Tanggung Jawab Tenaga Penjualan di Dalam Perusahaan

Tanggung jawab tenaga penjualan meliputi penawaran produk kepada konsumen, memberi informasi, hingga menjadi konsultan di lapangan. Tenaga penjualan bisa kita sebut sebagai sales atau seseorang yang melakukan promosi.
Tanggung jawab tenaga penjualan

Tanggung jawab tenaga penjualan meliputi penawaran produk kepada konsumen, memberi informasi, hingga menjadi konsultan di lapangan. Tenaga penjualan bisa kita sebut sebagai sales atau seseorang yang melakukan promosi.

Kegiatan promosi menjadi ujung tombak kemajuan bisnis karena pada tahap ini, suatu perusahaan akan memperoleh profit untuk mengembangkan usahanya. Jadi, mulai sekarang kita tidak boleh meremehkan profesi yang satu ini.

Perlu kita ketahui juga bahwa tenaga penjualan merupakan pekerja yang menjalankan kegiatan pemasaran. Pengertian pemasaran itu sendiri sangat kompleks dan beragam namun, pada intinya sama yaitu menjual produk kepada konsumen.

Tanggung Jawab Tenaga Penjualan di Perusahaan

Tenaga penjualan (salesman) memiliki beberapa tanggung jawab yang harus di jalankan apabila perusahaan ingin mencapai tujuannya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dari perusahaan kepada tenaga penjualannya.

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu konsep pemasaran sebagai pengetahuan dasar bagi seorang sales. Pemasaran adalah penentuan harga, promosi, dan distribusi produk untuk penjualan yang dapat memenuhi tujuan perusahaan.

Dari definisi pemasaran di atas, kita sekarang paham bahwa yang namanya tenaga penjualan memiliki fungsi sebagai tim pemasaran (marketing). Kelompok kerja penjualan mempunyai peran yang besar terhadap kemajuan perusahaan.

1. Aktif Melakukan Kegiatan Promosi

Salah satu tanggung jawab tenaga penjualan adalah berperan aktif dalam kegiatan promosi. Tujuannya adalah untuk memasarkan produk dari perusahaan kepada calon konsumen dengan menerapkan strategi marketing.

Biasanya, tenaga penjualan akan melakukan beberapa persiapan sebelum menjalankan promosi. Persiapan kegiatan promosi, antara lain menetapkan target pasar, menyusun strategi, menghitung modal, serta menguasai informasi mengenai produk.

2. Membangun Komunikasi dengan Konsumen Hingga Purna Jual

Tanggung jawab tenaga pemasaran yaitu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dari awal terjalin komunikasi hingga purna jual. Maksud dari purna jual di sini adalah komunikasi tidak sebatas saat jual beli saja, tetapi terus berlanjut setelah pembelian.

Dengan memberikan pelayan pasca penjualan maka konsumen semakin tertarik dengan bisnis kita. Sehingga, mendorong konsumen lama untuk kembali lagi melakukan pembelian di waktu yang akan datang.

Baca juga = Cara Menghadapi Pembeli Agresif biar Jadi Langganan.

3. Tanggung Jawab Tenaga Penjualan Sebagai Konsultan

Seorang sales harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli. Hal ini bertujuan untuk memenuhi keinginan konsumen mengenai keunggulan fungsi produk. Sehingga dengan menjadi konsultan yang baik maka, akan terjadi pembelian.

Berusahalah untuk memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan konsumen. Sampaikan jawaban dengan padat, singkat, dan jelas. Hindari menyampaikan jawaban secara berbelit-belit atau berulang-ulang.

4. Tanggung Jawab Tenaga Penjualan Harus Fokus Melayani Konsumen

Konsumen adalah sumber penghasilan perusahaan jadi, salesman harus bisa melayani mereka dengan baik. Tenaga penjualan harus fokus untuk melayani pelanggan dengan standar pelayanan yang berlaku di perusahaan.

Penyampaian informasi dengan menggunakan bahasa yang baik akan menciptakan interaksi jual beli yang efektif. Sehingga, terbangun komunikasi yang baik antara sales dengan pembeli. Kemudian, minat konsumen untuk membeli juga semakin meningkat.

5. Tanggung Jawab Tenaga Penjualan Menjelaskan Informasi Produk

Masih di dalam kegiatan promosi, seorang sales bertugas untuk menyampaikan informasi mengenai fungsi produk kepada calon konsumen. Tujuan pemberian informasi adalah untuk menambah pemahaman konsumen tentang produk tersebut.

