15 Profesi Untuk Lulusan SMK Dengan Gaji 4 Jutaan

Profesi untuk lulusan SMK dan gajinya
Profesi untuk lulusan SMK dan gajinya

Banyak orang yang bilang kalau lulusan SMK itu susah dapat kerja. Pernyataan inilah yang membuat kita merasa pesimis sehingga pasrah dengan keadaan. Fakta nya, justru kebanyakan orang yang bekerja di industri adalah mereka yang hanya lulus dari SMK saja.

Jadi, kita tidak boleh cepat berputus asa, kita harus selalu semangat dengan berusaha semaksimal mungkin. Manfaatkan kesempatan yang ada, seperti selalu aktif mencari dan mengikuti seleksi pekerjaan. Berikut ini, beberapa jenis profesi yang cocok untuk lulusan SMK dengan gaji mulai 4 jutaan per bulan.

Profesi Untuk Lulusan SMK dan SMA

1. Teknisi Listrik

Pada dasarnya, teknisi listrik merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan listrik, seperti melakukan perbaikan dan perawatan komponen elektronika. Sehingga, peralatan listrik tetap dalam keadaan normal dan aman untuk penggunanya.

Jurusan SMK yang cocok untuk profesi ini adalah alumni dari Teknik Ketenagalistrikan, TIPTL (Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik), dan TPTL (Teknik Pembangkit Tenaga Listrik). Perusahaan yang membuka lowongan yaitu PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Gaji rata-rata setiap bulan untuk teknisi listrik bisa mencapai 5 juta rupiah. Nilai tersebut tentunya sesuai dengan resiko yang kita terima. Asal kalian tahu saja, apabila seseorang tersengat arus listrik maka dampak paling buruknya yaitu nyawa bisa melayang.

gambar teknisi listrik
gambar teknisi listrik

2. Operator Mesin

Tugas utama dari seorang operator mesin yaitu mengoperasikan mesin-mesin produksi. Sehingga, dapat berjalan sesuai dengan perintah dan kemauan dari operatornya. Biasanya, perusahaan besar seperti Astra Honda Motor membuka lowongan untuk posisi tersebut.

Menurut pengalaman dari kakak kelas saya yang telah bekerja di sana. Mereka bisa mendapat gaji hingga delapan juta per bulan, itu saja belum terhitung sama uang lemburan nya. Jadi, kalau kita total bisa mencapai 10 jutaan.

Banyak sekali ya? Tetapi sebelum masuk di sana, kita wajib mengikuti seleksi terlebih dahulu. Adapun, proses seleksi kerja antara lain pengumpulan berkas lamaran, pemeriksaan fisik, tes tertulis, wawancara, tes kesehatan, dan training.

Baca juga = Cara Cepat Dapat Kerja Bagi Lulusan SMK.

3. Safetyman

Secara umum, pengertian safetyman adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengamankan pekerja dari ancaman bahaya di lingkungan kerja. Jadi sebelum karyawan mulai bekerja, kita sebagai seorang pengaman wajib untuk mengecek area kerja terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, kita juga harus rutin mengontrol perilaku karyawan supaya tetap dalam keadaan aman. Karena posisinya yang cukup penting dalam pekerjaan maka, penghasilan yang bisa kita terima sebagai safetyman bisa mencapai 4 juta rupiah perbulan.

Bagi lulusan SMK, syarat untuk bisa menjadi safety yaitu mengikuti program pelatihan K3. Pelatihan ini bertujuan untuk mempelajari dasar dasar keselamatan kerja. Di akhir kegiatan inilah, kita akan memperoleh sertifikat.

4. Admin Proyek

Sama seperti halnya profesi yang lain, anak SMK ataupun SMA juga bisa menjadi admin proyek. Tugas utama admin yaitu menangani urusan pemberkasan dan laporan keuangan. Bahkan, adapula yang membantu HRD untuk merekrut calon karyawan baru.

Jurusan SMK yang sesuai untuk profesi admin proyek yaitu lulusan ADM (Administrasi Perkantoran), akuntansi, dan manajemen. Hal ini karena sewaktu sekolah dahulu, mereka sudah mempelajari tentang ilmu mengelola administrasi perusahaan dengan baik.

