Cara Menambah Follower IG Secara Organik, Anti Banned

Cara menambah follower IG bisa dilakukan secara organik sehingga, lebih aman dan anti kena banned atau blokir oleh pihak Instagram. Caranya yaitu dengan rutin pos konten yang menarik hingga minta teman untuk follow.
Cara menambah follower IG secara organik atau alami

Cara menambah jumlah follower di aplikasi Instagram itu mudah. Kita tinggal membuat konten yang menarik sehingga orang-orang yang melihatnya jadi suka. Alhasil, kita memiliki peluang untuk punya banyak pengikut.

Rajin upload foto atau pun video lebih baik daripada membeli follower menggunakan aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya. Mereka yang mengikuti akun kita juga pasti orang asli alias bukan robot. Jadi, bagus untuk bisnis kita.

Coba bayangkan kalau yang follow akun Instagram kita itu robot, pasti yang memberi like sedikit atau bahkan tidak ada. Jika hal ini kita lakukan secara terus menerus maka, bisa jadi akun IG kita kena banned atau di blokir.

A. Akibat Memakai Jasa Penambah Follower Pasif

Apakah teman-teman pernah memakai jasa penambah follower Instagram? Bagaimana hasilnya, pasti kurang menyenangkan bukan? Kami berani jamin kalau pengikut tersebut terus berkurang alias tidak permanen.

Bahkan, ada penjual yang tidak bertanggung jawab dengan cara blokir nomor kita. Hal-hal inilah yang mesti kita hindari bersama, jangan sampai tergiur dengan cara cepat dan harga murah, tetapi menimbulkan kerugian bagi kita.

Mungkin pada awalnya, jumlah follower yang masuk banyak namun lama kelamaan turun dan menjadi seperti semula. Tentu kejadian semacam ini tidak sesuai dengan harapan dan tujuan kita, yaitu punya banyak followers.

Berikut ini, efek negatif dari penggunaan aplikasi pihak ketiga atau penambah follower Instagram antara lain:

  • Resiko akun terkena banned permanen atau sementara.
  • Mungkin bisa kena shadow banned.
  • Jumlah interaksi pengguna terus menurun.
  • Tidak ada yang memberi komentar, suka, dan menonton video reel kita.
  • Menurunkan minat orang-orang untuk follow, mereka cenderung berhenti mengikuti.
  • Lebih boros uang karena untuk membeli keperluan yang sebenarnya tidak penting.

B. Cara Menambah Follower IG Secara Organik

Untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan dari aktivitas membeli follower pasif seperti di atas, mending kita menggunakan cara yang aman-aman saja. Dengan begini maka akun IG milik kita lebih sehat dan anti banned.

Namun, cara berikut ini tidak instan karena kita perlu yang namanya usaha. Mulai dari rajin posting foto dan video yang bagus, konsisten dengan satu topik saja, hingga aktif memberi komentar di akun IG milik orang lain.

1. Mengangkat Topik yang Menarik

Kita awali dengan menentukan topik terlebih dahulu. Tema yang kita angkat harus bersifat unik artinya, bisa menarik perhatian penonton. Sehingga, mereka ingin mencari tahu lebih dalam tentang diri kita yang sesungguhnya.

Jika teman-teman bingung mau mengangkat topik apa, mending pakai hobi kita saja. Misalnya, kita mempunyai hobi melukis maka tinggal buat saja lukisan hasil karya sendiri kemudian, posting secara rutin di Instagram.

Contoh lain, kita punya bakat menyanyi maka tinggal buat saja video kita yang sedang bernyanyi. Sehingga, penonton akan merasa terhibur dan alhasil mereka follow akun kita. Selain bakat dan hobi, kita juga bisa menggunakan tema yang lainnya.

Usahakan isu yang diangkat tidak mengandung unsur negatif yang dapat merugikan orang lain. Pilih saja topik yang sesuai dengan bidang keahlian kita. Jadi, kita tidak merasa tertekan dan malah enjoy untuk sering bikin konten.

