10 Profesi Sesuai Jurusan Kuliah Tahun 2023

10 profesi sesuai jurusan kuliah
Profesi Sesuai Jurusan Kuliah

Bagi teman-teman sarjana yang baru lulus atau adik-adik yang ingin kuliah maka, wajib banget untuk membaca artikel ini karena kami akan memberikan informasi tentang pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.

Sehingga, kita dapat memilih dengan baik pekerjaan mana yang paling sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan sampai menyesal karena profesi saat ini tidak sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kita punya.

Profesi Sesuai Jurusan Kuliah Tahun 2023

Pekerjaan di bawah ini hanya sekedar referensi saja, bukan patokan karena setiap orang mempunyai pilihannya sendiri yang menurut mereka paling baik. Namun, apabila kita masih bingung mau ke arah mana maka, kita bisa mengikuti saran di bawah ini.

1. Manajer untuk Sarjana Manajemen

Jurusan manajemen kerja apa? Lulusan manajemen bisa bekerja sebagai manajer di perusahaan atau organisasi publik. Hal ini karena kita telah mempelajari tentang ilmu mengelola sumber daya perusahaan, baik manusia, dana, dan para pemangku kepentingan.

Selain itu, lulusan manajemen bisnis juga dapat membangun usahanya sendiri, seperti wiraswasta dan UMKM. Dengan cara ini, kita dapat mendorong perekonomian Indonesia yang lebih baik. Sehingga, kesejahteraan masyarakat terpenuhi.

Mahasiswa manajemen sekarang sudah enggak bingung lagi kan, mau kerja apa dan di mana. Karena kita adalah pribadi mandiri yang dapat memanfaatkan kemampuan diri sendiri. Kita tidak boleh putus semangat untuk meraih cita-cita.

2. Profesor untuk Sarjana Sains dan Teknologi

Apabila Anda lulusan sarjana sains dan teknologi maka, kami rekomendasikan untuk mejadi seorang profesor. Kemampuan berpikir analitis yang sangat baik harus kita manfaatkan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi masa depan orang banyak.

Kembangkan terus keterampilan robotika Anda, dan buatlah benda yang berharga. Sehingga, dapat memudahkan pekerjaan seseorang. Contohnya, bekerja sebagai ilmuwan di Perusahaan Bidang Transportasi Umum dengan menciptakan teknologi yang modern.

Bagi kita yang jurusan fisika dan kimia dapat bekerja di Industri Pertambangan, seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pertamina, PAMA, BUMA, dan pabrik lainnya. Di sini, kita akan mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga

3. Guru untuk Sarjana Pendidikan

profesi guru
Gambar profesi guru

Sarjana pendidikan bisa bekerja sebagai guru atau pengajar di sekolah, baik itu SD, SMP, SMA, dan SMK. Biasanya, pihak sekolah akan membuka lowongan sebagai guru di tempatnya. Kita dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendaftar.

Sekarang ini pendidikan terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa peluang menjadi guru sangatlah besar. Buktinya, sudah ada sarjana pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Selain menjadi guru di sekolah, kita juga bisa mendirikan tempat ajar sendiri, seperti les privat dan tutor online. Sudah banyak guru yang melakukan kegiatan tersebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga = Lowongan Kerja Terus Jaya 03 September 2023.

4. PNS untuk Sarjana Ilmu Politik

Profesi sesuai jurusan kuliah ilmu politik adalah menjadi pegawai negeri sipil. Tugasnya adalah mengurus kepentingan negara dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat. Jadi, seorang pegawai negeri wajib memiliki jiwa empati yang besar.

BUMN telah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada generasi muda yang ingin mengabdi kepada negara. Jadi, jangan sia-siakan peluang tersebut. Cari tahu informasi lowongan kerja BUMN di website resminya.

Mahasiswa wajib mempersiapkan diri sebelum melamar kerja di perusahaan. Caranya yaitu dengan belajar komunikasi yang baik sehingga, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview. Silahkan baca artikel di bawah ini supaya lolos seleksi wawancara.

Baca juga = 15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya.

5. HRD untuk Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis

Bagi kita lulusan ilmu administrasi bisnis bisa bekerja sebagai HRD atau Human Resource Development. Tanggung jawab HRD yaitu menyeleksi calon pelamar yang mendaftar kerja dengan metode tes tertulis dan wawancara.

Jadi, keberadaannya sangat penting bagi perusahaan. Kita harus memilih orang yang benar-benar bisa bekerjasama dengan baik. Selain itu, kita juga harus menilai dan membangun kinerja karyawan agar lebih maju lagi.

Tugas HRD selanjutnya adalah mengurus administrasi perkantoran yang menurutnya masih menjadi ruang lingkup pekerjaan. Misalnya, menerima dan mengirimkan surat kepada pihak yang terkait, seperti karyawan, klien, dan pemegang saham.

