Modal Usaha Toko Kelontong di Cilacap, Kurang dari 10 Juta

Modal usaha toko kelontong kecil-kecilan di Cilacap ternyata kurang dari 10 juta rupiah. Modal yang terbatas tidak menghapus harapan kita untuk bisa punya bisnis sendiri. Dalam hal ini adalah bisnis warung kelontong.
Modal usaha toko kelontong di Cilacap

Modal usaha toko kelontong kecil-kecilan di Cilacap ternyata kurang dari 10 juta rupiah. Uang yang terbatas tidak menghapus harapan kita untuk bisa punya bisnis sendiri. Dalam hal ini adalah bisnis warung kelontong.

Manfaat menjalankan toko kelontong bagi pengusaha, antara lain menambah pendapatan keluarga, membangun aset untuk masa depan, serta membentuk jiwa entrepreneurship. Dari sini, apakah teman-teman tertarik untuk mencoba?

Sebelum memulai usaha toko kelontong alangkah baiknya, kita mempersiapkan modal terlebih dahulu. Modal ini bisa berupa uang yang berfungsi untuk membeli perlengkapan yang menunjang kelancaran bisnis kita.

Apa Saja Modal Usaha Toko Kelontong?

Pada dasarnya, toko kelontong adalah tempat yang menyediakan berbagai macam barang dagangan, seperti produk makanan dan kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Intinya, hampir mirip dengan warung sembako.

Untuk menambah wawasan teman-teman, berikut ini perbedaan antara warung sembako dengan toko kelontong yaitu:

  • Warung sembako adalah tempat yang hanya menjual bahan-bahan makanan pokok, seperti beras, tepung, gula pasir, telur, dan gandum. Sedangkan,
  • Toko kelontong yaitu warung yang menjual barang dagangan lebih lengkap termasuk sembako, produk makanan ringan, serta perlengkapan kebutuhan rumah tangga, seperti sabun mandi, pasta gigi, obat-obatan, dan rokok.

Dari pengertian toko kelontong di atas, kita sudah jauh lebih paham bahwa modal untuk membuka usaha kelontong meliputi pembelian barang dagangan serta alat dan bahan untuk jualan. Termasuk juga tempat usaha untuk berjualan.

Buat pengusaha yang memiliki modal terbatas atau kurang dari 10 juta rupiah tidak perlu bingung. Kita bisa memakai cara di bawah ini, yaitu cara mendirikan bisnis toko kelontong di Cilacap dengan modal kurang dari 10 juta rupiah saja.

Jika modal yang kita miliki sedikit maka, yang harus kita lakukan adalah menggunakan uang secara bijak dan berusaha untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Kemudian, hindari perilaku yang berisiko seperti hutang.

Menurut cilacapkerja.com, meminjam uang untuk modal usaha sangatlah berisiko apalagi yang melakukan adalah orang-orang yang belum punya pengalaman di dunia bisnis. Berani menanggung resiko memang bagus, tetapi ketahui dulu dampaknya di masa mendatang.

Modal Usaha Toko Kelontong

Modal usaha toko kelontong kecil-kecilan di rumah, antara lain:

Jenis BarangNama Produk
SembakoBeras, minyak goreng, tepung terigu, telur, gandum, gula pasir, dan garam.
Obat-obatanMinyak kayu putih, obat nyamuk, dan obat sakit ringan lainnya.
Peralatan mandiPasta gigi, sabun mandi, dan sampo.
Kebutuhan memasakBumbu dapur, dan perasa makanan
MakananMakanan kemasan, roti, biskuit, dan makanan kaleng.
MinumanAir mineral, galon, minuman kemasan botol, dan es batu.
Kebutuhan rumah tangga lainnyaGas LPG, pengharum ruangan, sabun pencuci pakaian, dan sapu.
Tabel modal usaha toko kelontong

Etalase untuk Modal Usaha Toko Kelontong

Etalase juga termasuk ke dalam modal usaha toko kelontong. Beberapa fungsi etalase yaitu sebagai tempat menyimpan barang dagangan, meletakkan produk jualan agar tertata rapi, dan untuk menarik perhatian pembeli.

Buat teman-teman yang ingin beli etalase untuk jualan, bisa pesan melalui kami ke nomor admin Cilacap Kerja (0882-3286-8029) atas nama Tegar Dwi. Kami pasti akan memberikan harga yang paling murah daripada tempat lain.

Etalase untuk jualan memiliki berbagai macam jenis dan ukuran, tergantung dengan fungsinya. Misalnya, etalase untuk jualan rokok maka, ukurannya jauh lebih kecil dan pasti harganya lebih murah, yaitu 500 ribu rupiah saja.

Tips membeli etalase untuk modal usaha toko kelontong di Cilacap, antara lain:

  • Pertama, menentukan terlebih dahulu fungsi etalase.
  • Kedua, mencari pemasok yang menyediakan barang berkualitas tetapi harga terjangkau.
  • Ketiga, datang langsung ke pembuat etalase untuk melihat proses pembuatan nya.
  • Keempat, pastikan biaya pengiriman juga sudah termasuk dengan pembelian etalase.
  • Kelima, tidak ada salahnya menanyakan garansi.

