Tips Jualan di Instagram Untuk Produk Affiliate

Menjual produk affiliate di Instagram jauh lebih mudah dan menguntungkan. Hal ini karena semua fitur di aplikasi IG sangat lengkap yang berfungsi sebagai media bisnis. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips jualan di Instagram yang baik dan benar.
Tips jualan di Instagram untuk produk affiliate

Produk affiliate adalah barang serta layanan yang berasal dari luar, alias bukan hasil produksi sendiri. Jadi, kita hanya membantu menawarkan produk tersebut kepada calon konsumen dengan mengharapkan komisi tambahan.

Oleh karena itu, kita sebagai penjual perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Sehingga, produk dapat terjual pada target pasar yang tepat. Salah satu caranya yaitu dengan berjualan di Instagram.

Menurut pengalaman dari beberapa seller, menjual produk affiliate di Instagram jauh lebih mudah dan menguntungkan. Hal ini karena semua fitur di aplikasi IG sangat lengkap yang berfungsi sebagai media bisnis.

A. Tujuan Pebisnis Mengikuti Program Affiliate

Beberapa aplikasi marketplace yang menawarkan program affiliate yaitu Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Masing-masing dari toko online tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan nya sendiri untuk para penggunanya.

Kelebihan dan kelemahan pada masing-masing marketplace tersebut dapat memengaruhi seseorang untuk memilih aplikasi yang diinginkan. Contohnya, saya memilih Shopee karena lebih lengkap fitur nya dan ada komisi ekstra.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mendaftar sebagai affiliator di berbagai platform marketplace. Adapun tujuan seseorang bergabung ke dalam bisnis afiliasi bermacam-macam, berikut penjelasannya:

  • Ingin mendapatkan pemasukan tambahan
  • Belajar mengelola bisnis dari nol sampai berhasil
  • Mengisi waktu luang dengan berjualan
  • Menghindari perilaku boros dan ingin mempunyai tabungan
  • Biar bisa jalan-jalan ke luar negeri
  • Mendorong orang lain agar bisa sukses seperti kita

Kemudian, tujuan lain dari menjual produk affiliate yaitu karena ingin membuat akun media sosial khusus untuk bisnis. Jadi, kita dapat menjalankan bisnis sendiri di Instagram dan menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga = Cara Memulai Bisnis Afiliasi Shopee dan Manfaatnya.

B. Manfaat Jualan di Instagram Bagi Para Affiliator

Setiap pengusaha tentunya menginginkan keuntungan, bukan kerugian. Manfaat yang bisa kita peroleh dari berjualan menggunakan Instagram yaitu mendapatkan banyak pesanan, tidak ada biaya pajak, dan pembeli datang dari mana saja.

Cara mendapatkan banyak pembeli di IG tidak terlalu sulit, asalkan kita memakai strategi yang tepat. Selain itu, konsumen juga lebih aktif dalam memilih produk yang mereka butuhkan. Hal inilah yang mendorong mereka untuk membeli.

Namun, bagi Anda yang masih pemula mungkin menjalankan bisnis online sangat sulit. Hal ini karena Anda belum mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang bisnis. Maka dari itu, pelajari ilmu tentang bisnis di bawah ini.

Baca juga = Informasi Bisnis Paling Lengkap oleh Cilacap Kerja.

Setelah kita membaca dan memahami tentang dunia usaha maka, wawasan kita mengenai bisnis makin bertambah. Sehingga, kita akan selalu semangat dalam menjalankan usaha sampai bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

C. Tips Jualan di Instagram Untuk Para Affiliator

Agar usaha yang kita lakukan tidak sia-sia maka, kita harus memakai taktik penjualan yang tepat. Salah satunya yaitu dengan mengikuti tips dan trik berjualan di Instagram yang benar. Bagi Anda seorang Affiliator, silahkan mengikuti metode di bawah ini.

1. Membuat Akun Bisnis di Instagram

Dengan mengubah akun Instagram menjadi bisnis maka, akan muncul fitur insight yang fungsinya sangat membantu bagi para penjual seperti kita. Kita dapat melihat seberapa luas jangkauan mengenai produk dan minat follower.
Gambar akun Instagram untuk jualan

Langkah awal yang harus kita lakukan yaitu membuat akun khusus untuk bisnis. Tujuannya adalah agar kita lebih fokus dalam menetapkan target pasar dan melayani pelanggan. Jangan sampai menggabungkan akun pribadi untuk jualan.