6. Pustakawan untuk Sarjana Ilmu Perpustakaan

Profesi Petugas Perpustakaan
Gambar Petugas Perpustakaan

Cara menjadi petugas perpustakaan yaitu kuliah di program studi ilmu perpustakaan. Kalau di Universitas Terbuka, Ilmu Perpustakaan masuk ke dalam Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP). Di sinilah kita mempelajari kearsipan.

Gaji petugas perpustakaan beragam yaitu mulai dari empat hingga enam juta rupiah setiap bulannya. Tergantung tempat dan tanggung jawabnya saat bekerja. Apabila ingin mendapat gaji yang tinggi maka, kita harus bekerja di instansi pemerintahan.

7. Pengacara untuk Sarjana Hukum

Profesi sesuai jurusan sarjana hukum adalah menjadi pengacara. Tugasnya yaitu memberikan layanan bantuan hukum bagi korban tindakan pidana atau perdata. Selain itu, pengacara juga melakukan banding untuk pihak pelaku tindakan kriminal.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, pengacara harus bersikap objektif dan patuh terhadap hukum yang berlaku. Jadi, tidak sembarangan orang bisa melakukannya, hanya mereka yang benar-benar ahli di bidangnya terutama, sarjana hukum.

Selain menjadi sosok penegak hukum, kita juga bisa mendirikan usaha pembuatan akta tanah (PPAT). Pejabat pembuat akta tanah bertanggung jawab memandu dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam hal bukti kepemilikan tanah.

8. Kepala Bidang Pelayanan untuk Sarjana Ilmu Komunikasi

Karena mempunyai pengetahuan komunikasi yang sangat baik maka, sarjana ilmu komunikasi dapat menjabat sebagai kepala bidang pelayanan. Salah satu tugasnya yaitu monitoring pesan dan aduan yang disampaikan oleh pihak konsumen atau masyarakat.

Sehingga, perusahaan akan melakukan evaluasi demi memperbaiki sistem komunikasi supaya lebih efektif dan efisien. Ini baru penjelasan sedikit saja karena masih banyak tugas lain yang lebih kompleks. Oleh karena itu, ada kelompok kerja.

9. Pegawai Bank untuk Sarjana Akuntansi

Mahasiswa yang mempunyai keahlian berhitung cepat bisa menjadi pegawai bank. Mahasiswa dari sarjana akuntansi contohnya, kita dapat bekerja sebagai teller bank atau pejabat yang lebih tinggi, seperti direktur, dan lain sebagainya.

Perlu kita ketahui bahwa, untuk mencapai posisi yang lebih tinggi perlu kerja keras dan pengorbanan. Biasanya, orang sukses memulai usaha dari hal kecil sebelum menjadi besar seperti sekarang. Konsisten adalah karakter orang sukses.

10. Dokter untuk Sarjana Kedokteran

Mahasiswa lulusan sarjana kedokteran bisa menjadi dokter umum atau spesialis di rumah sakit. Bisa juga bekerja di layanan fase kesehatan tingkat satu, seperti puskesmas. Atau jika ingin mandiri juga bisa membuka praktik sendiri di rumah.

Yang perlu kita perhatikan adalah sanggup tidaknya kita dalam mengurus klinik secara mandiri. Apabila kita mengalami kesulitan dalam prosesnya maka, kita bisa mengajak kerjasama dengan perawat atau pun orang yang ahli dalam bidang kesehatan untuk membantu mengurus klinik.

Kesimpulan Profesi Sesuai Jurusan Kuliah

Itulah beberapa pekerjaan yang sesuai dengan program studi perkuliahan. Mahasiswa sebagai orang yang berpendidikan tinggi tidak boleh salah dalam memilih profesi. Pekerjaan adalah sebuah tanggungjawab yang harus kita selesaikan.

Berusahalah untuk memberikan hasil yang terbaik di setiap pekerjaan. Sehingga, kita dapat memperoleh keuntungan yang lebih bermanfaat. Dalam mendaftar kerja, kita tidak perlu terburu-buru, tetapi harus mempersiapkan diri dengan matang.

Masih banyak profesi lainnya, seperti wiraswasta untuk sarjana ekonomi, penerjemah untuk sarjana sastra inggris bidang minat penerjemahan, pegawai pajak untuk sarjana perpajakan, dan lain sebagainya. Kami doakan Anda semua bisa menjadi orang yang sukses di masa depan.

Terimakasih dan jangan sungkan untuk bertanya kepada kami di kolom komentar. Bagikan juga artikel ini kepada orang lain yang membutuhkan. Sampai bertemu kembali teman-teman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top