Cara Jualan Pulsa Untuk Mahasiswa yang Butuh Pemasukan

Cara jualan pulsa merupakan salah satu usaha mahasiswa dalam mendapatkan pemasukan tambahan. Mulai dari persiapan mental pengusaha, memilih distributor agen pulsa, menentukan harga jual, hingga melakukan promosi.
Cara jualan pulsa bagi mahasiswa untuk dapat uang tambahan

Berjualan pulsa merupakan salah satu usaha mahasiswa untuk memperoleh pemasukan tambahan. Mulai dari persiapan mental pengusaha, memilih distributor agen pulsa, menentukan harga jual, hingga melakukan promosi.

Supaya bisnis pulsa kita tidak rugi karena banyak yang utang maka, kita perlu strategi jualan yang tepat. Tujuannya adalah untuk memperbesar keuntungan dan mengurangi kerugian akibat kesalahan dalam pengelolaannya.

Apa saja manfaat jualan pulsa bagi seorang mahasiswa yang sedang kuliah? Jawabannya adalah kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, melatih diri sendiri untuk mengelola bisnis yang baik dan benar, serta membentuk karakter mandiri.

Dengan begini, kita bisa meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah kita. Dengan kata lain, kita bisa membayar biaya kuliah kita sendiri dari hasil jerih payah berjualan pulsa ini. Berikut ini, tips berjualan pulsa yang benar.

10 Cara Jualan Pulsa Anti Rugi Untuk Mahasiswa

Kita tentu sering mendengar cerita pahit dari mantan penjual pulsa yang mengatakan bahwa, bisnis ini kurang menguntungkan bahkan lebih banyak rugi, ketimbang untungnya. Pernyataan ini langsung mengubah pandangan kita semua.

Padahal, bisnis itu tidak ada yang salah atau benar, yang ada ialah kuat dan lemah. Maksudnya, apabila pengusaha berani menanggung resiko dan cepat dalam mengambil keputusan maka, bisnisnya tentu akan tetap berjalan.

Berbanding terbalik dengan pengusaha yang takut dalam menghadapi masalah dan lamban untuk mencari solusi maka, usaha nya juga akan gagal. Oleh karena itu, pengusaha yang ingin memulai bisnis baru wajib untuk menyusun strategi.

Jadi, selamat kepada teman-teman mahasiswa yang membaca artikel ini, karena kami akan membagikan kiat-kiat berjualan pulsa yang efektif dan efisien. Silahkan simak dengan cermat dan ikuti langkah-langkahnya.

1. Persiapkan Mental Yang Kuat

Hal paling utama dalam memulai bisnis adalah mempersiapkan mental. Cara ini tidak boleh kita abaikan karena percuma saja kalau kita sudah membuat strategi bagus-bagus, tetapi mental kita belum siap untuk menjadi pengusaha.

Kami sarankan kepada mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis pulsa agar mempersiapkan mental terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan belajar dari pengalaman atau meminta rekomendasi dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

Dengan begini, kita akan lebih siap dalam menghadapi tantangan bisnis dan pastinya bisa menjadi pengusaha yang sukses. Alhasil, tujuan kita untuk mendapatkan pemasukan tambahan selama kuliah dapat tercapai.

2. Pahami Apa Itu Bisnis Pulsa dan PPOB

Sebagai pebisnis yang profesional maka kita harus mengetahui produk atau jasa apa yang kita jual. Sehingga, jika ada pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari konsumen, kita dapat memberikan jawaban yang tepat.

Mudahnya begini, kita menjual pulsa maka kita harus tahu apa itu pulsa dan layanan lainnya seperti PPOB. Berikan penjelasan yang baik mengenai produk tersebut kepada calon konsumen. Sehingga, mereka yakin untuk membeli.

Sama halnya kita sebagai mahasiswa berarti, sampaikan kepada teman-teman yang lain bahwa kita sedang berjualan pulsa. Dengan begini, mereka yang kehabisan kuota internet dapat langsung membeli pulsa melalui kita.

