Cara Memulai Bisnis Afiliasi Shopee dan Manfaatnya

Cara memulai bisnis afiliasi di Shopee ada sepuluh tahap mulai dari pendaftaran akun hingga cepat memberikan respon pada pelanggan. Manfaat Shopee Affiliate yaitu dapat mendapatkan komisi tambahan apabila pembeli melakukan order melalui link produk.
Cara memulai bisnis afiliasi pada marketplace Shopee.

Halo pengusaha muda Indonesia, bagaimana kabar teman-teman sekarang? Pada kesempatan kali ini, Cilacap Kerja akan memberikan informasi penting mengenai cara mendapatkan penghasilan lewat bisnis afiliasi di Shopee.

A. Gambaran Umum Cara Memulai Bisnis Afiliasi di Shopee

Cara untuk mulai berbisnis di marketplace Shopee tidak hanya dengan sistem dropship saja, tetapi bisa juga menggunakan metode afiliasi. Shopee Affiliate sudah terbukti aman jadi, cocok untuk pebisnis pemula seperti kita ini.

Pasti teman-teman di sini bertanya, bagaimana cara Shopee Affiliate bekerja? Mudahnya begini, kita adalah penjual yang membantu mempromosikan produk dari toko online, dengan cara menyebarkan link produk tersebut kepada konsumen.

Kemudian, kita akan mendapatkan komisi apabila konsumen telah melakukan pembelian menggunakan link yang telah kita bagikan sebelumnya. Semakin banyak pembeli yang melakukan transaksi maka, komisi yang kita peroleh juga makin besar.

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah yang sering muncul dalam bisnis afiliasi di Shopee. Shopee Affiliator merupakan sebutan bagi orang yang menjalankan bisnis afiliasi menggunakan Shopee.

Kode Afiliasi Shopee adalah sebuah alamat unik yang dimiliki oleh affiliator untuk mengajak member baru. Manfaat lainnya yaitu agar mendapatkan komisi 15% selama 3 bulan pertama. Silahkan menggunakan kode afiliasi Shopee : NPPJ6TV.

B. Manfaat Menjalankan Bisnis Afiliasi Shopee

Apa saja keuntungan yang bisa kita dapat dari kegiatan afiliasi di Shopee? Menurut Tegar Dwi Wardhani (2023), berikut ini 7 manfaat menjalankan bisnis afiliasi di aplikasi jual beli secara online, baik Shopee atau Tokopedia antara lain:

  1. Tidak memerlukan modal yang banyak,
  2. Sangat fleksibel karena bisa dikelola kapan dan di mana saja,
  3. Mudah untuk kita kelola,
  4. Tidak perlu stok barang apalagi membuat produk sendiri,
  5. Pembagian komisi terbilang adil dan transparan,
  6. Menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan,
  7. Banyak bonus dan program yang menguntungkan bagi para afiliator.

Modal awal untuk menjalankan bisnis afiliasi ada dua, yaitu perlengkapan pendukung dan kepribadian. Coba kita perhatikan secara seksama tabel di bawah ini, di sini tertera penjelasan mengenai modal afiliasi secara lengkap.

Modal Seorang Shopee Affiliator
Alat PendukungKepribadian
Telepon genggam (hp), laptop, paket data atau internet, tripod dan kamera bagi yang ingin serius untuk membuat konten produk sendiri.Berani memulai, tidak malu untuk jualan, ahli dalam menggunakan media sosial, jeli melihat peluang, kreatif dan inovatif

Menjadi affiliator merupakan profesi yang cocok bagi pengusaha dengan karakter mandiri, tekun, fokus terhadap tujuan, dan tidak mudah putus asa. Kita akan terus berusaha dan mencoba melakukan promosi yang lebih efisien.

Efek positif dari kegiatan promosi yaitu membantu mengenalkan produk baru kepada pelanggan dan meningkatkan potensi penjualan. Adapun, media sosial yang bisa kita gunakan untuk berbisnis yaitu Instagram.

Baca juga = Jenis Konten Instagram Terbaik untuk Meningkatkan Engagement.

C. Cara Memulai Bisnis Afiliasi di Shopee yang Benar

Supaya teman-teman di sini tidak salah melangkah dalam berbisnis di marketplace. Maka dari itu, kami akan berbagi tips dan trik memulai bisnis afiliasi di Shopee dengan benar sehingga, kita bisa mendapatkan banyak pesanan.

