13 Tips Mahasiswa Baru, Agar Tidak Ketinggalan Informasi

13 Tips Mahasiswa Baru, Agar Tidak Ketinggalan Informasi
13 Tips Mahasiswa Baru, Agar Tidak Ketinggalan Informasi

Halo sahabat pembelajar di manapun Anda berada. Bagi yang baru masuk semester pertama atau bahkan masih ospek, mending ikutin saran di bawah ini supaya tidak ketinggalan informasi. Buatlah tahun pertama kuliah menjadi sesuatu yang berharga.

Apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum memasuki awal semester? Berikut ini, hal-hal yang harus kita lakukan saat baru menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yaitu mempersiapkan kesehatan fisik dan mental. Selamat membaca.

1. Menyiapkan Akun Mahasiswa Baru

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat akun mahasiswa di website resmi universitas masing-masing. Contoh, saya kuliah di Universitas Terbuka Purwokerto maka saya akan membuat sebuah profil pribadi di website nya UT.

Di dalam situs web kampus akan ada banyak informasi yang bisa kita peroleh, mulai dari jadwal kuliah, tagihan pembayaran, perpustakaan online, layanan bantuan mengajar, hingga informasi tentang alumni yang sudah sukses.

2. Melihat Kalender Akademik

Setiap Perguruan Tinggi, baik swasta maupun negeri mempunyai jadwal kuliah yang berbeda. Oleh karena itu, kita wajib memperhatikan kalender akademik yang sudah kita terima setelah resmi menjadi mahasiswa baru.

Dengan cara ini, kita bisa lebih mudah untuk mengatur waktu antara belajar dan bermain. Manfaat lainnya adalah kita lebih siap untuk menghadapi ujian karena di kalender sudah tercantum jadwal ulangan akhir semester kapan dan di mana.

3. Bergabung Dalam Grup

Fungsi dari sebuah grup yaitu sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa. Jadi, kita bisa mengenal satu sama lainnya. Perlu kita ketahui bahwa, biasanya grup dibuat oleh pihak kampus tetapi adapula atas inisiatif dari mahasiswanya sendiri.

Grup ada banyak macam nya, mulai dari grup WhatsApp, Telegram, hingga Facebook. Kita dapat mengikuti semuanya atau pilih salah satu saja. Namun, saran dari kami mendingan ikuti semua grup nya supaya selalu mendapatkan informasi yang relevan.

4. Mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru

Orientasi merupakan kegiatan wajib yang harus kita ikuti sewaktu masih menjadi maba. Pertemuan tersebut membahas tentang seluk beluk lingkungan kampus dan pembekalan mahasiswa baru supaya lebih siap lagi belajarnya.

Salah satu acara di dalam masa orientasi yaitu ospek. Ospek sering kita artikan sebagai senior memperlakukan juniornya sesuka hati bahkan, sampai dibentak-bentak. Menurut kami, hal ini ada dampak positifnya yaitu untuk menguatkan mental.

Jadi, kita tidak boleh takut untuk ikut orientasi ya? Asalkan berperilaku baik pasti senior tidak akan marah-marah. Manfaatkan juga kegiatan ini untuk bertemu dan berkenalan dengan teman baru sehingga relasi kita bertambah.

5. Jangan Bolos Kuliah

Parah banget kalau baru menjadi seorang mahasiswa tetapi udah berani bolos kuliah. Ayo buat kesan yang baik di masa perkuliahan kita. Caranya yaitu dengan selalu rajin mengikuti seluruh jam pembelajaran dan tidak boleh terlambat.

Supaya bisa hadir tepat waktu maka kita jangan keseringan begadang alias tidur larut malam. Bagilah waktu antara belajar dan bermain dengan teman. Hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang mandiri dan calon orang sukses.

Hargai lah perjuangan kedua orang tua kita dengan rajin menuntut ilmu. Jangan sia-siakan harapan mereka terhadap kita. Kami doakan setelah lulus nanti, kalian semua bisa langsung mendapatkan pekerjaan dan punya banyak uang.

6. Berani Bertanya

Apabila menemui sebuah kesulitan maka jangan malu untuk bertanya. Kita bisa bertanya kepada teman, senior, ataupun pengajar. Sehingga, dengan cara ini kita akan mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalahnya.

Yang namanya mahasiswa baru tentu masih belum mengerti tentang semuanya. Maka dari itu, kita harus aktif dalam mencari informasi secara mandiri. Bukan malah diam saja atau takut untuk bertanya. Mereka pasti akan membantu kita dengan senang hati.

