Cara Memulai Bisnis Online Paling Tepat Untuk Pemula

Cara memulai bisnis online untuk pemula berawal dari riset konsumen, kemudian pemilihan produk hingga kegiatan pemasaran untuk menjangkau pasar. Tanpa melakukan persiapan maka kecil kemungkinan bisnis akan berhasil.

Cara memulai bisnis online untuk pemula berawal dari riset konsumen, kemudian pemilihan produk hingga kegiatan pemasaran untuk menjangkau pasar. Tanpa melakukan persiapan maka kecil kemungkinan bisnis akan berhasil.
Cara memulai bisnis online untuk pemula

Oleh karena itu, pengusaha pemula wajib melewati beberapa tahap persiapan sebelum memulai bisnis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen, mengendalikan anggaran, dan membuat bisnis berjalan secara efektif dan efisien.

Kegiatan pemasaran yang kami maksud adalah penyusunan strategi penjualan. Dengan strategi penjualan yang tepat maka pengusaha pemula akan semakin mudah dalam memasarkan produk-produknya kepada konsumen.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula Paling Tepat

Setelah kita mengetahui tujuan persiapan bisnis online maka selanjutnya kita akan membahas mengenai tahap-tahap memulai bisnis online. Silahkan terapkan langkah-langkah memulai bisnis online di bawah ini dengan perasaan yang bahagia.

1. Mulai dengan Riset Pasar

Pasar di sini adalah tipe konsumen yang kita inginkan untuk membeli produk dari bisnis kita. Jadi, buatlah data yang berisi tentang jenis konsumen, minat, keinginan, perilaku, hingga kebutuhan mereka. Lalu, catat dan ambil keputusan dengan tepat.

Contoh, kita ingin memasuki pasar di Cilacap maka kita akan melakukan survey untuk mengetahui tipe konsumen di daerah ini. Hasil riset pasar menunjukkan bahwa masyarakat Cilacap gemar makan dan lebih senang di rumah.

Jadi, bisnis yang paling cocok dengan tipe konsumen yang suka makan dan lebih senang di rumah, yaitu menjalankan usaha kuliner dengan sistem pesan antar. Sehingga, pembeli dapat memesan makanan melalui online.

2. Mengamati Pesaing (Competitor)

Sebelum memulai bisnis online, alangkah baiknya menilai pesaing terlebih dahulu. Tujuan mengamati pesaing adalah untuk mencari keunggulan dan kekurangannya serta sebagai referensi untuk menentukan produk yang tepat.

Kita tidak mencari-cari kelemahan dari bisnis orang lain, tetapi berusaha untuk melengkapi atau membuat produk yang lebih baik daripada milik mereka. Dengan begini, konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang berkualitas tinggi.

Cobalah mengidentifikasi produk dari pesaing misalnya, fungsi dari produk tersebut, harga, keunikan, komposisi, hingga sistem penjualannya. Setelah mengetahui kualitas produk dari pesaing maka, kita tinggal membuat produk yang lebih unggul.

3. Mencari Pemasok atau Mitra

Cara memulai bisnis online yang ketiga adalah mencari pemasok yang menyediakan bahan baku untuk membuat produk. Pilihlah pemasok yang menjual bahan baku dengan harga murah, tetapi kualitasnya tinggi.

Dengan begini maka kita dapat memangkas anggaran dan memaksimalkan keuntungan. Sisa anggaran atau modal tersebut dapat kita gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting, yaitu promosi dan proses produksi.

4. Membuat Produk yang Berkualitas

Inilah tujuan utama dari persiapan bisnis, yaitu menentukan produk yang sesuai dengan minat konsumen. Hasil dari riset pasar dan pesaing akan menuntun pengusaha pemula untuk memilih produk yang tepat dengan kebutuhan konsumen.

Karena kita akan jualan online maka, pertimbangkan kualitas produk supaya tidak cepat rusak dan tetap awet. Maka dari itu, pilihlah bahan baku yang berkualitas dan sistem pengolahan yang benar agar produk memiliki ketahanan yang tinggi.

Dalam proses produksi ini, pengusaha akan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki, seperti anggaran, SDM, tempat usaha (bangunan), bahan baku, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ayo kita bahas satu per satu.

a. Cara Memulai Bisnis Online Modal Minim

Modal dalam pembahasan kita kali ini adalah anggaran atau uang. Pengusaha pemula pasti menghadapi permasalahan yang sama yaitu keterbatasan modal. Namun, kita tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan modal usaha.

Hal ini karena sekarang kita dapat memulai bisnis online tanpa modal, yaitu dengan Shopee Affiliate. Program ini bisa kita ikuti untuk menambah pemasukan di sela-sela pekerjaan. Cara jualannya juga cukup mudah dan menyenangkan.