Biasanya, pekerjaan ini didominasi oleh perempuan karena beban dan tanggung jawabnya yang tidak begitu berat. Kita juga berkesempatan untuk bekerja di dalam kantor sehingga, tidak panas-panasan di lapangan.

5. Marketing Office

Bagi teman-teman dari jurusan pemasaran maka cobalah untuk melamar menjadi marketing office. Tugas utamanya adalah memasarkan produk dan jasa dari perusahaan kepada klien yang telah menjalin kerja sama.

Penghasilan rata-rata marketing office yaitu 4 juta per bulan. Nominal tersebut baru berupa gaji pokok, belum tambah intensif, tunjangan, dan bonus lainnya. Apabila berhasil menjual di atas target maka kita bisa mendapat bonus yang besar.

Oleh karena itu, kita harus aktif mencari konsumen dan rajin promosi supaya peluang untuk mendapatkan konsumen lebih besar. Pekerjaan ini menuntut kita untuk menjadi pribadi yang tangguh dan berani menanggung resiko.

6. Teller Bank

Banyak instansi di bidang perbankan yang membuka lowongan untuk anak-anak lulusan SMK, salah satunya yaitu Teller Bank. Tanggung jawabnya adalah melayani dan memenuhi permintaan nasabah, biasanya berkaitan dengan transaksi keuangan.

Selain itu, kita juga berkenan untuk mengenalkan beberapa jenis layanan dari perusahaan kepada calon nasabah. Contoh, ada pengunjung yang datang dan ingin membuat rekening baru maka tugas kita adalah menawarkan beberapa pilihan jenis tabungan.

Sifat yang diperlukan untuk menjadi teller bank yaitu teliti, pandai berhitung, ramah, rajin beribadah, dan selalu menjaga penampilan agar tetap rapih. Jangan sampai penampilan kita berantakan dan menampilkan wajah lesu.

Baca juga = Lagu Semangat Kerja, Biar Makin Produktif.

7. Profesi Untuk Lulusan SMK Sebagai PNS

Saat ini BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sedang gencar-gencarnya membuka lowongan untuk menjadi pegawai negeri sipil alias aparatur negara. Bagi lulusan SMK rupanya bisa mendaftar tetapi tidak semuanya, hanya bidang tertentu saja.

Instansi pemerintah yang bersedia menerima calon PNS dari lulusan SMK, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, dan Badan Daerah lainnya. Anda yang berniat untuk mengabdi kepada negara bisa sering-sering update informasi BUMN.

Untuk bisa menjadi Abdi Negara, kita akan bersaing dengan seluruh masyarakat di Indonesia. Jadi, ada ratusan ribu pelamar yang siap bertanding dengan kita. Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus mempersiapkan diri.

8. Konten Kreator

Menjadi publik figur seperti konten kreator rupanya, bisa menghasilkan uang yang cukup besar. Bahkan ada yang berpenghasilan hingga puluhan juta per bulan. Caranya yaitu dengan menjadi seorang youtuber pemula.

Pada awalnya, mereka hanya iseng-iseng membuat konten video. Namun, karena rutin posting video di Youtube akhirnya, mereka berhasil mendapat iklan Adsense. Hal inilah yang mengubah nasib mereka dari yang sebelumnya pengangguran sekarang menjadi jutawan.

Bagi Anda yang baru lulus sekolah dan belum mendapatkan pekerjaan maka, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi konten kreator. Kita bisa mengajak teman untuk berkolaborasi membuat video yang kreatif dan posting di Youtube.

9. Arsitek

Kata siapa lulusan teknik sipil harus lanjut ke Perguruan Tinggi untuk bisa menjadi arsitek. Padahal, kita bisa bekerja secara mandiri atau bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang arsitektur. Bangunlah relasi yang baik dengan senior agar mereka mau mengajak kerjasama.

