kepada calon karyawan tentang motivasi mereka mendaftar di perusahaan tersebut, melainkan ada alasan tersendiri. Tujuan interview adalah untuk melihat kesiapan tentang diri pelamar sudah layak kerja atau belum.

Jadi, selamat kepada Anda yang sedang membaca artikel ini karena kami akan membahas tentang jawaban-jawaban alasan bekerja di perusahaan saat wawancara. Selamat membaca dan belajar, sahabat Cilacap Kerja.com.

Contoh Motivasi Kerja Saat Interview Yang Benar

1. Loyal Kepada Perusahaan

Berikan jawaban yang menunjukkan bahwa kita ingin loyal kepada perusahaan. Dengan cara ini, pihak user akan berpikir bahwa kita adalah orang yang setia dan amanah. Kita akan bekerja dengan sungguh-sungguh tanpa terpengaruh dari pihak manapun.

Contoh kalimat loyal adalah “saya akan bekerja di perusahaan Bapak/ Ibu dengan penuh rasa tanggung jawab dan siap melaksanakan tugas secara maksimal. Saya juga tidak ingin bekerja di tempat lain karena saya sudah menyukai perusahaan ini”.

Masih banyak saudara kita di luaran sana yang belum mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, kita yang sudah terpanggil untuk interview, wajib sekali untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

2. Memberi Kontribusi Yang Baik

Bekerja tidak hanya soal gaji saja tetapi berkaitan dengan kinerja dari masing-masing individu. Apabila kita ingin menjadi prioritas utama maka, usahakan untuk memberi kontribusi lebih kepada perusahaan dengan cara disiplin waktu.

Contoh kalimat kontribusi yang benar adalah “saya berusaha untuk rajin bekerja dengan selalu datang tepat waktu dan memberikan hasil yang terbaik menggunakan kemampuan yang saya miliki saat ini. Saya juga akan menyampaikan ide dan gagasan menarik untuk kemajuan perusahaan ini”.

Jawaban semacam itu, akan membuat HRD semakin menyukai kita karena mereka menganggap bahwa kita adalah individu yang kreatif dan inovatif. Tunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan yang lebih baik daripada peserta lain.

3. Menunjukkan Keahlian

Dalam proses interview, biasanya HRD akan menyuruh kita untuk menunjukkan bakat apa saja yang kita punya. Oleh karena itu, kita harus mempunyai suatu keahlian yang relevan dengan posisi yang kita lamar saat ini.

Misalnya, kita melamar posisi sebagai petugas bank maka kita harus mempunyai kompetensi berhitung yang baik. Contoh kalimat “Saya sudah berpengalaman untuk pekerjaan ini sehingga, dapat bekerja dengan penuh rasa percaya diri”.

4. Menambah Pengalaman

Bagi seorang fresh graduate memang harus mengeluarkan usaha lebih karena kita akan bersaing dengan mereka yang sudah mempunyai pengalaman kerja. Apalagi kita yang hanya lulusan SMK dan harus bertanding dengan yang lulusan sarjana.

Supaya cepat bekerja maka, kita harus pintar memberi jawaban dengan alasan yang masuk akal. Contoh “Meskipun saya belum mempunyai pengalaman tetapi ilmu yang sudah saya pelajari telah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari”.

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang jujur dan tidak sombong. Kita tidak segan untuk mempelajari hal baru yang belum pernah kita peroleh sebelumnya. User sangat menyukai orang yang seperti ini.

Baca juga = 15 Profesi Untuk Lulusan SMK Dengan Gaji 4 Jutaan.

5. Mendapatkan Penghasilan Yang Halal

Tujuan utama bekerja yaitu untuk mendapatkan gaji. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang mau bekerja tanpa pemberian imbalan. Pasti akan ada sesuatu yang kita harapkan, baik berupa uang, benda, atau apresiasi.

Contoh motivasi kerja yang berhubungan dengan gaji adalah “Saya mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai karyawan. Jadi, saya berusaha untuk mengutamakan pekerjaan sebelum meminta upah”. Selesaikan tugas terlebih dahulu sebelum meminta hak.

6. Dapat Bekerja Dalam Tim

Sebagai bahan penilaian maka HRD akan bertanya kepada kita tentang apakah sanggup untuk bekerja di dalam tim? Kelompok kerja adalah sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu demi kemajuan perusahaan.

Contoh kalimat “Saya memiliki pengalaman berorganisasi selama dua tahun ini sehingga, diri saya sudah terbiasa untuk bekerja sama dengan banyak orang. Selain itu, saya juga pernah menjabat sebagai ketua organisasi sehingga, dapat menjadi pemimpin yang baik”.

7. Membuat Bangga Diri Sendiri dan Orang Tua

Motivasi kerja selanjutnya yaitu ingin membanggakan diri sendiri dan orang tua. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tua. Hal ini, bisa kita sampaikan sebagai alasan mengapa ingin bekerja.

