Ide Bisnis Anak Muda, Cuma Modal HP Sama Kuota

Ide bisnis anak muda cuma modal HP sama kuota antara lain berjualan di marketplace, menjadi seorang public figure, jualan di media sosial, bisnis PPOB, menjadi penulis, dan jasa edit video. Semua ide usaha ini mudah kita lakukan dan tentunya minim modal.
Ide bisnis anak muda cuma modal HP dan Internet saja

Apakah teman-teman tahu kalau dengan HP dan kuota saja kita sudah bisa menghasilkan uang? Untuk itu, kita perlu mengembangkan ide yang bagus agar bisa memanfaatkan teknologi sebagai sumber penghasilan utama.

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, setiap orang bisa mencari informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Kita cuma buka HP dan masuk ke Google untuk mendapatkan informasi terbaru tentang peristiwa hari ini.

Lalu, bagaimana cara untuk menghasilkan uang lewat internet? Apa saja yang perlu kita lakukan dan berapa modal yang kita butuhkan? Berikut ini, kami akan menyajikan ide-ide bisnis untuk anak muda yang ingin dapat uang dari HP.

Selamat menyimak dan catat yang menurut teman-teman itu penting. Jangan hanya membaca saja, tetapi usahakan untuk praktik langsung ya? Agar semua yang sudah kita pelajari tidak sia-sia.

A. Ide Bisnis Anak Muda Cuma Pakai HP dan Kuota

HP merupakan benda yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa pegang handphone sehari saja rasanya ada yang kurang. Hal ini karena telepon genggam mempunyai banyak kegunaan dan fungsi bagi penggunanya.

Salah satu alasan seseorang menggunakan HP adalah untuk mengakses media sosial miliknya. Di sisi lain, sebagian orang menggunakan gadget untuk mendapatkan pemasukan tambahan, dengan cara mengelola bisnis online.

Perlu kita ketahui juga bahwa bisnis online ini mempunyai beberapa keuntungan dan kelemahan. Manfaat yang kita rasakan selama menjalankan bisnis online, antara lain hemat waktu, minim modal, dan gampang dikelola.

Sedangkan, untuk kelemahannya sendiri bisnis ini yaitu sedikit susah untuk mendapatkan pembeli pertama. Bahkan ada yang baru dapat pesanan setelah satu bulan memulai usaha. Kemudian ada barang yang rusak karena proses pengiriman.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa ide bisnis anak muda yang menjanjikan. Tentunya, lebih banyak untung daripada ruginya. Beserta cara pengelolaan bisnis yang baik dan benar.

1. Menjual Produk di Marketplace

Ide bisnis anak muda yang pertama yaitu berjualan produk di toko online, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Blibli. Mulailah dengan merencanakan barang apa yang akan kita tawarkan kepada konsumen.

Pastikan bahwa produk yang kita jual itu banyak peminatnya atau dicari oleh orang-orang dari semua kalangan. Untuk itu, kita perlu melakukan yang namanya riset pasar yang bertujuan untuk mengetahui minat mereka.

Hindari menjual produk yang aneh-aneh atau peminatnya sedikit karena itu akan mempersulit kita untuk mendapatkan pesanan. Kemudian, pasang harga yang terjangkau supaya kita mendapatkan banyak pembeli.

Sudah banyak anak muda Indonesia yang berhasil menjadi pengusaha sukses hanya dari berjualan online. Mereka bisa menjadi orang yang berhasil karena mampu memanfaatkan HP untuk membangun toko online nya sendiri.

2. Menjadi Artis di Media Sosial

Jika teman-teman ingin menjadi seseorang yang terkenal maka tidak ada salahnya untuk mengikuti cara berikut ini. Iya benar sekali, kita dapat menggunakan media sosial untuk menjadi seorang artis atau public figure.

Cuma modal HP dan kuota saja, kita bisa berpenghasilan banyak dengan menjadi Selebgram atau Selebriti Instagram. Mulailah untuk rajin posting foto dan video di media sosial yang unik sehingga, pengunjung tertarik dengan kita.

Buatlah konten yang profesional artinya, fokus pada satu jenis tema saja. Misalnya, kita mempunyai hobi makan maka buat foto mau pun video tentang diri kita yang sedang me-review suatu makanan dan seterusnya.

Dengan fokus pada satu topik yang sama maka, pengikut semakin antusias dengan kita. Alhasil, makin lama jumlah follower kita terus bertambah banyak. Dari sinilah kita akan mendapatkan tawaran dari klien untuk review produk mereka.

3. Ide Bisnis Anak Muda Jualan di Media Sosial

Masih banyak dari kita yang belum tahu kalau media sosial bisa kita pakai untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Cukup pakai HP sama kuota internet saja, kita sudah bisa mempunyai bisnis sendiri yaitu menjual produk di media sosial.

Produk yang kita jual tidak hanya benda yang berwujud saja, melainkan bisa jasa atau layanan tertentu. Coba teman-teman perhatikan tabel di bawah ini. Di sini tertera jenis-jenis produk yang bisa kita jual di Instagram dan Facebook.

