Workshop Tugas Universitas Terbuka, Mahasiswa Wajib Ikut

Workshop Tugas adalah kegiatan wajib yang harus mahasiswa Universitas Terbuka ikuti khususnya, mahasiswa baru. Kami sarankan kepada rekan-rekan semuanya untuk dapat hadir dalam kegiatan yang satu ini.
Workshop tugas universitas terbuka

Workshop Tugas adalah kegiatan wajib yang harus mahasiswa Universitas Terbuka ikuti khususnya, mahasiswa baru. Kami sarankan kepada rekan-rekan semuanya untuk dapat hadir dalam kegiatan yang satu ini.

Di sini kita akan memperoleh banyak informasi yang bermanfaat tentunya, yang berkaitan dengan sistem perkuliahan di Universitas Terbuka. Tidak hanya itu saja, kita juga jadi lebih paham tentang tugas-tugas yang ada.

A. Cara Daftar Workshop Tugas Universitas Terbuka

Perlu kami informasi kan bahwa untuk jadwal pelaksanaan workshop tugas di masing-masing UT daerah mungkin akan berbeda. Oleh karena itu, perhatikan terus media sosial UT supaya kita tidak ketinggalan acara-acara wajib.

Jika teman-teman di sini tidak mempunyai media sosial, seperti Instagram maka bisa bergabung ke dalam grup WhatsApp mahasiswa. Sehingga, kita bisa mengetahui kabar terbaru tentang jadwal acara yang penting ini.

Biasanya, pihak dari UT sendiri yang akan memberikan link pendaftarannya. Kita tinggal login menggunakan email campus dan password masing-masing. Lalu, perhatikan waktu pelaksanaannya dan klik kesediaan mengikuti acara.

Tidak menunggu lama, kita akan mendapatkan link untuk mengakses halaman workshop tugasnya. Kita dapat menggunakan aplikasi Youtube atau bisa juga dengan Microsoft Teams. Jadi, tinggal pilih saja mau pakai yang mana.

Dari penjelasan di atas, kita sudah tahu bahwa workshop tugas adalah kegiatan yang bersifat wajib dan dilaksanakan menggunakan sistem daring atau online. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi mahasiswa untuk tidak hadir.

B. Susunan Acara Kegiatan Workshop Tugas Mata Kuliah

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita perkenalan dahulu. Nama saya Tegar Dwi Wardhani dari Program Studi manajemen bisnis. Saya adalah seorang mahasiswa Universitas Terbuka Purwokerto semester ganjil tahun 2023.

Berikut ini, susunan acara kegiatan workshop tugas yang pernah saya ikuti, yaitu:

  1. Pembukaan Acara (08.00 – 08.30)
  2. Pengantar Umum Tugas Belajar, Integritas, dan Akademik (08.30 – 10.00)
  3. TAP, Karya Ilmiah, Diskusi, dan Tugas Tutorial Online (10.00 – 12.00)
  4. Istirahat (12.00 – 13.00)
  5. Praktik/ Praktikum, Partisipasi dan Tugas Tutorial Tatap Muka Webinar (13.00 – 15.00)
  6. Aplikasi Tugas Mata Kuliah, E-learning, dan Silayar (15.00 – 16.00)

Acara yang pertama yaitu pembukaan, di tahap ini kita harus mengisi daftar hadir terlebih dahulu. Isi data diri seperti biasanya, berupa nama lengkap, nomor induk mahasiswa, serta program pendidikan yang kita ambil.

Sama seperti kegiatan pada umumnya, acara dimulai dengan salam dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta MARS dan HYMNE Universitas Terbuka. Meskipun kita di rumah, tetapi harus tetap semangat ya teman-teman.

Acara yang kedua yaitu sambutan dari direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Ibu Dr. Prasetyarti Utami, S.Si., M.Si. Beliau juga sekaligus sebagai pengisi materi dalam pembahasan pengantar umum tugas pembelajaran.

Dalam acara ini, kita akan belajar mengenai cara mengerjakan tugas yang baik dan benar. Tujuan mahasiswa mengerjakan tugas adalah untuk mengukur kompetensi serta pemahaman nya mengenai materi yang sudah ia pelajari.

Ibu Utami juga memberikan arahan dan membimbing mahasiswa UT untuk aktif dalam kegiatan diskusi termasuk, dalam tutorial online. Sehingga, kita akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nanti.

Beliau menekankan kepada mahasiswa untuk dapat membuat jawaban sendiri, alias tidak menyalin dari artikel orang lain. Buatlah jawaban berdasarkan pemikiran sendiri yang mengacu pada modul atau bahan ajar.

Jika ingin mengambil kutipan dari jurnal maka, kita wajib untuk mencantumkan sumber penulisnya. Hal ini kita lakukan untuk menghindari plagiarisme dan dalam rangka menjunjung etika akademik mahasiswa yang baik.

