OSMB dan PKBJJ Menjadi Kegiatan Wajib bagi Mahasiswa UT

Pelaksanaan OSMB dan PKBJJ bagi Mahasiswa Universitas Terbuka
Pelaksanaan OSMB dan PKBJJ bagi Mahasiswa Universitas Terbuka

OSMB dan PKBJJ merupakan kegiatan yang wajib bagi mahasiswa Universitas Terbuka, baik yang mendaftar secara mandiri maupun yang melalui Sentra Layanan UT atau SALUT. Jadi, kami tekankan sekali lagi bahwa acara tersebut adalah wajib.

Lalu, bagaimana kalau kita tidak bisa hadir dalam kegiatan OSMBJJ dan PKBJJ karena suatu alasan yang mendadak? Jawabannya, yaitu kita dapat memilih pada tanggal yang lain karena biasanya kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari.

Bagi kita yang kuliah sambil bekerja pasti waktunya sangat terbatas. Namun, kita tidak boleh putus asa karena kita bisa tukar shift dengan karyawan lainnya. Gunakan lah waktu kita untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti mengikuti acara tersebut.

Pengalaman Mengikuti OSMB dan PKBJJ Universitas Terbuka

Sebelum membahas lebih jauh, saya ingin mengenalkan diri saya terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Tegar Dwi Wardhani, dari program studi S1 Manajemen Bisnis. Saya adalah mahasiswa baru dan sudah pernah mengikuti kegiatan orientasi ini.

Jadi, ini adalah cerita dari pengalaman saya sendiri tanpa campur tangan dari pihak manapun. Apabila ada kekeliruan dari apa yang telah saya sampaikan di bawah ini, sekali lagi saya minta maaf karena setiap mahasiswa mempunyai pandangannya masing-masing.

Kita sebagai seseorang yang berpendidikan harus selalu menjunjung tinggi sikap toleransi antar perbedaan. Setiap orang memiliki ciri khasnya sendiri, hal inilah yang membedakan manusia yang satu dengan yang lainnya.

Tanpa panjang lebar, apa yang dimaksud dengan OSMB dan PKBJJ? OSMB merupakan singkatan dari Orientasi Studi Mahasiswa Baru, sedangkan PKBJJ adalah Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh. Jadi, kegiatan ini khusus untuk mahasiswa yang baru saja!

Waktu Pelaksanaan

Mungkin dari kita ada yang bertanya, kapan dan berapa lama acara pengenalan ini dilaksanakan? Berdasarkan pengalaman saya sendiri, kegiatan OSMB maupun PKBJJ dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Saya ingin mengingatkan juga bahwa setiap UT daerah bisa saja memiliki jadwal yang berbeda. Oleh karena itu, kita harus selalu aktif dalam mencari informasi tentang pelaksanaan masa pengenalan dan kegiatan pelatihan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi yang terbaru silahkan, Anda mengikuti akun Instagram resmi Universitas Terbuka, baik UT daerah maupun pusat. Bisa pula subscribe Youtube nya UT supaya kita tidak ketinggalan berita.

Apakah Anda ingin mengenal lebih jauh tentang saya? Saya adalah warga asli kota Cilacap dan saat ini sudah resmi menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka Purwokerto. Saya sungguh senang sekaligus bangga karena impian untuk bisa menempuh Pendidikan Tinggi bisa tercapai.

Sebelumnya, saya sudah pernah bekerja di PT ABB. Selama bekerja di perusahaan tersebut, saya selalu menabung dengan cara menyisihkan gaji dan kerja sampingan. Puji Tuhan tabungan saya sudah terkumpul dan bisa saya gunakan untuk biaya kuliah.

Jadi, saya tidak bergantung pada orang tua melainkan dengan kerja keras saya sendiri. Meskipun terasa berat dan lelah, tetapi saya sangat menikmati setiap prosesnya. Ini hanya untuk motivasi teman-teman supaya lebih semangat lagi dalam meraih cita-cita.

OSMB berbeda dengan PKBJJ, tetapi masih dalam ruang lingkup yang sama yaitu masa pengenalan mahasiswa baru tentang cara belajar mandiri di Universitas Terbuka. OSMB dilaksanakan lebih awal daripada PKBJJ.

Kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru)

Menurut cerita dari senior, dahulu mereka mengikuti kegiatan OSMB menggunakan sistem daring (dalam jaringan). Hal ini terjadi karena beberapa alasan, seperti jarak tempat tinggal mahasiswa yang cukup jauh, dan penyebaran virus covid-19.