Jenis Produk
Barang JadiJasa atau Layanan
Pakaian Kosmetik Parfum Mainan Perangkat Elektronik Buku Kerajinan TanganPembuatan Website Kursus Online Pembuatan Landing Page Jasa Pemasangan Iklan Ekspedisi Graphic Designer Photo Studio

Setelah kita menentukan produk maka langkah selanjutnya yaitu membuat sistem pembayaran. Makin banyak pilihan metode pembayaran maka semakin baik karena pembeli dapat lebih mudah untuk memesan.

Manfaatkan semua fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut untuk promosi. Sehingga, bisnis kita dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Bagi teman-teman yang ingin tahu cara memasang iklan, silahkan klik link di bawah ini.

Baca juga = Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Beserta Caranya.

4. Membuka Layanan PPOB

Sama seperti halnya dengan ide bisnis sebelumnya, membuka layanan PPOB juga hanya memerlukan HP dan paket data internet saja. Namun, kita perlu modal tambahan untuk Top Up Saldo yaitu uang dengan nominal tertentu.

Setelah mengisi saldo akun, baru kita sudah boleh untuk berjualan. Adapun produk-produk PPOB, antara lain pulsa, paket data, token listrik, uang elektronik, bayar tagihan, angsuran, pajak, asuransi, dan top up game.

Selain modal uang untuk memulai bisnis ini, kita juga perlu mempersiapkan mental dan tekad yang kuat. Kita tidak boleh malu untuk menawarkan kepada konsumen sehingga, mereka yakin untuk menggunakan jasa kita.

Kita tidak harus mengeluarkan uang yang banyak, tetapi yang kita punya sekarang saja, adanya berapa. Kalau kita hanya punya modal 100 ribu ya tidak apa-apa. Berarti usaha kita harus yang lebih banyak, yaitu promosi.

Baca juga = Cara Jualan Pulsa Untuk Mahasiswa yang Butuh Pemasukan.

5. Ide Bisnis Anak Muda Menjadi Penulis Artikel

Punya bakat menulis mending kembangkan saja karena kita bisa mendapatkan uang lewat menjual tulisan kita. Caranya juga tidak sulit karena yang penting tulisan kita asli buatan sendiri dan tentunya enak untuk dibaca.

Adapun platform yang mau membayar tulisan kita, antara lain UC News, IDN Times, Brilio, Vebma, dan Mongabay. Perlu kita pahami juga bahwa masing-masing media tersebut memberikan imbalan yang berbeda-beda.

Mulailah untuk belajar menulis yang baik dan benar. Kita bisa menonton video tentang cara membuat artikel di Youtube atau meminta bantuan kepada orang yang memang ahli di bidangnya, seperti guru bahasa Indonesia.

Perlahan tapi pasti, kita bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas sehingga layak untuk dipublikasikan pada kalangan umum. Tidak perlu membeli laptop mahal-mahal, kita cukup menulis cerita di notepad HP saja juga sudah cukup.

6. Bisnis Jasa Edit Video dan Foto Produk

Jika sebelumnya kita menggunakan media sosial untuk menjual produk kita sendiri maka, sekarang kita akan menawarkan layanan kepada calon konsumen. Jenis layanan tersebut yaitu membuka jasa editing video.

Adapun video yang dimaksud adalah membahas bisnis atau usaha milik klien. Jadi, di sini kita akan membantu mereka untuk membuat tayangan mengenai produknya sesuai dengan permintaan atau keinginannya.

Pasti teman-teman di sini bertanya, “berarti kita perlu beli kamera dulu kakak?” Jawabannya, yaitu tidak wajib karena kita bisa membuat video melalui HP saja. Yang penting kita tahu teknik-teknik pengambilan gambar yang benar.

Tidak hanya kemampuan teknis saja, kita juga perlu imajinasi dalam membuat suatu video. Tujuannya adalah untuk mempercantik dan menarik perhatian penonton agar mau membeli produk tersebut.

Alhasil, klien menyukai kinerja kita dan mau untuk membayar lebih. Bahkan, besar kemungkinan mereka akan kembali untuk memakai jasa kita lagi. Di sinilah kita akan mendapatkan uang yang banyak hanya dengan menggunakan HP saja.

B. Kesimpulan Ide Bisnis Anak Muda Hanya Modal HP dan Kuota

Untuk menghasilkan uang di zaman ini tidak terlalu sulit karena anak muda bisa memanfaatkan HP untuk sumber penghasilan mereka. Untuk memulainya tidak perlu modal uang yang banyak, melainkan hanya handphone sama kuota saja.

6 ide bisnis anak muda tersebut antara lain berjualan di marketplace, menjadi seorang public figure, jualan di media sosial, bisnis PPOB, beralih profesi sebagai penulis, dan jasa edit video. Semua ide usaha ini mudah kita lakukan dan tentunya minim modal.

Terimakasih, telah mengunjungi website Cilacap Kerja.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top