Universitas Terbuka Itu Apa? Berikut Fakta dan Mitos nya

Salah satu pilihan kampus terbaik di Indonesia yaitu Universitas Terbuka, mengapa? Karena UT adalah pionir dalam pembelajaran jarak jauh sehingga, mahasiswa dapat belajar tanpa batasan waktu dan tempat.
Universitas Terbuka, fakta, mitos, dan cara belajarnya

Belajar memang penting karena dapat menambah wawasan dan memperbanyak pengalaman. Sehingga, banyak dari kita yang mencoba untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau biasa kita sebut dengan kuliah.

Dengan kuliah maka seorang mahasiswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan meningkatkan keterampilan nya. Sehingga, setelah lulus nantinya mahasiswa bisa langsung bekerja dan mengasah kemampuannya.

A. Apa Itu Universitas Terbuka dan UPBJJ?

Salah satu pilihan kampus terbaik di Indonesia yaitu Universitas Terbuka, mengapa? Karena UT adalah pionir dalam pembelajaran jarak jauh sehingga, mahasiswa dapat belajar tanpa batasan waktu dan tempat.

Kuliah di sini sangat fleksibel karena kita bisa mengatur waktu belajar secara mandiri. Jadi, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan padatnya jadwal kerja. UT menjadi alternatif pertama bagi karyawan yang ingin kuliah.

Dari penjelasan di atas, kita telah mengetahui bahwa Universitas Terbuka menggunakan sistem pembelajaran secara terbuka atau jarak jauh. Artinya, siapa saja bisa mendaftar dan menjadi mahasiswa UT, tanpa batasan usia.

Sedangkan pembelajaran jarak jauh artinya, belajar tidak harus dengan tatap muka (bertemu dosen secara langsung), tetapi menggunakan media seperti website. Sehingga, memudahkan mahasiswa yang tinggal di pedalaman.

Yang terpenting di sini adalah kita harus mempunyai koneksi internet yang stabil agar, dapat mengikuti perkuliahan dengan baik dan lancar. Tidak hanya itu saja, kita juga harus menuntut diri sendiri untuk belajar mandiri.

Mahasiswa UT Purwokerto sedang mengikuti kegiatan OSMBJJ.
Gambar mahasiswa UT Purwokerto sedang foto bersama
UPBJJ yaitu singkatan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka. Contohnya, UPBJJ-UT Purwokerto berarti kampus UT yang ada di kota Purwokerto, Banyumas, serta UPBJJ lainnya yang ada di seluruh Indonesia.
Gambar sekumpulan mahasiswa UPBJJ UT Purwokerto

Definisi UPBJJ yaitu singkatan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka. Contohnya, UPBJJ-UT Purwokerto berarti kampus UT yang ada di kota Purwokerto, Banyumas, serta UPBJJ lainnya yang ada di seluruh Indonesia.

B. Cara Belajar di Universitas Terbuka Itu Mudah

Seluruh mahasiswa UT harus menjunjung tinggi sikap inisiatif untuk belajar dan mempelajari materi-materi yang terdapat pada modul paket. Kita bisa belajar sendiri atau berkelompok bersama dengan teman-teman mahasiswa lain.

Dari sini pasti muncul pertanyaan, berarti mahasiswa hanya belajar melalui modul saja? Jawabannya, tentu saja tidak karena kita dapat memanfaatkan layanan bantuan belajar yang telah disediakan oleh pihak kampus.

Berikut ini, beberapa layanan bantuan belajar Universitas Terbuka yang dapat kita gunakan, antara lain: TTM, Tutorial Online, Webinar, dan Pengayaan. Jika masih belum mengerti silahkan, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tutorial Tatap Muka (TTM)

Yang di maksud dengan TTM adalah bentuk layanan UT yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara langsung atau bertatap muka dengan pengajar. Sehingga, proses perkuliahan di lakukan di tempat yang sama, seperti ruang kelas atau gedung.

2. Tutorial Online (Tuton)

Tuton merupakan salah satu layanan UT yang menjembatani antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran melalui sistem daring atau dalam jaringan. Jadi, mahasiswa seperti kita tidak ada aktivitas tatap muka dengan pengajar.