1. Mendaftarkan Akun Shopee Affiliate

Cara bergabung afiliasi Shopee cukup mudah, kita tinggal perlu mengisi data diri dan rekening bank pada formulir pendaftaran. Usahakan data yang kita masukkan tersebut sudah sesuai dengan yang tertera pada KTP.

Mengapa pengajuan Shopee Affiliate saya ditolak? Jawabannya adalah karena dalam proses pendaftaran, data yang kita berikan tersebut tidak tepat dan usia kurang dari batas minimal yang telah menjadi persyaratan nya.

Tips agar lolos pengajuan Shopee Affiliate yaitu berikan informasi mengenai data diri yang lengkap, baik alamat, nama ibu kandung, dan foto pribadi yang jelas. Kemudian, tambahkan nama akun media sosial kita, seperti Instagram atau Facebook.

Program Shopee Affiliate merupakan sebuah fitur dari Shopee untuk menghasilkan uang tambahan bagi para penggunanya
Gambar Akun Shopee Affiliate

Berikut ini, langkah-langkah mendaftar Shopee Affiliate yaitu:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee
  2. Memilih menu “Saya
  3. Ketuk fitur “Shopee Affiliate Program
  4. Isi formulir pendaftaran
  5. Kirim dan tunggu peninjauan (kurang lebih selama 3 hari masa tinjau)

2. Menerima Notifikasi Email Shopee Affiliate

Setelah melakukan pendaftaran maka langkah selanjutnya yaitu menunggu masa peninjauan. Biasanya pihak Shopee akan mengirimkan email yang menginformasikan bahwa, kita telah berhasil bergabung ke dalam program afiliasi Shopee.

Email pemberitahuan dari Shopee tentang Shopee Affiliate Program.
Gambar email Shopee Affiliate

Dari sinilah perjuangan kita bermula, karena sekarang kita harus mulai untuk berjualan. Caranya tentu dengan membagikan link produk kepada calon konsumen, menggunakan berbagai macam strategi pemasaran.

3. Cara Memulai Bisnis Afiliasi dengan Menyusun Strategi Pemasaran

Yang namanya jualan itu tidak boleh gengsi. Kita harus percaya diri dengan usaha yang sedang kita lakukan sekarang. Mulailah dengan menyusun strategi yang tepat sehingga, memudahkan kita dalam mengelola bisnis afiliasi ini.

Taktik pemasaran online berbeda dengan sistem konvensional karena 100% transaksi tidak terjadi secara langsung. Jadi, pembeli tidak melakukan tatap muka dengan penjual. Kemudian, penjual juga tidak bisa menerima uang pada saat itu juga.

Masalah di atas, membuat kita lebih fokus dalam memaksimumkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Berikut ini, strategi bisnis afiliasi di Shopee yang dapat kita contoh ketika baru memulai, yaitu:

  • Menentukan target pasar (pria atau wanita, dewasa atau remaja).
  • Memilih produk atau layanan yang sesuai dengan minat pasar tersebut (baju atau celana, sepatu atau sandal).
  • Mencari toko yang menjual produk dengan harga murah, tetapi berkualitas.
  • Memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

4. Cara Memulai Bisnis Afiliasi dengan Menerapkan Strategi Bisnis

Setelah kita membuat strategi bisnis seperti di atas maka, langkah berikutnya yaitu melaksanakan rencana tersebut. Menurut affiliator, inilah tahap yang paling menantang karena di sini kita akan bekerja keras untuk mendapatkan pembeli.

Lakukan langkah-langkah nya sesuai dengan urutannya. Contoh, target konsumen saya adalah laki-laki dan produk yang akan saya jual yaitu baju muslim. Kemudian, saya mencoba mencari toko yang menawarkan harga murah.

Setelah itu, saya lanjut membuat beberapa akun media sosial sebagai media jualan, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan Youtube. Sehingga, persentase penjualan saya lebih besar lagi.

Baca juga = Cara Jualan di WhatsApp Business Agar Banyak Pembeli.

5. Membuat Koleksi Produk

Mengapa kita perlu mengatur koleksi produk di Shopee? Jawabannya yaitu untuk meng-organisasi barang serta layanan berdasarkan kategori. Sehingga, lebih terlihat rapi dan terkesan profesional menurut penilaian konsumen.