7. Tips Mahasiswa Baru Beradaptasi

Hal yang paling menyenangkan adalah jalan-jalan di area kampus. Hal ini bukan tanpa tujuan, melainkan membantu kita dalam memahami situasi kampus yang sebenarnya. Carilah tempat loket pembayaran, ataupun kantor operasional yang ada di sana.

Ajak teman kamu untuk berkeliling bersama sambil menikmati keindahan kampus. Beradaptasi lah dengan lingkungan yang baru. Untuk tambahan, aktivitas tersebut akan menciptakan perasaan yang nyaman dan menyenangkan.

8. Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan

Supaya mengenal teman dari jurusan lain, kita bisa mengikuti organisasi yang ada di universitas. Selain itu, bergabung ke dalam organisasi akan menambah pengalaman baru yang tidak terlupakan. Banyak orang dengan visi dan misi yang sama dengan kita di sini.

Ilmu yang bisa kita peroleh selama bergabung di dalam komunitas antara lain kemampuan membuat proposal, laporan keuangan, berdebat, menyusun artikel, dan masih banyak lagi. Bahkan kita juga berkesempatan untuk mengikuti lomba.

9. Belajar Sebelum Kelas Dimulai

Tips mahasiswa selanjutnya adalah membaca materi pelajaran sebelum memulai kelas. Cara ini akan membantu kita untuk lebih awal dalam memahami materi yang akan dosen sampaikan saat dalam proses pembelajaran. Sehingga, wawasan kita lebih luas lagi.

Manfaat lainnya yaitu kita bisa dengan cepat mengerjakan soal dari dosen. Hal ini karena sebelumnya kita telah belajar dan memahami peta konsep. Lakukan cara ini supaya kita mendapatkan nilai yang bagus sesuai dengan keinginan.

10. Membangun Komunikasi Dengan Dosen Pembimbing

Dosen adalah guru yang akan mengajari kita selama waktu kuliah nanti. Oleh karena itu, kita harus mengenalnya dengan baik. Setiap dari mereka mempunyai karakter yang berbeda-beda, kita wajib menghargainya.

Ada dosen yang sulit sekali memberikan nilai bagus, adapula yang baik hati dan dekat dengan mahasiswa. Untuk menangani hal ini, kita harus membangun komunikasi yang baik dengan mereka, seperti berbicara yang sopan dan mengumpulkan tugas tepat waktu.

Apabila bertemu dosen di jalan maka kita wajib memberi salam, bukan malah jalan terus. Mengirim pesan juga ada aturan khusus yaitu memulai dengan sapaan dan menutup dengan kalimat terima kasih. Hal ini akan membuat mereka lebih menyukai kita.

11. Tips Mahasiswa Baru Dengan Disiplin Belajar

Kami menyarankan kepada semua mahasiswa baru untuk mencari gaya belajar yang sesuai. Cobalah membaca artikel tutorial disiplin belajar. Di sini kita akan mendapat wawasan baru tentang cara belajar yang efektif dan efisien.

Belajar yang benar itu ada aturannya sendiri, tidak asal-asalan. Membaca saja tidak cukup tetapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga, akan lebih bermanfaat. Buatlah target belajar untuk melihat pencapaian mu.

12. Memulai Bisnis Untuk Menambah Penghasilan

Supaya tidak terlalu merepotkan orang tua maka kita harus mencari cara untuk bisa menghasilkan uang tambahan. Baca artikel inspirasi bisnis mahasiswa ini jika ingin mencoba cari duit untuk menambah pemasukan.

Selain berwirausaha, kita juga bisa bekerja di tempat lain, seperti menjadi kasir di konter hp, pelayan kafe, dan desainer grafis. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kami sarankan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu supaya tidak mengganggu waktu belajar.

13. Mengelola Keuangan Secara Bijak

Hindari sifat boros dengan cara rutin menabung. Belilah kebutuhan yang perlu-perlu saja. Kurangilah aktivitas yang tidak bermanfaat seperti nongkrong hingga lupa waktu. Perilaku negatif ini sangat merugikan diri kita ke depannya.

Sisihkan uang jajanmu dengan cara ditabung di rekening bank atau celengan. Meskipun sedikit tetapi lama-kelamaan pasti tabungan kita semakin banyak. Alhasil, bila ada keperluan mendadak kita tidak perlu bingung untuk cari uang karena sudah punya simpanan.

Terimakasih telah membaca artikel tips mahasiswa baru ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat memberi manfaat bagi semua orang khususnya, mahasiswa. Motivasi hari ini adalah jangan ragu meraih mimpi karena karena kita adalah orang yang hebat dan mampu menggapai kesuksesan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top