Penyebab Bisnis Online Gagal, Seller Kurang Ilmu!

Penyebab bisnis online yaitu yaitu karena pengusaha tidak mempunyai wawasan tentang bisnis yang cukup.
Penyebab bisnis online gagal berkembang

Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan pebisnis online mengalami kegagalan? Menurut kami, hal-hal yang memengaruhi bisnis sulit berkembang yaitu karena pengusaha tidak mempunyai wawasan tentang bisnis yang cukup.

Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan bekal yaitu belajar tentang cara berdagang yang baik dan benar. Sehingga, bisnis online yang sedang kita kelola saat ini dapat tumbuh dengan pesat serta menghasilkan keuntungan.

Jika kita mengalami salah satu dari peristiwa di bawah ini, itu artinya kita memiliki peluang untuk gagal. Namun, kita tidak perlu khawatir karena kami juga akan memberikan solusi yang terbaik untuk mencegah bisnis online gagal.

A. Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal dan Solusi yang Tepat

Beberapa seller mengungkapkan bahwa mengelola bisnis secara daring mempunyai tantangan tersendiri. Hal ini sangat berbeda ketika kita menjalankan bisnis secara tradisional. Perbedaan inilah yang memunculkan masalah baru.

Contoh kasus, muncul masalah yaitu pelanggan kesal lantaran barang yang dia pesan tidak sesuai dengan keinginan. Alhasil, dia memberikan rating buruk di toko online milik kita. Peristiwa semacam ini tentunya akan mengurangi minat calon konsumen baru untuk membeli.

Jika masalah tersebut tidak segera kita tangani maka, akan berakibat buruk bagi perkembangan bisnis online kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa saja penyebab bisnis online gagal, berikut penjelasannya.

1. Seller Tidak Memahami Ilmu Bisnis

Faktor utama yang menyebabkan usaha kita tidak berhasil yaitu karena kita tidak mempunyai informasi tentang cara menjalankan bisnis online yang benar. Jadi, kita memulai usaha dengan asal-asalan alias tidak punya tujuan yang pasti.
Gambar seller gagal karena wawasan tentang bisnis yang kurang

Faktor utama yang menyebabkan usaha kita tidak berhasil yaitu karena kita tidak mempunyai informasi tentang cara menjalankan bisnis online yang benar. Jadi, kita memulai usaha dengan asal-asalan alias tidak punya tujuan yang pasti.

Mengapa kita mesti belajar dahulu sebelum memulai usaha? Jawabannya adalah agar kita mengerti tentang cara mengelola dan mengatur bisnis yang baik dan benar. Sehingga, usaha kita saat ini dapat berkembang.

Latar belakang seller rupanya dapat memengaruhi keberhasilan bisnis. Pernyataan tersebut sangat tepat karena pengusaha yang sudah dibekali dengan ilmu, cenderung lebih aktif dalam mengikuti perubahan pasar.

2. Penyebab Bisnis Online Gagal Karena Kurang Pengalaman

Bisnis juga membutuhkan yang namanya Pengalaman. Fungsi dari pengalaman itu sendiri adalah agar kita tidak mudah putus asa ketika sedang menghadapi suatu masalah dalam bisnis.
Gambar seller yang tidak punya pengalaman

Sama seperti halnya kita ketika melamar pekerjaan, bisnis juga membutuhkan yang namanya pengalaman. Fungsi dari pengalaman itu sendiri adalah agar kita tidak mudah putus asa ketika sedang menghadapi suatu masalah dalam bisnis.

Perlu kita pahami di sini bahwa yang namanya usaha itu perlu waktu untuk bisa sukses. Tidak semua yang kita harapkan dapat langsung terwujud dalam sekejap mata, tetapi perlu pengorbanan baik tenaga, waktu, hingga uang.

Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa pengetahuan dan pengalaman menjadi satu kesatuan penting yang tidak terpisahkan. Jadi, kami sarankan untuk banyak-banyak belajar dan membekali diri kita tentang ilmu bisnis.