Kita bisa menjual desain gambar di internet, banyak platform website yang khusus menangani jual beli desain semacam itu. Hanya kita tinggal mau memulai atau tidak. Buang rasa malas Anda dan gunakan waktu sebaik mungkin.

Penghasilan rata-rata menjadi arsitek adalah enam hingga lima belas juta rupiah sebulan. Hal ini tergantung dengan jumlah permintaan dan kesulitan pada saat proses pembuatan nya. Semakin banyak detail maka makin mahal gambar kita.

10. Tukang Las

Ternyata, gaji tukang las itu sangat besar yaitu berkisar tujuh juta rupiah sekali kerja. Bahkan kalau kita dengar dari berita, rata-rata penghasilan tukang las di dalam laut bisa mencapai puluhan juta. Apakah Anda berminat?

Jurusan SMK yang cocok untuk profesi tukang las adalah dari jurusan pengelasan, otomotif, dan permesinan. Hal ini sesuai dengan materi dan praktik yang telah mereka pelajari sebelumnya sewaktu masih sekolah dahulu.

11. Montir

Profesi untuk lulusan SMK berikutnya yaitu sebagai montir. Montir merupakan orang yang bekerja menangani masalah kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor. Lulusan otomotif sangat sesuai untuk pekerjaan ini.

Caranya, kita bisa membuka bengkel sendiri dengan modal seadanya atau kecil-kecilan. Kadang-kadang malahan kita yang melanjutkan usaha dari orang tua misalnya, bapak yang saat ini sudah punya bengkel di rumah.

Karena keuletan dan kerja keras teman-teman saat bekerja maka, kemungkinan untuk bisa dapat uang juga semakin besar. Tinggal diri kita mau kerja atau tidak. Semuanya tergantung dengan niat dan usaha masing-masing.

12. Profesi Lulusan SMK SATPAM

Salah satu profesi yang sangat mulia yaitu satpam, mereka bekerja dari siang hingga malam untuk menjamin keamanan di lingkungan masyarakat. Kita tidak boleh menghina pekerjaan orang lain karena diri kita bukanlah yang paling baik.

Untuk bisa menjadi satpam, kita harus memiliki sertifikat pelatihan Gada Pratama. Sertifikat tersebut menunjukkan kalau kita adalah orang yang sudah terlatih dan berpengalaman di bidangnya. Jadi, tidak sembarangan ya kawan.

13. Juru Masak

Kita yang berasal dari jurusan tata boga bisa bekerja sebagai koki di hotel. Dengan begini, kita bisa punya penghasilan tetap untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, sebelum bekerja sebagai juru masak, kita harus melewati masa uji coba terlebih dahulu.

Jadi, yang mesti kita lakukan yaitu memberi yang terbaik dengan membuat suatu hidangan masakan paling enak. Sehingga, tim penilai akan memilih kita untuk bergabung menjadi tim memasak di hotel berbintang lima.

14. Desainer

Lulusan SMK jurusan tata busana wajib menjadi desainer, baik itu pakaian, celana, dan aksesoris lainnya. Asah keterampilan kita dengan membuat barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Bagi Anda yang senang menggunakan media sosial maka bisa mengunggah hasil desain gambar bajumu di sini. Sehingga, orang-orang di luaran sana akan tertarik dengan keahlianmu. Alhasil, mereka kemungkinan mengajak kerjasama dengan kamu.

15. Wirausaha

Profesi untuk lulusan SMK yang terakhir adalah menjadi seorang pengusaha. Iya betul sekali, kita bisa bekerja secara mandiri tanpa harus kerja di tempat lain. Pekerjaan ini cocok untuk pribadi yang senang menciptakan produk baru.

Untuk mendapatkan uang, mereka akan menjual produk atau jasa yang telah dibuat kepada orang lain. Apabila Anda tertarik untuk menjadi wirausahawan maka, baca artikel bisnis rumahan modal minim, ide, dan caranya.

Terimakasih telah membaca artikel 15 profesi untuk lulusan SMK dengan gaji 4 jutaan. Kami berharap Anda menyukainya. Ayo share informasi ini kepada teman, saudara, dan orang lain yang membutuhkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top