3. Tutorial Webinar (Tuweb)

Hampir sama seperti dengan tutorial tatap muka (TTM) namun, bedanya kalau Tuweb menggunakan fasilitas web seminar melalui jaringan internet. Jadi, pelaksanaan nya secara synchronous (real time/ pada waktu yang bersamaan).

4. Tugas Mata Kuliah (TMK)

TMK adalah alternatif bagi mahasiswa Universitas Terbuka yang tidak mendaftarkan diri untuk mengikuti salah satu dari ketiga layanan belajar di atas. TMK ini berkontribusi sebesar 20% terhadap nilai akhir mata kuliah (UAS).

5. Tutorial Pengayaan

Mahasiswa UT dapat memanfaatkan berbagai macam layanan online, seperti UT-Radio atau podcast, tutorial TV melalui UT-TV, dan lain sebagainya. Untuk kita, kita bisa mengikuti channel Youtube UT agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

C. Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Apakah Mahal?

Jika ada yang bilang kalau kuliah di UT itu mahal, sebenarnya pernyataan tersebut kurang tepat. Hal ini karena setiap individu mempunyai penilaian nya masing-masing. Namun, ada juga yang gratis atau dapat beasiswa di sini.

Biaya pendidikan di UT sangat transparan bahkan, kita bisa menghitung sendiri biaya kuliah dari pertama kali masuk sampai lulus. Adapun yang membedakan di sini yaitu sistem paket semester (SIPAS) yang kita ambil.

1. Sistem Paket (SIPAS)

  • SIPAS Non TTM Rp 1.300.000,-/ semester.
  • SIPAS Semi Rp 1.700.000,- sampai dengan Rp 2.500.000,-/ semester.
  • SIPAS Penuh Rp 2.500.000,- sampai dengan Rp 3.300.000,-/ semester.

2. Sistem Non-Paket

Untuk yang mengambil non-paket, biaya mulai dari Rp 36.000,- sampai Rp 78.000/ SKS (Sesuai dengan Program Studi). Biaya tersebut belum termasuk bahan ajar cetak/ digital, TTM, dan TUWEB).

Semester yaitu waktu pembelajaran di laksanakan, biasanya selama 6 bulan dan ada kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) di akhir masa-masa kuliah. Fungsi pelaksanaan UAS sendiri yaitu untuk mengambil nilai dan kemampuan mahasiswa.

Kemudian, ada yang namanya SKS yaitu Sistem Kredit Semester. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar mahasiswa selama kurang lebih 16 minggu. Hal inilah yang membedakan biaya pendidikan di UT.

Beban studi 1 SKS di Universitas Terbuka yaitu setara dengan mengikuti perkuliahan di kelas selama 50 menit per minggu, 50 menit untuk tugas yang ter struktur, dan 50 menit kegiatan mandiri, serta belajar mandiri di rumah.

D. Fakta dan Mitos Universitas Terbuka yang Harus Anda Ketahui

Sebelum mendaftar kuliah, alangkah baiknya kita harus tahu terlebih dahulu tentang fakta dan mitos Universitas Terbuka. Mulai dari latar belakang, sistem belajar nya, program studi yang ada, hingga akreditasi nya.

1. Perguruan Tinggi Negeri ke-45

Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia. Presiden kedua, yaitu bapak Soeharto meresmikan nya pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Dari sini kita tahu bahwa, UT itu perguruan tinggi swasta adalah mitos atau tidak benar. Justru, UT menjadi salah satu kampus dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia. Jadi, teman-teman sudah lebih yakin untuk daftar di sini kan?

2. Universitas Terbuka Memiliki 4 Fakultas

Jurusan di UT sangat banyak dan beragam, adapun mencakup 4 fakultas utama yaitu:

  • Fakultas Ekonomi (FE)

Program Studi meliputi: Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Manajemen Bidang Minat Keuangan dan Perbankan Syariah, Akuntansi Keuangan Publik, Akuntansi Bidang Minat Akuntansi Sektor Publik, dan Ekonomi Syariah.

  • Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP)

Prodi antara lain: Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian, Ilmu Pemerintahan, Hukum, Komunikasi, Perpustakaan, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan, Perpajakan, dan Ilmu Kearsipan.