Berikut ini, cara membuat kategori baru untuk produk di aplikasi Shopee yaitu:

  1. Masuk ke fitur “Shopee Affiliate Program
  2. Pilih bagian “Akun
  3. Ketuk “Koleksi Saya
  4. Tekan “Atur Koleksiku”  dan pilih kategori
  5. Tambahkan kategori dan isi nama sesuai keinginan kita
  6. Jika sudah maka klik konfirmasi
Pasti teman-teman di sini bertanya, bagaimana cara Shopee Affiliate bekerja? Mudahnya begini, kita adalah penjual yang membantu mempromosikan produk dari toko online, dengan cara menyebarkan link produk tersebut kepada konsumen.
Gambar koleksi produk di fitur Shopee Affiliate

6. Rajin untuk Sebar Link Produk

Perlu diingat bahwa komisi yang kita dapatkan itu, berasal dari pelanggan yang membeli produk melalui link yang telah kita bagikan sebelumnya. Jadi, jika ingin memperoleh komisi besar maka kita harus sering-sering untuk sebar link.

Kita bisa memanfaatkan fitur IG Story dan FB Feed untuk menaruh link affiliate Shopee kita. Jadi, semua yang menonton cerita atau status kita dapat meng-klik link tersebut, tanpa kita bagikan satu persatu secara manual.

Sebenarnya, menjadi Shopee Affiliator itu gampang karena semua ada solusinya. Tinggal bagaimana kita dalam menjalaninya, kalau kita rajin tentu saja rezeki akan mengikuti, tetapi kalau malas ya pasti tidak akan berhasil.

7. Cara Memulai Bisnis Afiliasi dengan Membuat Website Toko

Sesuai dengan namanya, website toko adalah web yang berfungsi sebagai media jualan secara online. Jadi, penjual seperti kita bisa menjual produk melalui website tersebut, tanpa repot-repot harus membangun ruko.

Berjualan melalui website mempunyai beberapa keunggulan. Berikut ini, manfaat menggunakan website sebagai media bisnis yaitu praktis, terlihat profesional, meyakinkan pembeli untuk order, dan lebih hemat waktu.

Jika Anda ingin mempunyai website toko sendiri maka bisa pakai jasa Cilacap Kerja.com. Kami siap membantu Anda untuk membuat web yang bagus dan pastinya harga terjangkau. Silahkan hubungi admin (0882-3286-8029).

8. Mengikuti Grup Shopee Affiliator

Meskipun bukan hal yang wajib namun, bergabung ke dalam grup khusus affiliator ini dapat membantu kita dalam menyelesaikan masalah. Kita bisa berbagi cerita atau menyampaikan pertanyaan kepada anggota grup.

Manfaat grup afiliasi Shopee lainnya adalah untuk membangkitkan motivasi kita dalam berbisnis dan meningkatkan kemampuan penjualan. Ayo daftar Shopee affiliate sekarang juga dan gunakan kode NPPJ6TV.

9. Menyempatkan Waktu untuk Review Produk

Salah satu cara agar mendapatkan pembeli pertama dari Shopee Affiliate yaitu melakukan promosi. Kegiatan promosi bermacam-macam mulai dari memasang iklan, membuat konten tentang produk, dan me-review barang.

Review produk bertujuan untuk memastikan bahwa barang yang kita jual memiliki kualitas baik. Sehingga, konsumen lebih yakin untuk membeli dan memakainya. Buatlah konten tentang produk yang menarik, baik foto atau pun video.

10. Cepat Memberikan Respon pada Pelanggan

Hal utama dalam bisnis online yaitu mengutamakan kepentingan calon konsumen. Jadi, jika ada dari mereka yang bertanya maka kita harus cepat dalam memberikan jawaban. Tujuannya adalah untuk menjaga pandangan konsumen yang baik tentang bisnis kita.

Coba bayangkan kalau ada pelanggan yang bertanya namun, toko lama dalam memberikan respon. Maka, tentunya pelanggan tersebut akan kesal dan malah membeli produk ke toko lainnya. Hal ini tentu sangat merugikan.

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada pertanyaan silahkan kirim masukkan di kolom komentar. Sampai jumpa dan salam sukses untuk kita semuanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top