3. Memilih Distributor Pulsa yang Terpercaya

Rekomendasi aplikasi PPOB untuk jualan pulsa terbaik tahun 2023, yaitu Mitra Bukalapak. Di sini, tersedia banyak layanan yang bisa kita tawarkan kepada konsumen. Jadi, tidak hanya jualan pulsa saja.
Gambar aplikasi Mitra Bukalapak

Cara jualan pulsa berikutnya yaitu memilih distributor pulsa yang berkualitas, serta memberikan banyak keuntungan bagi kita yang menjalankannya. Di bawah ini, ciri-ciri atau cara menentukan agen pulsa yang bagus antara lain:

  • Nama agen sudah terkenal atau memiliki banyak mitra
  • Produk lengkap dan bervariasi
  • Banyak pilihan metode pembayaran
  • Mudah untuk mendaftar menjadi anggota dan terjamin keamanannya
  • Harga murah sehingga kita bisa mengambil untung banyak

Cilacap Kerja akan merekomendasikan satu aplikasi PPOB untuk jualan pulsa terbaik tahun 2023, yaitu Mitra Bukalapak. Di sini, tersedia banyak layanan yang bisa kita tawarkan kepada konsumen. Jadi, tidak hanya jualan pulsa saja.

Selain itu, harganya juga murah-murah dan pelayanannya fast respon. Di tambah lagi, banyak pilihan metode pembayarannya yang dapat membantu mahasiswa dalam deposit saldo, seperti melalui rekening, Indomaret, dan Alfamart.

Hindari agen pulsa palsu yang tidak terjamin kualitasnya karena hal ini dapat merugikan kita. Salah memilih distributor dapat memicu masalah besar, seperti sudah membayar tetapi pulsa belum masuk ke nomor yang dituju.

Akibatnya, pembeli akan menagih uangnya kembali, dan mau tidak mau kita harus menerima kerugian nya. Pasti teman-teman mahasiswa tidak menginginkan peristiwa tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, bijaklah dalam bertindak.

4. Memasang Harga Jual yang Kompetitif

Sebelum jualan pulsa maka, kita harus menetapkan harga jual terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghitung persentase keuntungan setiap penjualan dan mengumpulkan modal usaha. Jangan sampai kita salah memasang harga.
Gambar harga jual pulsa Smartfren

Kami berani memastikan bahwa yang menjual pulsa di kampus tidak hanya kamu saja, melainkan ada mahasiswa lain yang melakukan hal sama. Oleh karena itu, kita harus bersaing dengan mereka tentunya, persaingan yang sehat.

Sebelum jualan pulsa maka, kita harus menetapkan harga jual terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghitung persentase keuntungan setiap penjualan dan mengumpulkan modal usaha. Jangan sampai kita salah memasang harga.

Apabila teman-teman mahasiswa bingung ingin memasang harga jual pulsa, berikut ini kami sajikan tabel harganya. Di sini, kita bisa lihat besarnya modal, harga jual, dan keuntungan yang kita peroleh dari jualan pulsa Smartfren.

Pulsa SmartfrenModalHarga JualLaba Bersih
10 KRp 10.250Rp 12.500Rp 2.250
20 KRp 19.950Rp 23.000Rp 3.050
25 KRp 25.000Rp 27.500Rp 2.500
50 KRp 49.500Rp 52.500Rp 3.000
100 KRp 99.000Rp 102.500Rp 3.500

5. Mulai Melakukan Penawaran

Setelah kita membuat harga jual maka langkah selanjutnya yaitu mulai berjualan pulsa. Inilah langkah yang paling menantang karena di sini kita akan langsung berhadapan dengan pembeli atau mereka yang menggunakan jasa kita.

Promosi merupakan kegiatan di dalam bisnis untuk menawarkan produk kepada calon konsumen. Sehingga, mereka dapat mengetahui dengan baik produk tersebut beserta cara melakukan pembelian yang benar.

Berikut ini, tips promosi sebagai salah satu cara jualan pulsa bagi mahasiswa yang sedang kuliah yaitu:

  • Melakukan penawaran kepada rekan-rekan mahasiswa lain
  • Tidak ada salahnya memberitahu Dosen bahwa kita sedang jualan pulsa
  • Bikin warung kecil-kecilan di rumah atau di tempat kos, setelah mendapatkan izin dari pemilik
  • Menjual produk selain pulsa, seperti token listrik, paket data internet, serta layanan lainnya
  • Rajin promosi di media sosial

Baca juga = Ide Bisnis untuk Mahasiswa di Era Digital Tahun 2023.

