Tips Memulai Bisnis Laundry di Cilacap Untung 20 Juta

Tips memulai bisnis laundry untuk pengusaha pemula yang ingin buka usaha di kota Cilacap, yaitu mulai dari perencanaan hingga pelayanan.
Tips memulai bisnis laundry di Cilacap

Tips memulai bisnis laundry untuk pengusaha pemula yang ingin buka usaha di kota Cilacap, yaitu mulai dari perencanaan hingga pelayanan. Silahkan mengikuti langkah-langkah bisnis laundry di bawah ini dengan cermat.

Alasan Memulai Bisnis Laundry

Menurut cilacapkerja.com, menjalankan bisnis laundry merupakan alternatif terbaik dan termasuk ke dalam salah satu ide bisnis paling menjanjikan tahun 2023. Sehingga, banyak dari kita yang berniat untuk mempunyai bisnis yang satu ini.

Selain sebagai pilihan terbaik, mengelola bisnis laundry juga cukup mudah karena dapat kita lakukan secara individu atau di rumah saja. Berbekal peralatan mencuci seadanya dan tenaga yang kuat maka, usaha ini akan semakin maju.

Apakah teman-teman sudah tahu kalau sebenarnya bisnis laundry itu tidak hanya dikelola oleh ibu rumah tangga saja, melainkan anak-anak muda seperti kita juga bisa. Mau itu perempuan atau laki-laki juga boleh menjalani usaha ini.

Berikut ini, 7 alasan mengapa pengusaha ingin memulai bisnis laundry antara lain:

  1. Jumlah customer yang melimpah.
  2. Untuk modal masih tergolong sedikit.
  3. Sebagai sumber penghasilan keluarga.
  4. Tidak perlu pasang iklan mahal-mahal.
  5. Mudah untuk mengatur waktu jadi lebih fleksibel.
  6. Untuk tujuan kemanusiaan, yaitu ingin membantu memudahkan pekerjaan orang lain.
  7. Karena banyak customer jadi, lebih cepat balik modal atau memperoleh keuntungan yang banyak.

Ide bagus buat teman-teman yang ingin buka usaha laundry di Cilacap karena di sini, jumlah pengusaha laundry masih terbatas. Jadi, minim persaingan dan pastinya lebih menguntungkan bagi pengusaha pemula seperti kita.

Jumlah pesaing yang tidak banyak dan peminat yang terus bertambah akan membuat bisnis yang satu ini makin populer. Oleh karena itu, kami akan membagikan tips memulai bisnis laundry di Cilacap paling mudah dan hemat biaya.

Tips Memulai Bisnis Laundry di Cilacap

Ada beberapa tips dan trik penting yang tidak boleh kita lewatkan sebelum memulai jasa mencuci. Salah satunya adalah mempersiapkan diri sebagai seorang pengusaha, baik itu mental, pengetahuan, hingga keterampilan.

Setelah menyiapkan mental sebagai pengusaha, baru kita masuk ke tahap berikutnya yaitu perencanaan. Adapun hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum memulai bisnis laundry, antara lain modal, lokasi, hingga alat dan bahan untuk mencuci.

1. Menghitung Modal Laundry

Tips yang pertama adalah menghitung modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis laundry. Sekedar informasi saja kalau biaya untuk modal bisnis ini tergolong sedikit. Jadi, sangat cocok untuk pebisnis pemula kaya kita.

Cara menghitung modal yang benar adalah dengan mencatat peralatan yang diperlukan dan mencari pemasok yang menawarkan harga terjangkau, tetapi barang berkualitas. Dengan cara ini, kita bisa meminimalkan pengeluaran kita.

2. Membeli Alat dan Bahan untuk Bisnis Laundry

Tips memulai bisnis laundry yang kedua yaitu menyiapkan peralatan pendukung meliputi: mesin cuci, timbangan baju, setrika, ember, hingga alat untuk menjemur pakaian. Sedangkan bahan-bahan yang kita butuhkan yaitu sabun cuci dan air bersih.

