Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Produktif

Motivasi menjadi pengusaha sukses di usia produktif adalah ingin mempunyai aset yang banyak di masa depan. Aset memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari tanah, properti, saham, dan emas.
Motivasi menjadi pengusaha sukses di usia produktif

Membahas tentang bisnis memang tidak ada habisnya terutama, bagi pengusaha yang sedang mencari motivasi untuk mengembangkan usahanya. Sebenarnya, apa yang menjadi motivasi seseorang untuk memulai bisnis?

Ada satu alasan mengapa kita berani mengambil resiko untuk menjadi seorang pengusaha, yaitu ingin bisa sukses. Arti kata sukses bagi setiap orang berbeda-beda. Mungkin ada yang bilang sukses itu punya banyak uang dan lain sebagainya.

Apakah sobat tahu kalau usaha itu tidak sepenuhnya bertujuan untuk mendapatkan uang, namun lebih daripada itu. Jika kita bertanya kepada mereka yang sudah berhasil maka kebanyakan akan menjawab, “saya ingin memberi motivasi kepada orang lain”.

Pernyataan itu mengandung makna bahwa pengusaha sukses tidak ingin dirinya saja yang berhasil, tetapi orang lain juga pasti bisa mengikutinya. Jadi, kami akan memberikan motivasi kepada saudara agar semakin semangat dalam menjalankan bisnis.

A. Manfaat dan Tujuan Motivasi Menjadi Pengusaha

Mengapa pengusaha membutuhkan motivasi? Tujuannya yaitu untuk mendorong semangat kita agar semakin giat dalam berbisnis dan menciptakan kreativitas serta inovasi. Sehingga, bisnis yang sedang kita kelola dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Pengertian motivasi itu sendiri adalah hal-hal yang meng inspirasi seseorang untuk dapat melakukan sesuatu, baik dalam bentuk tindakan atau kalimat. Sehingga, kita yang menerima akan merasa kuat dan bisa melakukan hal yang lebih baik lagi.

Di usia kita yang produktif sekarang ini, membuat kita harus lebih banyak bertindak daripada mengamati saja. Membiasakan diri untuk bekerja lebih baik, ketimbang menyuruh orang lain untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan keinginan kita.

Berikut ini, motivasi menjadi pengusaha sukses yaitu:

  1. Ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang.
  2. Mempunyai kreativitas untuk di kembangkan.
  3. Mandiri dengan tidak mengandalkan orang lain.
  4. Ada impian yang ingin kita gapai (rumah, penghasilan, keluarga, bisnis yang berkembang).
  5. Membuat orang tua merasa bangga.
  6. Memberi manfaat bagi lingkungan, tempat kita tinggal.
  7. Ingin memperbaiki kondisi keuangan.
  8. Membuat hidup lebih bermakna sehingga, punya cerita yang membanggakan.
  9. menambah pengalaman yang berharga.
  10. Sebagai aset di masa depan.

Itulah sepuluh faktor yang mendorong orang-orang untuk mau menjadi pengusaha sukses. Memang pada perjalanannya tidak mulus seperti yang kita bayangkan. Namun, setiap dari kita pasti berusaha untuk mencari solusi yang terbaik.

Baca juga = Ciri-Ciri Pengusaha Sukses yang Patut Kita Contoh.

1. Ingin Meng-inspirasi Banyak Orang

Motivasi menjadi pengusaha yang pertama yaitu ingin memberikan edukasi serta mendukung orang-orang yang baru memulai bisnis. Tujuan ini tentunya cocok bagi kita yang sudah lebih dulu mengelola usaha dan sudah sukses.

Kita tidak boleh bersikap sombong dengan hanya mementingkan kepentingan sendiri. Lebih baik bagikan pengetahuan yang kita miliki kepada saudara kita yang sedang merintis usahanya. Berilah dukungan dalam segala hal.

2. Memiliki kreativitas untuk dikembangkan

Setiap pengusaha pasti mempunyai ide-ide atau gagasan yang menarik. Hal inilah yang mendorong kita untuk bisa mewujudkan ide tersebut dan kemudian berusaha untuk mengembangkannya agar menjadi kenyataan.

Tanpa kreativitas dan inovasi maka mustahil untuk bisa sukses. Oleh karena itu, pengusaha harus lebih aktif dalam mengembangkan usahanya yang menurut orang-orang tidak mungkin bisa tercapai. Jadi, kita mesti percaya dengan diri sendiri.

3. Mandiri dan Tidak Bergantung Kepada Orang Lain

Motivasi menjadi pengusaha berikutnya yaitu ingin hidup mandiri dengan mengandalkan kemampuan nya sendiri. Sehingga, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai target dengan cara yang kita senangi.

Bukannya kita tidak suka bekerja di perusahaan apalagi yang gajinya besar, tetapi kita lebih senang dengan bisnis yang dikelola secara mandiri. Kita mempunyai prinsip bahwa berbisnis itu sama saja ketika kita bekerja di tempat lain.