6. Beritahu Pembeli Tidak Menerima Utang

Utang merupakan penyumbang terbesar penyebab kegagalan dalam bisnis terutama, bagi kita yang sedang berjualan pulsa. Dampak negatifnya yaitu kita menjadi kekurangan modal bahkan lama-kelamaan usaha kita bangkrut.

Oleh karena itu, beritahu terlebih dahulu kepada pelanggan bahwa kita tidak menerima utang. Jika ada rekan mahasiswa yang berniat untuk menunda pembayaran atau bayar nanti, mending tolak saja atau buat persyaratan.

7. Memastikan Internet Lancar

Perihal yang mesti kita perhatikan ketika berjualan pulsa yaitu pastikan koneksi internet lancar atau tidak bermasalah. Hal ini karena dalam proses pembelian, kita perlu data untuk masuk ke dalam aplikasi agen pulsa tersebut.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk menggunakan layanan provider dengan jaringan anti lambat. Sehingga, bisnis online kita dapat berjalan lancar tanpa terhambat oleh masalah jaringan. Konsumen juga pasti akan merasa puas.

8. Membangun Relasi Dengan Pembeli

Jika ingin mendapatkan banyak pesanan maka, penjual wajib untuk menjaga kepercayaan pembeli. Jangan sampai dalam berbisnis, kita tidak berperilaku jujur atau mementingkan diri sendiri saja tanpa memerhatikan konsumen.

Sebagai seorang mahasiswa yang menjunjung tinggi norma-norma kejujuran dalam berbisnis maka, kita harus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Caranya yaitu memberikan harga jual yang sama kepada seluruh pembeli.

Dengan begini, mereka merasa senang dengan pelayanan kita dan pasti akan menjadi pelanggan tetap kita selanjutnya. Tidak hanya kepada pembeli saja, tetapi kita juga harus membangun relasi dengan pihak distributor.

9. Membuat Pembukuan Laporan Keuangan

Cara jualan pulsa yang tidak kalah pentingnya yaitu membuat laporan keuangan yang efektif. Setiap mahasiswa tentunya sudah dibekali dengan sistem pengelolaan uang yang baik. Hal ini bisa kita terapkan di dalam bisnis.

Kita dapat membuat laporan penjualan secara tertulis atau diketik di microsoft excel. Sehingga, kita dapat dengan mudah untuk memantau perkembangan bisnis pulsa kita, apakah tumbuh dengan baik atau butuh perbaikan.

Catat setiap transaksi baik penjualan atau pengeluaran modal agar, kita bisa mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh selama periode waktu tertentu. Cara ini juga memudahkan kita dalam mengambil keputusan terbaik untuk bisnis ke depannya.

10. Konsisten dan Jangan Putus Asa

Pengusaha yang berhasil adalah mereka yang paling lama mempertahankan usahanya. Jadi, jika teman-teman mahasiswa ingin sukses dengan berjualan pulsa maka, teruslah bertahan dan konsisten dengan tujuan saat ini.

Jangan pedulikan omongan orang lain yang tidak mendukung usaha kamu. Justru sebaliknya, kita ambil sisi positifnya saja dan buang yang negatif. Teruslah berjuang dengan sekuat tenaga agar bisnis pulsa kita bisa sukses.

Kesimpulan Cara Jualan Pulsa Bagi Seorang Mahasiswa

Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa cara jualan pulsa dimulai dengan mempersiapkan mental, memilih distributor, menetapkan harga, promosi, hingga pembukuan. Jadi, langkah tersebut saling terhubung satu sama lain.

Mahasiswa yang menjalankan bisnis pulsa atau PPOB memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Sehingga, kita bisa membayar biaya kuliah dari hasil usaha sendiri, tanpa merepotkan orang tua.

Tambahan, mahasiswa harus konsisten dengan usahanya dan jangan terpengaruh oleh pembicaraan orang lain yang buruk. Lalu, hindari pembayaran dengan sistem utang agar bisnis pulsa kita dapat terus berjalan, tanpa masalah modal usaha.

Baca juga = Inspirasi Bisnis Mahasiswa Buat Menambah Uang Jajan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top