Semua alat dan bahan di atas, wajib kita siapkan terlebih dahulu. Namun, ada beberapa dari kita yang mungkin belum bisa membeli mesin cuci maka, jangan kecil hati karena kita bisa mencuci secara manual di rumah.

Kami informasi kan bahwa di kota Cilacap terdapat toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan harga murah, yaitu Irama Mas Elektronik Cilacap. Di sini tersedia juga setrika, timbangan pakaian, dan mesin cuci otomatis lengkap dan berkualitas.

Di kota Cilacap terdapat toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan harga murah, yaitu Irama Mas Elektronik Cilacap. Di sini tersedia juga setrika, timbangan pakaian, dan mesin cuci otomatis lengkap dan berkualitas.
Gambar mesin cuci harga terjangkau di Irama Mas Cilacap

Untuk lebih jelasnya silahkan, perhatikan tabel alat dan bahan untuk memulai usaha laundry di bawah ini.

Nama barangHargaJumlah
Mesin cuci1,5 juta1 unit
Setrika300 ribu1 unit
Timbangan350 ribu1 unit
Ember cuci10 ribu2 pcs
Jemuran baju150 ribu1 unit
Deterjen20 ribuSecukupnya
Softener5 ribuSecukupnya
Plastik kantong5 ribu1 pack

Dari tabel di atas maka total seluruh biaya untuk modal usaha laundry adalah sebesar Rp 2.340.000 saja. Nominal tersebut tentu bisa kurang atau lebih tergantung dengan skala bisnis yang kita inginkan. Jadi, tentukan juga ukuran bisnisnya.

3. Menentukan Ukuran Bisnis

Setelah kita mempersiapkan peralatan maka tips berikutnya adalah menentukan ukuran bisnis, mau langsung besar atau mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Dalam menentukan skala tentunya, harus seimbang dengan modalnya.

Apabila teman-teman memiliki modal yang banyak serta berani menanggung resiko maka, akan lebih cocok untuk langsung membuat jasa laundry yang besar. Namun, jika modal kita terbatas maka mulailah dari yang paling sederhana dahulu.

Sebagai seorang pebisnis, kita tidak boleh takut untuk memulai apalagi sampai merasa malu karena bisnis yang kita jalankan berukuran kecil. Seharusnya kita merasa bangga karena berani untuk mengelola bisnis secara mandiri.

4. Memilih Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Laundry dengan Skala Besar

Tips memulai bisnis laundry yang keempat yaitu memilih lokasi untuk menjalankan bisnis laundry yang strategis. Sehingga, orang-orang yang melihat keberadaan bisnis kita akan tertarik dan mau untuk memakai jasa kita.

Sebelum memulai bisnis hendaknya, kita melakukan riset tempat usaha terlebih dahulu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar minat orang orang serta menilai apakah mudah untuk diakses oleh calon costumer.

Lokasi yang sulit diakses pasti akan mengurangi minat pelanggan. Oleh karena itu, perhatikan juga kriteria tempat usaha yang baik, seperti berikut ini:

  • Di tepi jalan besar agar orang-orang mudah untuk mengakses.
  • Berada di pusat-pusat keramaian atau banyak orang yang berkumpul.
  • Dekat dengan pemasok yang menyediakan alat dan bahan untuk jasa laundry.

Mungkin untuk mendapatkan lokasi jualan yang strategis memerlukan biaya yang besar namun, hal ini tentunya sebanding dengan pemasukan yang akan kita terima nanti. Untuk itu, kita perlu keterampilan bisnis yang baik agar usaha dapat berjalan lancar.

5. Tips Memulai Bisnis Laundry dengan Memasang Harga yang Tepat

Sudah banyak pengusaha yang gulung tikar karena mereka melakukan kesalahan yang fatal, yaitu salah memasang harga. Namun, banyak juga pengusaha yang berhasil karena mereka pintar dalam menentukan harga.