Contoh ungkapan “Menjadi bagian dari perusahaan yang Bapak/ Ibu Pimpin saat ini merupakan impian saya sejak lama. Berbagai macam cara sudah saya lakukan untuk menaikkan derajat kedua orang tua saya, salah satunya yaitu dengan bergabung bersama Anda di sini”.

8. Ingin Meraih Kesuksesan Bersama

Kita bukanlah pribadi yang egois artinya, peduli dengan kepentingan orang lain. Kita lebih mendahulukan kepentingan bersama daripada individu. Sehingga, pekerjaan akan lebih cepat selesai dan semua orang merasa senang.

Contoh kalimat “Saya ingin bersama-sama dengan semua karyawan di sini untuk meraih kesuksesan bagi perusahaan ini. Saya akan mematuhi peraturan dan ketentuan yang ada demi kelancaran waktu proses produksi”.

9. Membangun Hubungan Dengan Perusahaan

Kalau sebelumnya kita membahas tentang alasan melamar pekerjaan di perusahaan maka, sekarang kita akan bertindak sebagai seorang karyawan magang.  Magang adalah istilah bekerja sambil belajar yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa.

Contoh “Alasan saya magang di Perusahaan ini adalah ingin mengasah kemampuan yang saya miliki dan ingin mempelajari tentang dunia industri. Di samping itu, saya akan banyak belajar dari karyawan yang ada di sini tentang cara kerja yang efektif dan efisien”.

Baca juga = 13 Tips Mahasiswa Baru, Agar Tidak Ketinggalan Informasi.

10. Terdorong Untuk Bergerak Maju

Sudah saatnya bagi kita untuk berhenti bermalas-malasan dan mencari pekerjaan yang layak supaya hidup lebih bermanfaat. Teruslah mencoba selagi ada kesempatan yang bagus. Kita harus berpikir maju untuk masa depan yang cemerlang.

Jawaban yang kita sampaikan adalah “Saya berkomitmen untuk memajukan perusahaan ini dengan cara bekerja keras sambil terus berupaya melakukan evaluasi supaya menghindari kesalahan yang fatal. Saya juga akan membuat target pencapaian untuk diri saya sendiri”.

11. Belajar Dari Masa Lalu

Pengalaman pahit saat bekerja di tempat sebelumnya terkadang menuntut kita untuk tidak cepat berputus asa. Belajarlah dari kesalahan karena setiap masalah pasti ada hikmahnya. Sikap inilah yang akan membuat mental seseorang semakin kuat.

Contoh kalimat “Saya tidak terlalu mempermasalahkan kejadian di masa lalu sehingga, saya mencoba melamar di posisi ini. Saya beranggapan bahwa hari esok akan lebih baik daripada sebelumnya. Hal inilah yang memotivasi saya untuk terus belajar”.

12. Konsisten Dengan Keputusan

Karena ingin bekerja di perusahaan maka kita harus konsisten dengan keputusan yang telah dibuat. Jangan sampai ada masalah sedikit langsung resign. Komunikasikan dengan baik kepada manajer atau supervisi apabila ada kesulitan.

Contoh kalimat motivasi kerja adalah “Saya telah mengambil keputusan untuk bekerja di perusahaan ini. Maka dari itu, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memberikan yang terbaik. Sebagai buktinya, Bapak/ Ibu bisa melihat sendiri kinerja saya di lapangan.

13. Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Dinamis

Terkadang pekerjaan tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan. Misalnya, kita melamar di AHM sebagai operator produksi, tetapi malah ditempatkan di bagian divisi pengecekan barang. Hal ini, tentunya sudah di luar prediksi kita.

Maka dari itu, kita harus siap menerima resiko yang ada. Adapun kalimat yang benar adalah “Saya siap bekerja di area mana pun karena saya adalah pribadi yang fleksibel. Posisi apapun saya bisa asalkan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki”.

14. Ingin Menjadi Teladan

Menjadi contoh yang baik bagi orang lain merupakan tujuan yang mulia. Hal ini sesuai dengan apa yang menjadi harapan HRD yaitu mampu memberikan teladan bagi para pekerja lainnya. Sehingga, memicu rasa semangat bekerja.

Contoh “Saya ingin bekerja di perusahaan ini karena ingin menjadi panutan yang baik bagi banyak orang, tidak hanya karyawan di sini saja tetapi juga di tempat lain. Langkah yang saya lakukan yaitu bekerja dengan penuh rasa solidaritas.

15. Fokus Bekerja Bukan Belajar

Contoh Motivasi Kerja saat interview yang terakhir adalah ingin aktif bekerja saja. Kita sudah tidak ada pikiran untuk belajar lagi alias kuliah. HRD biasanya akan memberi pertanyaan yang menjebak seperti, “Apakah Anda berniat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi?

Apabila kita menerima pertanyaan semacam itu, yang semestinya kita jawab adalah “Saya hanya ingin bekerja saja, tidak ada niat untuk kuliah. Justru saya akan menuangkan ilmu yang sudah saya dapat sebelumnya untuk pekerjaan ini”.

Baca juga = Lowongan Kerja Terus Jaya 03 September 2023.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top