Baca juga = Artikel Informasi tentang Bisnis oleh Cilacap Kerja.

3. Lalai Terhadap Masalah Kecil

Kita sebagai pengusaha tidak boleh menyepelekan masalah, baik kecil, sedang, maupun besar. Perilaku yang menganggap enteng suatu masalah rupanya dapat mengganggu kelancaran bisnis akibatnya, bisnis sulit maju.

Contoh cerita, di sini saya sedang mengelola bisnis online di marketplace. Produk yang saya jual yaitu pakaian. Dalam perjalanannya, saya mendapatkan banyak pesanan dari pembeli akibatnya, banyak pesanan yang belum saya proses.

Saya menganggap bahwa mengirimkan pesanan telat 2 hari tidak apa-apa karena menurut saya itu adalah hal yang wajar. Padahal bagi kami, perilaku yang menunda-nunda pekerjaan tersebut dapat berdampak buruk bagi bisnis.

Jika kita sering melakukan hal tersebut tentunya, pihak dari customer akan marah karena barang yang ia beli belum sampai-sampai juga. Akibatnya, dia akan membatalkan pesanan tersebut dan kita tidak jadi untung.

4. Penjual Tidak Ramah Kepada Pembeli

Meskipun jualan online tidak mengharuskan penjual untuk bertemu langsung dengan pembeli. Namun, kenyataan tersebut tidak boleh kita hiraukan. Justru, kita sebagai penjual harus lebih aktif dalam melayani pelanggan.

Dalam berbisnis, pengusaha harus mementingkan kebutuhan konsumen atau klien. Jangan bertindak semaunya sendiri dan tidak ramah kepada pelanggan. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan mereka terhadap bisnis kita.

Solusi untuk menanggapi persoalan ini yaitu pebisnis online harus menjalin komunikasi yang baik dengan customer. Caranya bisa dengan cepat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari mereka dan lain-lain.

5. Penyebab Bisnis Online Gagal Karena Kurang Modal

Hasil dari kegiatan bisnis ada dua macam yaitu berhasil atau gagal. Pengusaha yang berpengalaman ketika mengalami kesulitan pasti akan tetap berusaha untuk mencari solusi misalnya, dengan mencari modal usaha.

Fungsi modal dalam bisnis yaitu untuk memperlancar kegiatan suatu usaha, seperti membeli bahan baku, biaya produksi, hingga upah tenaga kerja. Dalam bisnis online, modal sangat dibutuhkan agar usahanya terus berjalan.

Coba bayangkan kalau modal yang kita punya habis dan banyak karyawan yang belum kita gaji. Dalam kondisi tersebut, pengusaha mempunyai dua pilihan yaitu menghentikan usahanya atau tetap melanjutkan tetapi hutang ke Bank.

6. Perilaku Seller yang Tidak Mendukung untuk Berbisnis

Karakter wirausaha yang boros akan membuat suatu bisnis sulit maju bahkan, bangkrut. Menggunakan uang untuk membeli barang yang tidak perlu merupakan sikap yang dapat memengaruhi kelancaran dan kemajuan bisnis.

Sering memakai modal usaha untuk kebutuhan pribadi, telat membayar tagihan listrik, tidak berinvestasi, dan menunda gaji karyawan akan membuat bisnis kita bangkrut. Maka dari itu, kita perlu menghindari perilaku negatif tersebut.

Cara terhindar dari sikap boros yaitu dengan rajin menabung, melunasi tagihan tepat waktu, serta membagi uang antara untuk modal usaha dengan keluarga. Kita juga bisa menerapkan perilaku positif seperti artikel di bawah ini.

Baca juga = Ciri-Ciri Wirausaha yang Berhasil dalam Mengembangkan Bisnisnya.

