Tips Jualan di WA Paling Efektif, Jadi Banyak Pembeli

tips jualan di WA yaitu dimulai dari menentukan produk, pemberian harga grosir, membuat status WA, membangun relasi, gabung ke dalam grup, hingga memasang foto profil yang menarik.
Tips jualan di WA paling efektif

Pada kesempatan yang baik ini, Cilacap Kerja akan membagikan beberapa tips paling efektif untuk pengusaha yang sedang berjualan menggunakan aplikasi WA (WhatsApp). Ayo simak pembahasan di bawah ini bersama-sama.

Mengapa pebisnis menjalankan usahanya melalui WA? Alasannya adalah karena praktis dan tentunya tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Cara yang seperti ini lebih cocok untuk seorang pengusaha pemula.

Sebagai pemula maka kita perlu menggunakan cara yang mudah dan minim resiko. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian dalam berbisnis. Maka dari itu, gunakan aplikasi seperti WA untuk menjual produk serta layanan kita.

A. Manfaat Jualan di WA Bagi Pebisnis Pemula

Sudah pernah kita bahas di awal bahwa menggunakan media sosial, seperti WhatsApp untuk promosi itu lebih murah biaya dan siapa saja bisa. Berikut ini, keuntungan yang bisa kita peroleh selama berjualan di WA yaitu:

  • Bisa mendapatkan banyak pesanan.
  • Cukup modal internet saja sudah bisa jualan.
  • Jumlah pelanggan tetap terus meningkat.
  • Profit lebih besar sehingga makin menguntungkan.
  • Biaya promosi lebih terjangkau.

Selain kelima manfaat di atas, keunggulan WA untuk bisnis lainnya adalah produk yang baru rilis jadi cepat laku atau banyak pembeli. Sehingga, tidak perlu waktu lama jualan kita untuk habis di borong pembeli dari berbagai kalangan.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat seperti itu, kita perlu melakukan beberapa cara agar bisnis kita berjalan dengan lancar. Salah satunya yaitu menerapkan tips dan trik jualan di WA paling efektif dan efisien berikut ini.

B. Tips Jualan di WA Agar Banyak yang Beli

Kami berharap teman-teman bisa langsung praktik. Mulai dengan pasang aplikasi WA di Google Play Store. Kemudian daftarkan nomor kita untuk verifikasi. Selamat, kita sudah punya akun WhatsApp sendiri dan siap untuk jualan.

1. Menentukan Produk yang Akan Di Jual

Langkah pertama yaitu menentukan produk yang akan kita jual. Produk dapat berupa barang atau jasa yang paling banyak permintaan. Sehingga, kita mudah untuk mendapatkan pesanan karena barang yang kita jual tersebut sedang trend.

Selain memilih produk yang lagi trending, kita juga bisa menjual bahan-bahan makanan pokok atau yang tersedia di warung. Sehingga, bisnis warung kita makin laris dan menguntungkan. Konsumen dapat memesan melalui kita.

2. Tips Jualan di WA Pasang Harga Grosir

Langkah kedua yaitu memasang harga grosir pada setiap barang yang kita jual. Kalau teman-teman belum tahu, definisi grosir adalah pemberian harga murah kepada pembeli yang memesan barang dalam jumlah banyak atau lebih dari satu.

Sehingga, konsumen semakin tertarik untuk melakukan pembelian. Namun, tidak semua produk bisa kita jual dengan harga grosir karena bisa rugi. Maka dari itu, perencanaan bisnis menjadi penting agar terhindar dari kerugian.

3. Tips Jualan di WA Rajin Posting Status

Langkah ketiga agar bisnis kita makin banyak peminatnya adalah dengan rajin posting status WhatsApp. Setelah memilih produk yang berkualitas maka, selanjutnya kita akan mulai untuk promosi, caranya yaitu buat status di WA.

Buatlah foto produk yang baik sehingga bisa menarik perhatian pembeli. Tidak perlu bagus-bagus amat, yang penting jelas dan mudah dipahami oleh penonton. Berilah penjelasan terkait produk tersebut, seperti harga, fungsi, serta keunggulan nya.

Setelah membuat foto atau video, baru kita posting di status WA supaya pelanggan dapat melihatnya dan berinteraksi dengan kita. Kalau bisa sering-sering lah untuk update status agar jumlah permintaan terus meningkat.