Berilah penjelasan mengenai produk, baik barang maupun jasa kepada calon konsumen dengan kriteria berikut ini:

  1. Menyampaikan fungsi produk secara detail.
  2. Memberikan informasi tentang cara pemakaian produk dan perawatan nya.
  3. Beritahu kepada konsumen tentang garansi dan tempat perbaikannya.
  4. Menjelaskan keunggulan dan kekurangan produk.

Dengan memberikan informasi mengenai produk secara jelas maka, konsumen akan semakin yakin untuk melakukan pembelian. Di tambah lagi dengan pemberian potongan harga yang menarik kepada calon konsumen tersebut.

6. Memberikan Stimulan Perhitungan Biaya

Seorang sales sudah selayaknya mengetahui seluruh harga dari produk yang sedang ditawarkan. Jadi, jika ada pelanggan yang bertanya mengenai berapa total biaya yang harus dikeluarkan maka, sales dapat menghitungnya dengan benar.

Memberikan perhitungan biaya kepada konsumen akan memudahkan mereka dalam merencanakan pembelian. Di sini, kita harus pandai berhitung dan menjamin bahwa perhitungan yang kita buat sudah tepat.

7. Membuat Laporan Penjualan

Pengalaman saya sebagai tenaga penjualan (sales) adalah membuat laporan penjualan dan mengirimkannya kepada pusat. Membuat laporan penjualan bertujuan untuk menghitung jumlah transaksi dan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan.

Berdasarkan laporan penjualan tersebut, manajer pemasaran dapat mengambil keputusan secara bijak mengenai produk yang paling banyak peminatnya dan jarang dibeli. Sehingga, proses produksi dapat berjalan secara efektif.

8. Menjamin Keamanan Produk

Sebagai karyawan yang bertanggung jawab di lapangan maka, tenaga penjualan wajib menjamin keamanan produk tersebut. Sales harus mengerti tentang bagaimana caranya agar produk yang dia bawa tetap aman sampai ke tangan pembeli.

Menjaga produk tetap aman merupakan hal yang cukup penting karena produk yang rusak tidak akan bisa diterima oleh pembeli. Jadi, kita mesti berhati-hati dalam mengirimkan barang kepada konsumen agar transaksi berjalan lancar.

9. Tenaga Penjualan Merangkap Sebagai Customer Service

Konsumen melakukan transaksi pembelian melalui tenaga penjualan maka, bisa kita pastikan jika barang yang mereka beli rusak maka pihak pertama yang akan dihubungi adalah sales. Oleh karena itu, sales akan merangkap pekerjaan sebagai CS.

Tim pemasaran harus mampu mengendalikan situasi dan jangan sampai terbawa emosi karena komplain dari pelanggan. Kita mesti mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan dengan pelanggan.

Kemampuan Tenaga Penjualan (Sales)

Untuk mendukung kelancaran kegiatan promosi maka, sales perlu memiliki beberapa keterampilan umum. Kemampuan sales harus terus dikembangkan untuk mendorong kemajuan perusahaan serta demi meningkatkan transaksi penjualan.

Berikut ini, kemampuan tenaga penjualan yang harus dikembangkan yaitu:

  • Keterampilan komunikasi
  • Kreatifitas dalam bekerja dan terus berinovasi
  • Kemampuan riset pasar
  • Keterampilan analisis peluang dan kesempatan
  • Kemampuan negosiasi atau personality
  • Penggunaan bahasa asing

Sebagai karyawan yang bertanggung jawab dalam kegiatan pemasaran maka, sales harus mampu berkomunikasi dengan baik. Artinya, dapat berbicara dengan lancar dan tanggap memberikan penjelasan ketika ada konsumen yang bertanya.

Sales perusahaan juga wajib memiliki keterampilan analisis dan riset pasar yang baik. Tujuannya adalah untuk menetapkan target pasar yang akan mereka masuki dan menghemat biaya pemasaran agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Menguasai bahasa asing juga menjadi nilai tambah bagi seorang tenaga penjualan karena dapat membantu kita ketika menghadapi konsumen dari luar negeri. Kemudian ada keterampilan negosiasi yang baik untuk menciptakan peluang.

Itulah pembahasan lengkap mengenai tanggung jawab tenaga penjualan terhadap kemajuan perusahaan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberi manfaat bagi kita semuanya khususnya, Anda sebagai sales.

Silahkan baca artikel tentang bisnis terlengkap dan tepercaya di website Cilacap Kerja. Sampai jumpa dan terimakasih.

Baca juga = Bisnis Modal 10 Juta Untung Besar di Cilacap.

Baca juga = 10 Mindset Pengusaha Pemula Jika Ingin Sukses.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top