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Program Studi yang ada yaitu: Pendidikan Guru SD, PAUD, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Ekonomi.

  • Fakultas SAINS dan Teknologi (FST)

Program Studi meliputi: Matematika, Statistika, Biologi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Sistem Informasi, Agribisnis Bidang Minat Penyuluhan dan Komunikasi.

3. Menawarkan Program Magister dan Doktor

Tidak hanya untuk S1 (Strata 1) saja, Universitas Terbuka juga membuka program Magister dan Doktor. Jadi, cocok sekali untuk teman-teman yang mau lanjut S2 atau S3. Dengan begini, kualitas diri kita makin meningkat dan bermanfaat bagi banyak orang.

4. Ujian Akhir Semester (UAS)

Setelah mahasiswa berhasil menyelesaikan belajar secara mandiri dan mengikuti layanan bantuan belajar maka, pada akhir semester seluruh mahasiswa wajib mengikuti yang namanya Ujian. UAS dilaksanakan dengan 2 metode, yaitu tatap muka dan online.

5. Akreditasi Universitas Terbuka Terbaik (A dan B)

Meskipun kebanyakan mahasiswa mengambil sistem non tatap muka, tetapi tidak menjadi patokan bahwa lulusan nya juga tidak bagus. Hasil akreditasi oleh ISO (International Organization for Standardization) menunjukkan bahwa UT sangat baik.

Beberapa mahasiswa lulusan Universitas Terbuka yang sudah sukses, antara lain Dr. Waluyo Handoko, SIP., M.Sc (Dosen FISIP UNSOED), Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si (Ketua Senat UT), dan Dini Listianti (Senior Excecutive Marketing Kredit Sale Bank Mandiri).

Baca juga = Standar Sukses Orang Indonesia, Bagaimana Dengan Anda?

6. Tidak Ada Skripsi

Pasti di antara kita ada yang tanya, apakah Universitas Terbuka ada Skripsi? Jawabannya yaitu tidak ada sama sekali dan sebagai gantinya, mahasiswa akan dikenakan pembuatan karya ilmiah sebagai syarat kelulusan nya.

Syarat kelulusan di UT tidak hanya karya ilmiah saja, melainkan ada penilaian lainnya seperti tugas-tugas mata kuliah, kehadiran, UAS, dan diskusi. Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa harus rajin belajar supaya, mendapatkan nilai yang bagus.

Baca juga = Tutorial Disiplin Belajar Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka.

7. Kuliah di UT Sulit Untuk Lulus

Jika Anda pernah mendengar kalau kuliah di Universitas Terbuka itu gampang masuk, tetapi susah lulus itu adalah mitos. Kabar tersebut tidak benar justru, mahasiswa UT banyak yang lulus dengan nilai yang bagus (IPK di atas 3).

8. Pendaftaran Sepanjang Masa

Kelebihan dari UT berikutnya yaitu waktu pendaftaran sepanjang masa artinya, kapan saja kita bisa mendaftar. Bahkan, tidak ada batasan umur untuk bisa kuliah di sini. Yang terpenting adalah kemauan untuk belajar.

Sekedar informasi, waktu pendaftaran mahasiswa baru semester genap (2023/2024) telah dibuka. Mulai dari tanggal 17 oktober 2023 sampai 20 februari 2024. Jadi ayo buruan daftar, jangan sampai ketinggalan karena kesempatan tidak datang dua kali.

E. Kesimpulan

Universitas Terbuka tidak kalah bagusnya dengan kampus lain yang ada di Indonesia. Buktinya, telah menghasilkan banyak lulusan yang pintar dan berkualitas. Kemandirian adalah faktor utama penentu keberhasilan.

Jika mahasiswa rajin belajar maka punya peluang sukses lebih tinggi, daripada mereka yang malas untuk belajar. Jadi, teruslah berjuang dan buktikan bahwa diri kita mampu untuk menjadi orang sukses di masa depan.

Terimakasih telah mengunjungi website Cilacap Kerja. Kami harap informasi yang disampaikan dapat menambah wawasan mengenai Universitas Terbuka. Jika ada pertanyaan silahkan beri di kolom komentar yang telah kami sediakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top