Dengan mengubah akun Instagram menjadi bisnis maka, akan muncul fitur insight yang fungsinya sangat membantu bagi para penjual seperti kita. Kita dapat melihat seberapa luas jangkauan mengenai produk dan minat follower.

Kemudian, akan ada kategori baru mengenai jenis usaha kita, yang berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan status kolaborasi agar kreator lain mau bekerja sama dengan kita.

2. Tips Jualan di Instagram Menentukan Produk Affiliate

Tips jualan di Instagram menentukan produk affiliate yang ingin dijual kepada konsumen.
Gambar menentukan produk sesuai target pasar

Langkah kedua yaitu memilih produk yang akan dijual di Instagram. Caranya, mulailah dengan menentukan target konsumen terlebih dahulu, baik dari segi gender, usia, profesi, daerah, hobi, pendapatan, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui target pasar yang dituju maka, berikutnya kita akan mencari toko online yang menjual produk tersebut. Untuk memilih toko, sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti karena yang terpenting produknya berkualitas saja.

Sekedar tips dari kami, jika Anda ingin mendapatkan komisi yang besar maka jual produk-produk yang mahal dan ada keterangan komisi ekstra. Contoh, menjual barang elektronik, kecantikan, kesehatan, dan fashion.

3. Tips Jualan di Instagram Mulai Rutin Membuat Konten

Sekedar mengingatkan kembali, cara kerja bisnis afiliasi yaitu penambahan komisi setelah pelanggan melakukan pembelian melalui link yang telah kita bagikan sebelumnya. Makin banyak link yang kita sebar maka, makin besar pula peluang untuk untung.

Cara agar pelanggan tertarik dengan produk yang kita tawarkan yaitu dengan membuat konten yang unik. Buatlah foto atau video tentang barang yang kita jual di Instagram. Posting secara teratur dan ter jadwal agar pengikut makin suka.

Jika teman-teman bingung mau buat konten yang seperti apa, berikut ini kami sajikan beberapa ide konten menarik yang dapat meningkatkan interaksi pengunjung. Baca dan pilih yang menurut Anda paling sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Baca juga = Jenis Konten Instagram Terbaik untuk Meningkatkan Engagement.

4. Mengatur Bio Instagram dan Keterangan Usaha Kita

Hal yang tidak boleh kita lewatkan ketika jualan di Instagram yaitu memberi keterangan pada bio. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai jenis usaha kita dan bagaimana proses order.

Dalam pembuatan bio profil IG tidak perlu panjang-panjang, cukup tambahkan keterangan mengenai produk dan cara melakukan pemesanan. Hal-hal yang sekiranya penting, cantumkan di dalam bio profil tersebut.

Jika menurut Anda keterangan pada bio masih terlalu panjang maka, Anda bisa menggunakan emoji sebagai penggantinya. Coba perhatikan gambar berikut, kami mencoba mengganti kalimat pembayaran menjadi gambar ATM.

Hal yang tidak boleh kita lewatkan ketika jualan di Instagram yaitu memberi keterangan pada bio. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai jenis usaha kita dan bagaimana proses order.
Gambar keterangan bio profil IG

5. Memanfaatkan Fitur Sorotan Instagram untuk Jualan

Salah satu fitur di aplikasi Instagram yang tidak kalah pentingnya yaitu sorotan. Manfaatkan fitur sorotan ini untuk posting foto atau video tentang produk yang kita jual. Kemudian, jangan lupa untuk memberi tautan produk nya.

Pengunjung yang melihat sorotan IG kita pasti akan tertarik untuk meng-klik link produk tersebut. Alhasil, ada kesempatan bagi kita untuk mendapatkan pembeli pertama. Lakukan cara ini secara berulang dan bagikan ke media sosial lainnya juga.