Baca juga = Jenis Konten Instagram Terbaik untuk Meningkatkan Engagement.

2. Mulai Upload Foto atau Video Sesuai Topik

Setelah memilih tema yang cocok, langkah selanjutnya yaitu mulai upload konten hasil buatan sendiri. Konten yang kita buat harus sesuai dengan topik yang kita pilih sebelumnya. Fokus saja pada satu pembahasan, jangan berubah-ubah.

Konten dapat berupa gambar atau video dengan durasi panjang atau pendek, sesuai dengan gaya masing-masing. Buat yang se menarik mungkin agar siapa saja yang melihatnya terpukau dan mau untuk menjadi pengikut kita.

Bagi teman-teman yang tidak mempunyai keahlian editing maka, wajib untuk belajar. Silahkan tonton tutorial cara edit video di YouTube kemudian praktik kan langsung. Terus asah kemampuan kita sampai benar-benar bisa.

Kesalahan content creator pemula adalah malas belajar dan tidak percaya dengan dirinya sendiri. Pemalu merupakan sifat yang tidak boleh di miliki oleh seorang public figure jika, ingin punya banyak follower.

3. Rajin dan Sering-sering Upload Video Reel

Saat ini, orang-orang lebih tertarik untuk menonton daripada membaca. Jadi, perbanyak jumlah video daripada foto atau gambar. Kalau bisa malah lebih baik posting video saja namun yang memiliki kualitas baik.

Kita bisa memanfaatkan aplikasi edit video seperti Canva, Cap Cut, hingga In Shot. Pilih yang menurut kita paling mudah di pakai. Kami memberi saran lebih baik gunakan Canva karena gampang dan cocok sekali untuk pemula.

Setelah membuat video maka segera untuk pos di Instagram agar follower kita tidak lama menunggu. Membiarkan mereka dalam waktu yang lama justru bisa menurunkan jumlah pengikut kita. Oleh karena itu, kita harus selalu aktif untuk pos konten secara rutin.

Sekedar tips, buatlah sebuah jadwal waktu untuk posting konten di Instagram. Dengan begitu, kita punya target dan tujuan yang jelas. Sehingga, makin besar kesempatan untuk punya banyak follower.

4. Ganti Akun IG Pribadi ke Publik

Cara menambah follower IG keempat yaitu mengubah akun privat menjadi publik atau bisnis. Sehingga, pengguna Instagram yang lain dapat mengunjungi profil kita dengan mudah. Mereka tidak perlu meminta izin dari kita supaya bisa melihat foto atau video kita.

Langkah ini harus kita lakukan khususnya bagi pemula yang belum punya banyak follower. Namun, untuk yang sudah mempunyai pengikut besar maka cara ini tidak wajib lagi. Justru sebaliknya, kita perlu private akun Instagram kita.

Berilah pengalaman terbaik kepada pengikut atau pengunjung, dengan menampilkan tayangan yang menghibur serta memberikan edukasi yang positif. Lalu, tampilkan jumlah suka dan berusaha untuk memberikan komentar yang baik.

Jika ada orang yang memberi komentar buruk atau menyakiti perasaan kita maka, kita tidak usah membalas nya. Cukup biarkan saja dan hapus komentar tersebut agar follower kita yang lain tidak membacanya.

5. Cara Menambah Follower IG dengan Pasang Iklan

Apabila cara-cara sebelumnya juga belum berhasil maka kita bisa memasang iklan di Instagram. Sehingga, akun IG milik kita dapat menjangkau lebih banyak pengguna dan pastinya makin besar follower kita.

Meskipun kita mengeluarkan modal uang namun, pasang iklan jauh lebih efektif daripada membeli pengikut Instagram pasif. Hal ini karena dengan iklan tersebut, pengguna yang berinteraksi dengan kita adalah real bukan robot.