Namun, itu dahulu ya teman-teman, sekarang sudah tidak ada lagi virus corona. Jadi, sekarang saya mengikuti OSMB dengan sistem luring (luar jaringan) alias secara tatap muka. Di sini kita akan banyak belajar tentang cara belajar di UT yang efektif dan efisien.

Sekedar berbagi informasi saja bahwa, biasanya pihak UT akan menghubungi kita untuk bisa mendaftar kegiatan ini. Jadi, kita tinggal klik link pendaftaran dan isi data diri, serta tempat pelaksanaanya. Sebagai bukti, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Pendaftaran PKBJJ Universitas Terbuka
Gambar pendaftaran kegiatan PKBJJ

Usahakan jangan sampai salah pilih, kita harus menyesuaikan dengan jadwal kerja masing-masing. Setelah itu, tinggal kirim dan selamat Anda telah berhasil untuk bersedia mengikuti kegiatan OSMB sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Apa saja Isi Kegiatan OSMB?

Mahasiswa baru akan mendapatkan pelajaran tentang Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ) sehingga, mahasiswa siap dan terampil dalam menempuh pembelajaran di Universitas Terbuka secara mandiri.

Selain itu, kita juga akan mengetahui semua fasilitas dan cara belajar di Universitas Terbuka Purwokerto. Beberapa fasilitas penunjang pembelajaran di UT, antara lain BMP, bahan ajar digital, UT radio, perpustakaan online, dan tutorial online (Tuton).

Kegiatan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh)

Saya mengikuti kegiatan PKBJJ pada hari sabtu, tanggal 16 September 2023. Waktu pelaksanaan yaitu pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Acara terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi satu membahas tentang aktivasi e-learning, dan sesi dua praktik membuat target belajar.

Karena banyaknya mahasiswa yang bergabung maka, pihak UT membaginya ke dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari kurang lebih 40 mahasiswa baru. Kebetulan saya masuk kelompok 6 dan bertemu dengan mahasiswa dari jurusan yang sama, yaitu manajemen.

Silahkan Anda masuk ke ruangan masing-masing kemudian, ikuti arahan dari pembimbing. Jika ada sesuatu yang kurang paham, kita bisa bertanya kepada mereka. Pembimbing akan dengan senang hati membantu permasalahan kita.

Di dalam kegiatan PKBJJ ini, kita akan mencoba membuat dan mengaktifasi akun e-learning (pembelajaran online). Jadi, kita bisa mengikuti tutorial online tepat waktu. Sekedar mengingatkan saja bahwa, mahasiswa yang mengambil SIPAS NON TTM wajib untuk mengikuti TUTON.

Mungkin kalian bertanya, kapan mahasiswa UT belajar? Kita bisa mulai belajar setelah melakukan pembayaran mata kuliah per semester. Jadi, manfaatkan waktu kita sebaik mungkin dengan rajin membaca modul, baik cetak maupun digital.

Buatlah target belajar sesuai dengan gaya belajar kita sendiri. Sesuaikan juga dengan kesibukan masing-masing. Usahakan setiap hari untuk membaca dan membuat rangkuman, serta menjawab soal latihan. Hal ini kita lakukan supaya bisa mendapatkan nilai A di setiap mata kuliah.

Untuk mengetahui kapan waktu ujian akhir semester atau UAS di Universitas Terbuka silahkan, melihat kalender akademik di katalog, maupun di website MY UT. Jangan sampai kita melewatkan hal-hal penting karena bisa berakibat buruk bagi hasil akhir atau IPK.

Semua mahasiswa pasti ingin memperoleh IPK yang bagus supaya, bisa cepat lulus dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, kita harus teliti melihat jadwal akademik dan membuat tujuan belajar sesuai kemampuan.

Kesimpulan OSMB dan PKBJJ di UT

Terimakasih telah membaca artikel ini, saya menyarankan kepada Anda untuk tidak membolos di acara OSMBJJ dan PKBJJ. Selain karena banyak ilmu yang bisa kita peroleh, setelah mengikuti acara tersebut kita juga akan mendapatkan sertifikat.

Sertifikat OSMB maupun PKBJJ merupakan bukti tertulis bahwa mahasiswa baru telah mengikuti kegiatan pengenalan tersebut. Untuk menambah wawasan tentang cara belajar yang efektif silahkan, klik link di bawah ini.

Baca juga = Tutorial Disiplin Belajar bagi Mahasiswa Universitas Terbuka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top