7. Bangga dengan Hasil yang Sementara

Sebenarnya tidak ada yang salah jika pengusaha merasa bangga dengan hasil yang mereka capai. Namun, akan memberikan efek negatif apabila pengusaha tersebut terlalu lama merayakan keberhasilan nya saat ini.

Bahkan, ada yang sampai mengadakan pesta besar untuk memperingati kesuksesan nya dan melupakan bisnis yang sedang dijalaninya. Padahal, hasil yang kita peroleh saat ini bersifat sementara saja dan bisa berubah dengan cepat.

Kami menyarankan kepada teman-teman untuk tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang didapat saat ini. Teruslah bekerja keras dan jangan lupa untuk berinvestasi. Merasa bangga boleh-boleh saja tetapi jangan terlalu lama.

8. Tidak Melakukan Perencanaan Bisnis dengan Benar

Pengusaha dalam memulai bisnis ada dua macam yaitu langsung tanpa perencanaan dan ada yang mempersiapkan nya terlebih dahulu. Menurut kami, jika teman-teman ingin fokus jualan online maka perlu yang namanya persiapan.

Namun, perlu kita perhatikan bahwa modal bukanlah hal yang menjadi patokan untuk memulai bisnis online. Hal ini karena kita dapat berjualan tanpa modal sedikitpun, yaitu dengan sistem dropship dan reseller.

Pebisnis online yang memulai jualan tanpa rencana yang matang memiliki peluang untuk gagal. Ya iya jelas saja karena mereka tidak tahu langkah apa yang harus di lakukan setelah ini. Jadi, mereka akan bekerja dengan mengikuti intuisi nya saja.

Padahal, yang namanya bisnis online perlu perencanaan yang matang meliputi penentuan target pasar, pembuatan toko online, pemilihan produk, persiapan pengiriman barang, dan pengemasan. Semua hal itu tidak boleh ter lewatkan.

9. Penyebab Bisnis Online Gagal Karena Menjual Produk yang Sepi Peminat

Inilah salah satu fungsi dari perencanaan bisnis yaitu membantu memilih produk yang tepat untuk kita jual kepada customer. Kesalahan paling fatal yang dilakukan oleh pedagang yaitu menjual barang yang tidak ada pembelinya.

Maksudnya, barang tersebut tidak dibutuhkan oleh pelanggan atau ada tetapi jumlahnya sangat sedikit. Hal ini tentu berpengaruh terhadap persentase penjualan sehingga, pebisnis online sulit untuk mendapatkan keuntungan.

Jika teman-teman ingin memilih produk yang tepat untuk di jual maka, perlu melakukan usaha yang namanya menganalisis SWOT. Silahkan baca dan pahami artikel tentang cara melakukan analisis SWOT, di bawah ini.

Baca juga = SWOT Analysis Penting Menurut Mahasiswa Manajemen.

10. Pelit Berbagi Pengalaman

Penyebab bisnis online gagal yang terakhir yaitu tidak mau atau sungkan untuk berbagi kesuksesan nya. Mereka menyimpan informasi bisnis untuk dirinya sendiri, tanpa peduli dengan orang lain khususnya pengusaha pemula.

Sombong memiliki dua pengertian yaitu tidak mau berbagi cerita dengan orang lain dan memamerkan hasil yang mereka dapatkan. Perilaku negatif tersebut dapat membuat bisnis yang sedang naik daun, menjadi jatuh atau bangkrut.

Oleh karena itu, kita sebagai pengusaha tidak boleh bersikap sombong. Kita juga perlu melakukan hal yang lain seperti banyak-banyak belajar, rajin menabung, konsisten dengan prosedur, dan berusaha untuk mencari solusi di setiap masalah.

Itulah penjelasan mengenai beberapa faktor yang mendorong bisnis online gagal. Kita sebagai pengusaha tentunya menginginkan keberhasilan sebagai tujuan utama kita dalam menjalankan bisnis. Terimakasih dan sampai jumpa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top