Namun, apabila teman-teman tetap kokoh untuk membuat produk sendiri maka juga tidak masalah. Yang penting, kita dapat menggunakan modal secara bijak. Contohnya yaitu dengan membuat alokasi penggunaan modal, seperti berikut ini:

  • Bahan baku produk (20%)
  • Biaya produksi (40%)
  • Kegiatan pemasaran (20%)
  • Pengembangan produk (5%)
  • Biaya lain-lain, seperti peralatan (15%)

Dengan membuat alokasi biaya maka kita bisa merencanakan target dan menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis kita. Selain itu, kita juga bisa mengambil keputusan dengan cepat tanpa terhambat oleh modal.

b. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis Online

Setiap produk, baik itu dalam bentuk barang atau pun jasa pasti membutuhkan sumber daya manusia untuk membuatnya. Oleh karena itu, manajemen SDM sangat penting diterapkan di dalam bisnis online kita ini untuk mencapai keberhasilan.

Pengusaha pemula dapat bekerja secara mandiri atau bekerja sama dengan orang lain sehingga, kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tetapkan dahulu modal yang kita miliki dan alur pekerjaannya.

Contoh: kita akan memulai bisnis online pakaian maka, kita harus mencari tenaga kerja yang terampil dalam hal menjahit dan mendesain pakaian. Mempekerjakan sumber daya yang tepat akan mendorong produktivitas suatu bisnis.

c. Apakah Bisnis Online Perlu Tempat Usaha?

Tempat usaha di sini sifatnya tidak wajib karena setiap pengusaha menjalankan bisnis yang berbeda-beda. Namun, untuk bisnis online kita dapat menjalankannya hanya dari rumah saja, alias tanpa perlu sewa gedung mahal-mahal.

Menjalankan bisnis di rumah lebih menghemat biaya dan cocok untuk pengusaha pemula seperti kita. Jadi, ayo kita mulai bisnis online sekarang juga! Jangan menunda-nunda waktu untuk memulai bisnis yang kita inginkan!

d. Kreativitas dan Inovasi

Pengusaha pemula wajib memiliki kreativitas. Hal ini bertujuan untuk menciptakan nilai lebih pada barang dan untuk meningkatkan perhatian konsumen. Inovasi juga diperlukan untuk membuat sistem bisnis yang lebih efisien.

Terus asah kemampuan kita dengan kreativitas dan inovasi. Cobalah untuk menghasilkan produk yang lebih unik dan baik daripada milik pesaing. Sehingga, produk yang kita buat lebih banyak diminati oleh calon konsumen.

5. Cara Memulai Bisnis Online di Marketplace untuk Pemula

Pengusaha pemula yang ingin jualan secara online bisa memanfaatkan aplikasi marketplace untuk memasarkan produknya. Cara ini sangat tepat untuk bisnis yang baru berdiri agar menjangkau pasar yang lebih luas.

Berikut ini, cara memulai bisnis online di marketplace yaitu:

  1. Memilih aplikasi marketplace untuk jualan (Shopee, Tokopedia, dan Lazada).
  2. Membuat akun toko.
  3. Memasang produk dan menentukan harga jual.
  4. Membuat program menarik untuk menarik minat pembeli, seperti diskon, cashback, dan lain-lain.
  5. Menambahkan metode pembayaran.

Pada intinya, mengelola bisnis online di marketplace menuntut kita untuk terus aktif dan memantau pesanan. Berusahalah untuk mengirimkan pesanan tepat waktu agar pembeli tidak lama menunggu barang sampai di rumah.

6. Membuat website Toko Online

Untuk membangun reputasi bisnis maka pengusaha pemula perlu melakukan inovasi, yaitu membuat toko online melalui website. Dengan website ini, sebuah bisnis akan terpandang baik oleh calon konsumen khususnya klien.

Website yang profesional akan mendorong kepercayaan klien untuk bekerja sama dengan kita. Selain itu, pembeli juga dapat dengan mudah untuk memesan produk melalui website tersebut sehingga, pendapatan bisnis makin meningkat.

7. Menentukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran berfungsi untuk meningkatkan presentasi pembelian oleh konsumen dan menambah pemasukan bisnis. Oleh karena itu, pengusaha pemula tidak boleh melewatkan tahap yang satu ini, apabila usahanya ingin berhasil.

Cara memasarkan produk secara online, yaitu bisa dengan memasang iklan di marketplace, memberikan harga promo, pemberian cashback, dan lain sebagainya. Lakukan promosi sesuai dengan strategi yang sudah kita tetapkan di awal.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara memulai bisnis online paling tepat untuk pemula. Semoga informasi yang disampaikan dapat memberi manfaat bagi kita semuanya. Cilacapkerja.com mengucapkan terimakasih dan salam sukses.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top