4. Ingin Mewujudkan Impian yang Besar

Apa yang menjadi motivasi teman-teman, selama menjalani bisnis ini? Jawabannya adalah ingin meraih impian yang belum terwujud. Berikut ini, yang menjadi mimpi pengusaha sukses antara lain:

  • Punya tempat usaha milik pribadi.
  • Merekrut banyak tenaga kerja.
  • Bisnis terus berkembang dan mengalami kemajuan.

Selain ketiga mimpi di atas, pasti kita juga menginginkan hal yang lain. Contohnya, mempunyai rumah yang nyaman, memiliki keluarga yang harmonis, penghasilan terus bertambah, dan bisa membangun usahanya agar lebih besar lagi.

5. Motivasi Menjadi Pengusaha agar Orang Tua Merasa Bangga

Tujuan pengusaha mendirikan bisnis adalah untuk membuat kedua orang tuanya merasa bangga. Kita semua percaya bahwa kesuksesan tidak hanya diraih dengan bekerja di perusahaan saja, tetapi bisa dengan berbisnis secara mandiri.

Dengan begini, orang tua akan merasa senang sekaligus bangga dengan kita. Mereka tidak percaya kalau kita bisa mempunyai bisnis sendiri yang pada awalnya tidak mungkin bisa tercapai. Bagaimana dengan tujuan teman-teman, silahkan sharing di kolom komentar ya?

6. Memberi Kontribusi Terhadap Lingkungan

Motivasi menjadi pengusaha yaitu ingin memberi kontribusi kepada masyarakat di tempat tinggalnya. Kita ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya, bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.

Tidak hanya membuka lapangan pekerjaan baru saja, tetapi kita juga berharap dapat mengubah cara pandang orang-orang yang sebelumnya hanya tahu bekerja, menjadi wirausaha. Jadi, mengurangi jumlah pengangguran.

7. Memperbaiki Kondisi Ekonomi Keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa alasan seseorang untuk memulai usaha adalah ingin mempunyai pendapatan yang stabil. Namun, perlu kami informasi kan bahwa untuk bisa menjadi pengusaha sukses itu butuh proses yang tidak instan.

Jika ingin bisnis berkembang maka, kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Pertahankan yang sudah kita miliki sambil terus kreasi lebih banyak lagi supaya impian kita untuk mempunyai penghasilan tambahan bisa terwujud.

8. Ingin Membuat Hidup Lebih Terkesan Positif

Jika teman-teman sudah mempunyai keluarga pasti ingin menceritakan pengalaman yang baik kepada anak-anak kita. Sehingga, mereka dapat terdorong untuk melakukan hal yang sama, atau lebih dari yang kita lakukan.

Buatlah cerita yang membanggakan tentunya dengan cara berbisnis seperti ini. Mulailah dengan mencatat segala hal yang kita lalui selama menjalani bisnis ini di notebook. Sehingga, di waktu yang akan datang, kita bisa membaca kembali catatan tersebut.

9. Motivasi Menjadi Pengusaha Untuk Menambah Pengalaman

Pengalaman sebagai karyawan dengan pengusaha pasti akan berbeda sekali. Jika kita menjadi karyawan tentunya, akan menghadapi masalah yang sama, tetapi berbeda dengan kita yang bekerja sebagai pebisnis.

Letak perbedaan itu bisa kita lihat dari seberapa besar masalah yang kita hadapi. Kami berani jamin kalau masalah yang dihadapi oleh seorang entrepreneur lebih banyak daripada karyawan biasa. Hal inilah yang patut kita bangga kan.

Jadilah pengusaha yang tidak takut menghadapi masalah, justru berani untuk menanggung resiko demi kemajuan bisnisnya. Berusahalah untuk menemukan solusi daripada mencari kesalahan-kesalahan yang ada.

Setelah kita berhasil melewati segala rintangan dalam berbisnis maka, jadikan hal itu sebagai pengalaman. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru yang paling berharga karena tanpa nya, kita tidak bisa menjadi orang yang berhasil seperti sekarang ini.

10. Menciptakan Aset Untuk Masa Depan

Motivasi menjadi pengusaha sukses di usia produktif yang terakhir adalah ingin mempunyai aset yang banyak di masa depan. Aset memiliki bentuk yang bermacam-macam, mulai dari tanah, properti, saham, dan emas.

Setiap dari kita tentunya ingin memiliki aset yang besar dan beragam. Tujuannya adalah untuk menjamin kesejahteraan hidup keluarga kita di masa mendatang. Jadi, kita tidak bingung lagi untuk mencari-cari pemasukan lagi.

Itulah sepuluh motivasi menjadi pengusaha sukses di usia muda. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua semakin semangat dalam menjalankan bisnis hingga, menjadi seorang pengusaha sukses yang meng-inspirasi banyak orang.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, Cilacap Kerja.com. Apabila teman-teman ingin membaca informasi lainnya terkait motivasi bisnis, silahkan baca artikel di bawah ini.

Baca juga = Standar Sukses Orang Indonesia, Bagaimana Dengan Anda?

Baca juga = Workshop Tugas Universitas Terbuka, Mahasiswa Wajib Ikut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top