Sehingga, mereka mau memberikan like dan menyimpan konten kita di akun pribadinya. Bukankah ini sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis seperti kita. Jadi, mereka bisa kembali lagi untuk mengunjungi profil kita di lain waktu.

Ada banyak manfaat dari penggunaan iklan di media sosial khusus bagi pemilik usaha yang baru memulai bisnisnya. Oleh karena itu, silahkan baca artikel cara memasang iklan dengan klik link di bawah ini.

Baca juga = Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Beserta Caranya.

6. Selalu Aktif Menggunakan Instagram

Tidak etis rasanya kalau menggunakan IG hanya untuk bersenang-senang saja. Setelah puas dan mencapai tujuannya kemudian, langsung berhenti dan tutup aplikasi. Padahal,  ada pengikut setia yang sedang menunggu konten-konten terbaru dari kita.

Jika sudah terjun ke dunia Instagram maka kita harus selalu aktif di dalamnya. Mulai dari memberi like, mengirim pesan, berkomentar, hingga live streaming agar pengikut dapat mendengarkan cerita kita yang baru.

7. Cara Menambah Follower IG dengan Minta Follow ke Teman

Bagi yang baru membuat akun Instagram mendingan bagikan profil kita kepada teman-teman karena biasanya mereka mau menjadi follower kita. Bahkan bisa dikatakan seratus persen mereka adalah pengikut setia kita.

Coba ajak dan minta mereka untuk follow akun kita lalu ikuti kembali akun milik mereka. Sehingga, kita berteman dengannya di Instagram. Cara ini terbukti lebih ampuh untuk meningkatkan followers IG secara permanen dan tahan lama.

8. Menghubungkan Instagram dengan Beberapa Media Sosial

Apakah teman-teman sudah tahu kalau Instagram itu bisa kita hubungkan dengan beberapa akun media sosial lain? Kalau belum, sini kami kasih tahu. Saat ini, kita bisa menghubungkan IG dengan Facebook dan WhatsApp.

Jadi, semua teman yang ada di FB bisa dengan mudah untuk follow Instagram kita. Begitu juga seterusnya dengan WA, setiap nomor telepon yang kita simpan bisa menjadi pengikut baru kita. Dengan cara ini maka, kita lebih gampang untuk memiliki banyak followers.

9. Menambahkan Deskripsi yang Sesuai Dengan Isi Konten

Kalau tadi kita sudah buat video nya maka, langkah berikutnya yaitu menambahkan deskripsi pada masing-masing konten. Contohnya, kita ingin posting video reel motivasi maka berikan deskripsi yang menjelaskan tentang motivasi tersebut.

Hindari pemberian deskripsi kosong atau tanpa keterangan apapun. Hal ini karena Instagram tidak akan merekomendasikan akun kita untuk bisa tampil di IG. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberi penjelasan setiap kali kita pos sesuatu.

Agar menjangkau lebih banyak pengguna maka jangan lupa gunakan hashtag yang relevan. Kemudian tambahkan musik yang sedang trending lalu, bagikan posting-an terbaru tersebut kepada rekan kita melalui media sosial lainnya.

10. Tetap Semangat dan Sabar

Untuk mendapatkan follower secara organik perlu kesabaran dan kerja keras. Nikmati saja prosesnya, jangan terburu-buru untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Tetap semangat dan terus berusaha membuat konten yang berkualitas.

Jika ada yang kurang maka cobalah memperbaikinya. Sehingga, makin lama kualitas konten kita terus meningkat dan berbeda daripada sebelumnya. Dengan begini, profil IG kita akan menjadi rekomendasi dan tayang di banyak akun.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara menambah follower IG secara organik atau alami. Mulai dari menentukan topik yang menarik, rajin posting video reel, pasang iklan, hingga minta teman-teman untuk follow.

Baca juga = Tips Jualan di Instagram Untuk Produk Affiliate.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top