4. Membangun Relasi Dengan Pelanggan

Yang perlu di perhatikan oleh pebisnis pemula adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen, baik yang baru atau yang sudah lama. Tujuan membangun relasi adalah untuk mendapatkan kepercayaan pembeli agar mereka mau memesan kembali.

Hindari perilaku egois seperti menghindari pertanyaan-pertanyaan dari pembeli, lama memproses pesanan, hingga pilih-pilih tipe konsumen. Seharusnya, kita sebagai pedagang harus lebih aktif untuk melayani mereka.

Tips jualan di WA dengan metode membangun relasi bisa kita lakukan dengan cara mengirim pesan kepada calon konsumen dan berusaha untuk cepat dalam memberikan jawaban. Sehingga, mereka semakin antusias terhadap kita.

5. Bergabung ke dalam Grup WA

Langkah kelima adalah join ke dalam grup WhatsApp dengan tujuan memperluas pasar dan meningkatkan jumlah pemasukan. Kita bisa membuat grup sendiri atau masuk ke dalam komunitas WA yang telah ada sebelumnya.

Namun, kami menyarankan kepada teman-teman untuk bikin grup WA sendiri saja. Kemudian, anggotanya sendiri adalah pelanggan baru atau klien yang telah bekerja sama. Sehingga, mereka dapat saling mengenal satu sama lain.

Usahakan setiap kali kita mengeluarkan produk baru, langsung saja kirim di grup tersebut. Jangan tunggu lama-lama agar mereka bisa langsung memperoleh informasi terbaru tentang bisnis kita. Dengan cara ini, pasti jualan kita cepat laris.

6. Tips Jualan di WA Dengan Share Link Produk

Tips yang tidak kalah pentingnya untuk jualan di WA yaitu sering-sering untuk membagikan link produk dari marketplace di WhatsApp. Baik itu melalui pesan pribadi atau status seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

Link merupakan sebuah alamat unik yang mengarah pada halaman tertentu, baik website, aplikasi, atau media sosial lainnya. Bagi teman-teman yang sudah punya toko online sendiri, bisa lakukan cara ini yaitu share link di WA.

Sehingga, orang-orang yang menekan link tersebut langsung diarahkan ke halaman toko kita. Dengan begini, mereka dapat melakukan pembelian dengan mudah. Kita juga akan memperoleh pesanan yang banyak.

7. Mengatur Foto Profil Menjadi Lebih Menarik

Agar calon konsumen semakin percaya dengan bisnis kita maka pasanglah foto profil WA yang menarik. Kita bisa menggunakan logo bisnis sendiri atau produk yang sedang kita jual. Dengan begini, mereka menjadi yakin dengan kita.

Sebelum memulai bisnis alangkah baiknya kita membuat logo yang mencerminkan usaha kita. Sebagai contoh, coba lihat profil WhatsApp Cilacap Kerja di bawah ini. Kami menggunakan foto yang unik dan menarik.

Mengatur dan memasang foto profil WA agar menarik perhatian konsumen sehingga, cocok untuk pengusaha pemula yang menjual produk secara online.
Gambar foto profil WhatsApp Cilacap Kerja

8. Migrasi Akun WhatsApp Messenger ke Business

Tips jualan di WA yang terakhir adalah memindahkan akun dari WA biasa ke WA business yang lebih cocok untuk bisnis. Cara ini terbilang efektif karena kita bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk mendukung bisnis kita.

Fitur tersebut antara lain balas cepat, pesan di luar jam kerja, salam otomatis, hingga katalog produk yang semuanya gratis. Apabila teman-teman ingin mengetahui cara jualan di WhatsApp Business, silahkan klik link di bawah ini.

Baca juga = Cara Jualan di WhatsApp Business Agar Banyak Pembeli.

B. Kesimpulan Cara Jualan di WA Agar Cepat Laku

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tips jualan di WA dimulai dari menentukan produk, pemberian harga grosir, membuat status WA, membangun relasi, gabung ke dalam grup, hingga memasang foto profil yang menarik.

Metode ini dapat berhasil apabila pengusaha memiliki sikap tekun dalam menjalankan usahanya. Tidak hanya itu saja, kita juga harus percaya diri dengan usaha kita. Tidak usah malu untuk berjualan karena pekerjaan ini halal.

Terimakasih telah membaca artikel ini, kami harap informasi yang kami sampaikan dapat memberi manfaat bagi semuanya. Jangan lupa baca artikel lainnya di website Cilacap Kerja.

Baca juga = cara menambah follower IG secara organik, anti banned.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top