6. Tips Jualan di Instagram dengan Menambahkan Tombol WhatsApp

Tujuan menambahkan tombol WhatsApp di aplikasi IG yaitu agar calon konsumen lebih dekat dengan penjual. Mereka dapat menghubungi kita melalui WA sehingga, terjadi komunikasi yang lebih efektif dan efisien.

Semakin cepat kita dalam memberi respon maka, pembeli akan merasa senang dan betah untuk memakai produk kita. Berikut ini, langkah-langkah menambahkan tombol WhatsApp Business di Instagram yaitu:

  • Masuk ke menu “Edit Profil”
  • Pilih “Opsi Kontak”
  • Masukkan nomor WhatsApp Business kita
  • Terakhir, tampilkan info kontak
  • Selesai.

7. Memberi Reaksi Pada Akun Instagram Sejenis

Maksud dari memberikan reaksi yaitu kita memberikan komentar di akun Instagram milik orang lain yang sejenis. Misalnya, mengirim komentar di setiap akun IG toko lain. Hal ini kita lakukan bukan tanpa tujuan, tetapi ada maksudnya.

Manfaat memberi masukan di setiap postingan yaitu agar akun tersebut mau mengunjungi toko kita jadi, meningkatkan engagement. Perlu kita ingat, berilah komentar yang menarik agar tampil di perangkat paling atas.

Semakin aktif kita dalam menggunakan media sosial Instagram untuk bisnis maka, makin besar interaksi pengunjung. Alhasil, mereka tertarik dengan bisnis kita dan berusaha untuk melakukan pembelian, bagaimana dengan Anda?

8. Menggunakan Modal Usaha untuk Endorse

Jika kita mempunyai modal yang banyak atau setidaknya punya uang lebih maka, kita bisa memanfaatkan modal tersebut untuk endorse. Kita bisa menggunakan jasa seperti artis atau selebgram untuk mempromosikan bisnis kita.

Cara ini sudah terbukti dapat mendorong penjualan produk affiliate, dan membuat bisnis kita semakin berkembang pesat. Namun, kekurangannya satu yaitu kita perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit alias banyak.

9. Menambahkan Tautan Website Toko di Bio Profil

Untuk mendongkrak penjualan maka pengusaha perlu cara untuk menaikkan jumlah pembeli. Caranya yaitu dengan menambahkan alamat website toko online di bio profil Instagram kita. Jadi, pembeli dapat masuk ke dalam web itu.

Jika teman-teman di sini kesulitan dalam membuat website maka, bisa gunakan jasa kami atau hubungi nomor WA (0882-3286-8029). Kemudian, kita lanjut untuk menambahkan link eksternal di Instagram, berikut tahapan nya:

  • Siapkan dan salin link website
  • Klik “Edit Profil”
  • Pilih “Tambahkan Tautan Eksternal”
  • Tempel salinan web di kolom “URL”
  • Beri keterangan pada “Judul”
  • Terakhir, klik simpan perubahan.

10. Tekun dan Jangan Malu Untuk Jualan

Langkah terakhir, yang paling penting bagi para affiliator ketika menjalankan bisnis afiliasi di Instagram yaitu tekun. Kita harus konsisten dalam mengelola bisnis ini. Caranya yaitu dengan rajin promosi di berbagai media sosial.

“Lebih Cepat Lebih Baik” ini adalah kutipan dari pebisnis online yang artinya adalah semakin awal kita memulai usaha maka, semakin besar pula peluang untuk bisa sukses. Gagal dan berhasil itu adalah hal yang sudah biasa dalam bisnis.

D. Kesimpulan Tips Jualan di Instagram Untuk Bisnis Afiliasi

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa aplikasi Instagram dapat kita gunakan untuk menjalankan bisnis afiliasi. Produk affiliate dapat kita jual kepada konsumen melalui penggunaan Instagram.

Jika ingin menjadi pengusaha yang berhasil dengan jualan produk affiliate maka, kita harus mengikuti langkah-langkah berjualan di IG. Mulai dari pembuatan akun bisnis, mengatur bio, membuat konten, hingga menambahkan link eksternal.

Dengan usaha yang sungguh-sungguh maka, semua tujuan yang kita dambakan selama ini dapat terwujud. Ini semua terjadi karena jerih payah kita dalam menjalankan bisnis affiliate tersebut. Salam sukses dan terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top