Modal Usaha Toko Kelontong yaitu Tempat Jualan

Setelah kita menyiapkan barang dagangan dan etalase maka, langkah selanjutnya adalah memilih tempat untuk jualan. Karena modal kita terbatas maka, manfaatkan saja tempat tinggal kita untuk jualan, seperti teras rumah atau garasi juga boleh.

Menggunakan area teras rumah untuk jualan merupakan salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran di awal memulai usaha toko kelontong. Mungkin penampilannya akan sedikit berbeda dengan toko kelontong pada umumnya.

Namun, kita tidak perlu merasa malu karena toko kelontong kita yang berukuran kecil. Justru kita harus bangga karena dengan modal minim, kita sudah bisa mengelola bisnis sendiri. Ingat, sukses itu perlu proses!

Berikut ini, tips mengelola bisnis warung kelontong di teras rumah agar banyak pembeli yaitu:

  1. Selalu menjaga kebersihan tempat jualan.
  2. Rajin promosi di berbagai platform media sosial.
  3. Berusaha untuk tampil beda daripada toko kelontong lainnya.
  4. Menjual produk yang banyak peminatnya.
  5. Konsisten untuk terus berjualan tanpa henti.
  6. Berikan penawaran apabila memungkinkan.

Hal yang perlu kita perhatikan dalam menjalankan bisnis kelontong adalah menjaga kebersihan area tempat jualan. Jangan sampai terlihat kotor karena dapat mengurangi minat calon konsumen. Jadi, kalau bisa bersihkan area toko sebelum dan setelah berjualan ya?

kemudian, hal yang tidak kalah pentingnya dalam bisnis kelontong adalah konsisten untuk menjual barang dagangan yang paling banyak dipesan oleh pembeli. Biasanya, pelanggan yang datang itu adalah ibu-ibu rumah tangga.

Jadi, perbanyak barang dagangan seperti beras, minyak goreng, telur, dan bahan dapur lainnya. Untuk menarik pelanggan maka kita juga bisa memberikan harga promo, seperti pemberian diskon untuk pembelian secara grosir.

Baca juga = Peluang Bisnis di Cilacap, Profit 15 Juta Per bulan.

Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong di Cilacap

Jika sebelumnya kita telah menyiapkan modal usaha toko kelontong maka, sekarang kita akan membahas mengenai cara memulainya. Dengan begini, teman-teman makin mengerti tentang cara mengelola bisnis kelontong yang baik dan benar.

Silahkan catat informasi-informasi yang penting di bawah ini dan jangan lupa untuk share ke rekan-rekan yang membutuhkan. Berikut ini, langkah-langkah memulai bisnis toko kelontong di area Cilacap yang benar antara lain:

1. Melakukan Perencanaan

Langkah awal memulai usaha toko kelontong adalah melakukan perencanaan. Kegiatan persiapan ini meliputi perhitungan modal, penentuan produk yang akan dijual, mencari pemasok, dan menentukan ukuran usaha.

Menghitung modal sudah kami jelaskan di atas, teman-teman tinggal ikuti saja langkah-langkahnya. Lalu, untuk mencari supplier yang baik adalah dengan memilih barang yang berkualitas dan tentunya harga juga lebih murah.

2. Memulai Usaha

Tahap selanjutnya adalah mulai untuk berjualan. Jika teman-teman membuka usaha kelontong kecil-kecilan di rumah maka, cobalah untuk menawarkan kepada tetangga atau orang-orang di sekitar tempat tinggal kita.

Namun, apabila kita membuka warung kelontong di tepi jalan umum maka, cobalah untuk memasang baliho yang besar di depan toko. Sehingga, orang-orang yang lewat akan melihat toko kelontong kita dan tertarik untuk membeli.

3. Menerapkan Strategi Pemasaran

Supaya dagangan makin laris maka penjual perlu melakukan promosi. Tujuan penawaran adalah untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk sehingga, secara langsung akan menambah sumber pendapatan bisnis.

Kita dapat memanfaatkan media sosial untuk promosi. Namun, jika tidak ingin repot-repot maka kita juga bisa memberi harga grosir pada produk jualan kita. Sehingga, konsumen akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

4. Melakukan Evaluasi

Tahap terakhir cara memulai usaha kelontong kecil-kecilan di Cilacap adalah dengan melakukan evaluasi. Fungsi kegiatan evaluasi adalah untuk mengukur sudah sejauh mana bisnis kita berjalan serta bertujuan untuk mengambil keputusan.

Keputusan tersebut tentunya berpengaruh terhadap masa depan usaha kelontong kita. Oleh karena itu, lakukan evaluasi dengan sebaik-baiknya. Teruslah melangkah dan jangan mudah putus asa, tetap semangat untuk semuanya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai modal usaha toko kelontong di Cilacap, kurang dari 10 juta rupiah. Apabila ada pertanyaan, silahkan beri komentar di kolom yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top