Arti Kata Bisnis Menurut Penjelasan Para Ahli Bisnis

Arti kata bisnis menurut Ebert dan Griffin (2009) yaitu suatu kegiatan yang orang lakukan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. Pengusaha merupakan sebutan bagi orang yang mengelola bisnis

Arti kata bisnis menurut Ebert dan Griffin (2009) yaitu suatu kegiatan yang orang lakukan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi.
Arti kata bisnis menurut Ebert dan Griffin

Pengertian pengusaha secara umum yaitu orang yang memulai, menjalankan, mengelola, serta mengurus bisnis dari awal hingga bisnis menjadi besar. Sehingga, yang awalnya hanya skala kecil, sekarang telah tumbuh menjadi bisnis yang besar.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa bisnis adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan barang maupun jasa yang bernilai jual tinggi. Untuk siapa barang atau jasa tersebut? Tentunya untuk konsumen atau pembeli.

Jadi, arti kata bisnis adalah pengusaha yang menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam rangka menghasilkan keuntungan atau profit. Dengan profit maka bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana jika suatu kegiatan bisnis tidak menghasilkan keuntungan? Jawabannya adalah bisnis tersebut mengalami kerugian dan apabila terus dibiarkan maka akan menghadapi kebangkrutan. Akhirnya, bisnis terpaksa harus berhenti.

Baca juga = Teknologi Digital: Pengertian dan Manfaat – Tugas 3 Manajemen.

Kegiatan bisnis merupakan prosedur dalam rangka mengelola bisnis dari awal proses produksi hingga penjualan produk kepada konsumen. Dengan prosedur yang jelas maka proses produksi dapat berjalan secara efisien.

Coba bayangkan jika suatu perusahaan tidak memiliki prosedur yang jelas maka proses produksi tidak dapat berjalan sesuai kendali. Hal ini karena masing-masing tenaga kerja bekerja tanpa aturan dan prosedur yang pasti.

Oleh karena itu, Brown dan Clow (2008) memaparkan kegiatan bisnis dalam rangka mengembangkan produk antara lain :

  1. Mengidentifikasi peluang atau kesempatan untuk produk, baik barang maupun jasa/layanan
  2. Melakukan evaluasi mengenai produk tersebut
  3. Mencari modal usaha untuk memulai bisnis baru
  4. Manajemen produksi
  5. Memasarkan produk
  6. Memperbaiki proses

Pada intinya, bisnis ialah sebuah prosedur yang terdiri atas langkah-langkah mengelola bisnis, dari awal merintis hingga mengembangkan bisnis ke jaringan yang lebih luas. Sehingga, pengusaha akan memperoleh profit atau keuntungan.

Perlu kita pahami bahwa tujuan pengusaha mendirikan bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pembeli. Dalam dunia bisnis, konsumen sering disebut dengan pasar.

Pasar dalam bisnis terdiri atas individu, kelompok, maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan dan berkenan untuk menggunakan uangnya. Jadi, pasar adalah target dari suatu bisnis yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis

Sehingga bisa kita simpul kan bahwa, pengusaha yang sukses adalah mereka yang mendapatkan pasar atas produk-produknya. Bagaimana, apakah dari sini rekan-rekan sudah paham? Kalau belum, silahkan lanjut membaca.

Bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah usaha komersial dalam bidang perdagangan, baik usaha maupun dagang.

Pada intinya, bisnis merupakan usaha dengan wujud nyata yang terdiri atas individu maupun sekelompok orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Adapun tujuan bisnis adalah untuk memperoleh profit.

Profit yaitu keuntungan yang diperoleh pemilik bisnis, baik berupa uang, aset, dan kekayaan lainnya yang mempengaruhi perkembangan bisnis. Oleh karena itu, pengusaha akan mencari cara untuk meningkatkan profitnya.

“Apa yang dihasilkan dari kegiatan bisnis?” mungkin ini adalah pertanyaan yang paling sering Anda tanyakan. Jawabannya adalah kegiatan bisnis akan menghasilkan produk.

Produk sendiri memiliki dua bentuk, yaitu wujud fisik (tangible) dan layanan atau jasa (intangible). Contoh produk yang berwujud fisik antara lain mobil, komputer, laptop, buku, lemari, handuk, peralatan mandi, dan lain-lain.

Sedangkan, produk yang tidak berwujud atau layanan (jasa) seperti konsultan, pendidikan, salon rambut, kurus digital, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pengusaha bisa memilih ingin menjual produk dengan bentuk yang mana.

Silahkan sesuaikan dengan kemampuan Anda dan diskusikan dengan rekan bisnis Anda. Dengan berdiskusi maka akan menghasilkan kesepakatan bersama yang baik untuk masa depan bisnis Anda.

Baca juga = Tanggung Jawab Tenaga Penjualan terhadap Kemajuan Perusahaan.

Arti Kata Inkubasi Bisnis merupakan salah satu dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh para pengusaha dalam rangka mencari ide atau gagasan tentang produk baru. Inkubasi adalah proses mengumpulkan ide sebelum menetapkannya.

Bisnis membutuhkan sosok pengusaha yang kreatif dan inovatif, artinya mereka mampu memanfaatkan kesempatan pasar dengan cara menuangkan ide-ide di dalam bisnisnya. Dengan begini maka akan menciptakan daya saing.

Perlu kita ketahui juga bahwa, bisnis tidak terpisahkan dari yang namanya persaingan. Artinya, pengusaha harus bersaing dengan para pengusaha yang lain, baik di lingkungan regional maupun internasional.

Hal ini karena di era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan bisnis sangat ketat. Sehingga, pengusaha yang tidak kreatif dan inovatif maka kemungkinan produknya tidak laku atau konsumen tidak minat untuk membeli.

Definisi mitra bisnis yaitu rekan kerja yang saling bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan bisnis. Mitra bisnis bisa berbentuk perorangan maupun organisasi bisnis.

Salah satu keuntungan menjalin mitra bisnis adalah menciptakan daya saing perusahaan serta meningkatkan peluang penjualan. Tingkat penjualan yang tinggi mewakili pendapatan perusahaan.

Pendapatan bisnis merupakan keuntungan yang menunjukkan selisih atau perbedaan antara hal yang didapatkan (revenues) dan hal yang dibayarkan (expences). Semakin besar selisih nya maka pendapatan juga semakin besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpul kan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh pengusaha dalam rangka mendapatkan profit dengan cara menghasilkan produk, baik barang maupun jasa atau layanan.

Terimakasih telah mengunjungi website cilacapkerja.com. Kami harap informasi ini bisa memberi manfaat bagi Anda, khususnya pengusaha muda Indonesia. Sampai jumpa dan terus semangat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top