C. Diskusi dan Tugas Tutorial Online di Universitas Terbuka

Materi kegiatan workshop tugas selanjutnya adalah TAP, Karya Ilmiah, Tugas Tutorial Online, dan Diskusi. Perlu kita ketahui bahwa sistem perkuliahan di Universitas Terbuka berbeda dengan kampus-kampus yang lainnya.

Di sini, setiap mahasiswa harus bersikap mandiri dalam mengatur waktu belajar nya sendiri. Selain itu, kita juga harus siap untuk mengikuti tutorial online khususnya, bagi teman-teman yang mengambil SIPAS NON TTM.

Di dalam kegiatan tutorial online ini, kita akan mengikuti delapan kali sesi pertemuan, tiga tugas mata kuliah pada minggu ke 3, 5, dan 7. Kemudian, masing-masing sesi ada tugas diskusi yang wajib kita kerjakan secara mandiri.

Kami menyarankan kepada rekan-rekan mahasiswa UT untuk bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Jangan sekali-kali untuk menunda pekerjaan karena dapat mengganggu aktivitas kita ke depannya. Jadi, buatlah target belajar yang efektif.

Baca juga = Tutorial Disiplin Belajar Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka.

Informasi penting tentang TUTON yang perlu mahasiswa UT ketahui, antara lain:

  • Nilai tutorial online akan berkontribusi sebesar 30% terhadap nilai akhir (UAS).
  • Wajib mengisi kehadiran dari sesi 1 sampai sesi 8.
  • Mengerjakan soal diskusi menggunakan kalimat sendiri dan tidak lupa untuk menambahkan sumber informasinya.
  • Dilarang copy paste jawaban mahasiswa lain.
  • Serta memperbaiki jawaban apabila Tutor menginginkannya.

Agar nilai TUTON dapat memberi kontribusi pada nilai akhir maka, nilai UAS masing-masing mata kuliah harus di atas 30%. Contohnya, terdapat 50 soal mata kuliah matematika ekonomi maka, minimal kita harus punya 17 jawaban benar.

D. Tips Mahasiswa Untuk Mendapatkan Nilai A

Kami berani jamin kalau teman-teman di sini pasti ingin memperoleh nilai A. Untuk mencapai tujuan ini maka, kita perlu usaha yang sungguh-sungguh, yaitu dengan rajin belajar dan mengerjakan tugas tepat waktu.

Belajar tidak hanya dilakukan secara sendiri saja, tetapi bisa juga dengan berkelompok atau bersama-sama. Sehingga, setiap orang akan saling membantu dan menyampaikan pendapatnya mengenai materi yang sedang dibahas.

Usahakan untuk menjawab soal-soal latihan tanpa melihat kunci jawaban atau sambil browsing di internet. Cobalah untuk membaca dan memahami materi terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal latihan atau tugas-tugas lainnya.

Jika mengalami kendala atau kesulitan dalam memahami materi maka, kita boleh bertanya kepada Tutor melalui pesan online di e-learning. Namun, tidak semua Tutor akan langsung memberi respon, kadang-kadang perlu waktu yang lama.

Sebagai bahan perbandingan, berikut ini informasi keterangan nilai Tutorial Online yaitu:

  • Nilai 3 artinya, sudah mengirim absensi
  • Nilai 4 artinya, dosen memberi nilai B+
  • Nilai 5 artinya, dosen memberi nilai A-
  • Nilai 6 artinya, dosen memberi nilai A+

Mungkin teman-teman ada yang bertanya, mengapa tugas tutorial online saya belum ada nilainya, atau masih 3? Jawabannya adalah setiap Tutor mempunyai penilaian sendiri. Mereka ada yang memberikan nilai setelah 1 minggu atau bahkan lebih.

Jadi, sobat UT tidak perlu bingung dan terus saja fokus untuk mengerjakan tugas tuton selanjutnya saja. Jangan terpengaruh dengan teman-teman mahasiswa lainnya yang sudah memperoleh nilai dari Tutor ya?

E. Kesimpulan Workshop Tugas Universitas Terbuka

Kegiatan workshop tugas merupakan acara yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, tanpa terkecuali. Mahasiswa UT dapat menggunakan media Youtube atau Microsoft Teams untuk mengakses kegiatan ini.

Di dalam kegiatan workshop tugas ini terdapat banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh. Mulai dari cara mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan benar, kiat memperoleh nilai A untuk tugas Tuton, dan forum diskusi.

Tidak hanya itu saja, kita juga diberikan arahan untuk bisa percaya diri dengan jawaban sendiri, tanpa menyalin artikel milik orang lain. Memberikan sumber informasi dan menggunakan kalimat sendiri akan menjadi nilai plus.

Itulah pengalaman saya pribadi setelah mengikuti kegiatan workshop tugas Universitas Terbuka ini. Jika teman-teman ingin informasi yang lebih banyak tentang UT, silahkan baca artikel kami di bawah ini.

Baca juga = Universitas Terbuka Itu Apa? Berikut Fakta dan Mitos nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top