Jadi, berilah harga yang tepat artinya sesuai dengan modal dan tenaga yang kita keluarkan. Jangan takut untuk memasang harga mahal, sebaliknya jangan pula memasang harga yang terlalu murah hanya demi memenangkan persaingan.

Biasanya, harga untuk jasa laundry ini dalam bentuk kilo (KG). Contoh, 1 kilogram selimut yaitu 10 ribu rupiah, 1 kilogram celana jeans yaitu 7 ribu rupiah, dan seterusnya. Harga ini tentunya juga sudah termasuk untuk bayar listrik dan air.

6. Mulai Penawaran

Setelah kita mempersiapkan semuanya maka sekarang adalah waktu untuk memulai. Bagi yang mengelola bisnis laundry dengan skala kecil, cobalah untuk menawarkan jasa cuci kepada tetangga yang ada di lingkungan tempat tinggal.

Dengan begitu, orang-orang yang ada di sekeliling kita akan mengetahuinya dan pasti akan ada yang tertarik untuk memakai jasa kita. Yang terpenting di sini adalah kita tidak boleh gengsi dan terus saja untuk promosi.

Bagi teman-teman yang memilih skala besar maka buatlah banner atau spanduk yang menginformasikan tentang jasa laundry kita. Pasang spanduk tersebut di depan ruko atau di tepi-tepi jalan yang ramai orang lewat.

7. Tips Memulai Bisnis Laundry dengan Promosi di Media Sosial

Jika dahulu kita harus memberi informasi bisnis dari mulut ke mulut atau dengan memasang baliho berukuran besar maka, sekarang tidak lagi. Zaman sudah berkembang, kita tinggalkan cara lama itu dengan cara yang lebih efektif.

Cara yang efektif itu adalah dengan promosi di media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Dengan promosi maka bisnis laundry kita makin banyak peminatnya dan pasti lebih menguntungkan.

Baca juga = Manfaat Penggunaan Iklan dalam Bisnis Beserta Caranya.

8. Melayani Customer dengan Baik

Jika bisnis laundry kita sudah berjalan maka hal yang perlu kita perhatikan adalah menjaga hubungan baik dengan customer. Dengan begini usaha kita tetap berjalan dan berkembang karena jumlah pelanggan yang terus bertambah.

Melayani customer dengan baik akan meningkatkan kepercayaannya sehingga, ke depannya mereka akan kembali untuk memakai jasa kita atau biasa disebut dengan langganan. Pelanggan tetap inilah yang menjadi indikator kesuksesan bisnis.

Baca juga = Cara Menghadapi Pembeli Agresif biar Jadi Langganan.

Cara Mendapatkan Untung 20 Juta Lewat Bisnis Laundry

Apakah bisa penatu memperoleh keuntungan 20 juta dalam satu bulan hanya dengan bisnis laundry? Tentu saja bisa, tidak ada kata tidak mungkin kalau kita belum mencoba. Jadi, perhatikan penjelasan kami berikut ini.

Modal awal kita adalah Rp 2.340.000. Untuk harga satu kilogram pakaian, misal Rp 10.000 (kg). Dari sini, kita bisa menghitung kira-kira butuh berapa pesanan agar memperoleh untung sebesar Rp 20.000.000.

Kita tinggal bagi saja 20 juta dengan 10 ribu maka hasilnya, yaitu 2000. Jadi, kita perlu dua ribu pesanan agar memperoleh pemasukan sebesar dua puluh juta rupiah. Untuk mendukung impian kita ini maka perlu usaha yang ekstra.

semua pebisnis sukses pasti telah banyak berusaha dan mengorbankan segala hal, baik waktu, tenaga, hingga uang. Namun, dengan usaha yang sungguh-sungguh maka usaha kita sebagai jasa pencuci pakaian bisa maju dan berkembang.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips memulai bisnis laundry di Cilacap biar dapat untung 20 juta rupiah. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya, sampai jumpa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top