Daftar Riwayat Hidup untuk Anak SMK, Simpel dan Menarik

Daftar Riwayat Hidup dapat digunakan untuk anak SMK maupun SMA dalam rangka melamar pekerjaan, baik di perusahaan swasta atau pun dalam negeri. Oleh karena itu, penyusunan nya tidak boleh asal-asalan.

Daftar Riwayat Hidup dapat digunakan untuk anak SMK maupun SMA dalam rangka melamar pekerjaan, baik di perusahaan swasta atau pun dalam negeri.
Daftar Riwayat Hidup Lulusan SMK

Mungkin di antara kalian ada yang tanya, “Apakah CV sama dengan Daftar Riwayat Hidup?” Jawabannya yaitu tentu saja sama, tidak ada perbedaan. Hanya istilah katanya saja yang beda, yakni CV (Curriculum Vitae).

Jadi, mau kita sebut CV atau pun Daftar Riwayat Hidup tidak masalah karena keduanya sama-sama saja. Namun perlu kita ketahui bahwa pembuatan CV tidak boleh asal-asal memasukkan data karena hal itu, dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu, cilacapkerja.com akan membahas tentang cara pembuatan CV untuk lulusan SMA / SMK yang belum pernah bekerja atau belum punya pengalaman. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Berdasarkan pengalaman saya sewaktu mengikuti sesi wawancara dengan HRD, dia memberikan tips cara menyusun CV yang benar. Dia menegaskan bahwa CV tidak perlu terlihat bagus, melainkan yang lebih penting adalah isinya!

“Jika isinya lengkap dan format penulisannya rapi maka, hal itu sudah menunjukkan kepribadian kamu”, kata HRD tersebut. Jadi, apabila informasi yang saya masukkan sudah lengkap dan tulisannya rapi maka CV saya sudah bagus.

Berikut isi Daftar Riwayat Hidup untuk Anak SMK yang belum punya pengalaman, antara lain :

  1. Data Diri (Personality)
  2. Daftar Riwayat Pendidikan
  3. Pengalaman Organisasi atau Komunitas
  4. Daftar Kejuaraan atau Lomba Akademik / Non Akademik (jika ada)
  5. Daftar Pelatihan Kerja atau Kursus
  6. Daftar Penguasaan Bahasa Asing (tidak wajib)
  7. Keterampilan (Soft Skill dan Hard Skill)

Data diri dalam CV menunjukkan informasi lengkap mengenai siapa diri kita sebenarnya, seperti nama, alamat, agama, kewarganegaraan, nomor hp, tempat dan tanggal lahir, serta usia. Ingat, data tersebut jangan ada yang tertinggal ya?

Kemudian, daftar riwayat pendidikan yang perlu kita cantumkan dalam CV yaitu SD, SMP, dan SMK (TK tidak perlu dicantumkan). Adapun sebagai bahan pendukung, kita bisa menambahkan pengalaman organisasi, kejuaraan, dan pelatihan kerja.

Semakin banyak bahan pendukung tersebut maka peluang bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar. Namun, tidak semua bahan pendukung itu kita cantumkan ya? Cukup yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kita lamar saja!

Agar minat HRD semakin besar terhadap kita maka berikan keterampilan yang kita kuasai, baik itu soft skill maupun hard skill. Contohnya yaitu bisa berbahasa asing, dapat mengoperasikan Ms. Office, dan lain-lain.

Baca juga = 15 Motivasi Kerja Saat Interview Beserta Contoh Kalimatnya.

Bagaimana penulisan CV yang baik dan benar sesuai dengan permintaan HRD? Pada dasarnya, Daftar Riwayat Hidup dapat kita tulis tangan atau pun di ketik di MS. Word.

Jika CV ditulis tangan atau secara manual maka penulisannya harus rapi. Maksudnya rapi yaitu tidak ada coretan, warna pena hanya satu (hitam / biru), kertas tidak kotor, dan tidak ada kata yang salah penulisannya.

Namun, saya sendiri lebih menyarankan agar kalian menyusun Daftar Riwayat Hidup dengan cara diketik di MS. Word. Hal ini karena hasilnya lebih rapi, jelas, dan pastinya HRD lebih menyukai nya.

Bagaimana jika tidak punya laptop? Kalian tidak perlu bingung karena sekarang sudah banyak tempat fotokopian yang menyediakan layanan Office. Jadi, tinggal manfaatkan saja kesempatan tersebut. Paling cuma bayar 10 ribu Rupiah saja.

Dari sini, kita sudah paham bahwa format penulisan Daftar Riwayat Hidup ada 2 macam yaitu tulis tangan (manual) dan ketik di MS. Word. Silahkan pilih format penulisannya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Selain untuk melamar pekerjaan, CV atau Daftar Riwayat Hidup dapat kita gunakan untuk mendaftar kuliah, mengikuti kursus online, mendaftar lomba yang berkaitan dengan akademik, serta mendirikan suatu bisnis.

Adapun penyusunan nya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. hal ini menyesuaikan dengan tujuan yang ingin kita capai.

Contoh, apabila kita lulusan SMK yang hendak melamar pekerjaan maka akan lebih banyak mencantumkan pengalaman kerja dan riwayat pendidikan, baik formal maupun non formal. Semakin banyak pengalaman maka semakin bagus.

Kemudian, Jika kita ingin mendaftar kursus online maka akan menampilkan lebih banyak keterampilan atau kemampuan pada bidang tertentu. Jadi, sesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan kalian masing-masing ya?

Jika kalian ada tugas dari guru tentang cara pembuatan CV yang benar maka, silahkan pakai template Daftar Riwayat Hidup ini secara bijak. Tidak perlu sama persis dengan gambar, tetapi cukup ikuti isi atau format nya saja.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu berkas lamaran yang isinya memuat data diri pelamar, baik riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan tambahan, hingga minat dan tujuan yang ingin dicapainya.

Penyusunan CV yang baik akan meningkatkan peluang bagi pelamar, khususnya anak SMK yang belum punya pengalaman kerja agar memperoleh pekerjaan. Sehingga, anak-anak SMK atau SMA yang baru lulus harus bisa membuat CV yang bagus.

Adapun CV yang bagus adalah simple dan menarik. Simple yaitu mudah untuk dibaca dan penggunaan kalimatnya tidak berbelit-belit. Kemudian, arti kata menarik adalah format penulisan CV yang rapi dan tidak berantakan.

Mengapa kamu harus menyusun Daftar Riwayat Hidup dengan benar? Jawabannya adalah agar HRD semakin antusias dengan kamu. Artinya, dia semakin menyukai dirimu dan akhirnya dia meloloskan kamu ke tahap berikutnya.

Maksud dari CV yang benar yaitu dalam proses pembuatan nya tidak ada pihak lain yang mengendalikan. Artinya, 100% real diri kita sendiri yang membuatnya, tanpa paksaan dan unsur membohongi.

HRD adalah orang yang teliti, dia bisa mengetahui bahwa CV yang kamu buat itu benar atau tidak. Dia tahu bahwa CV yang kamu buat itu tidak benar karena jawaban yang kita sampaikan berbeda dengan yang tercantum dalam CV tersebut.

Oleh karena itu, usahakan untuk membuat CV sendiri, tanpa meminta orang lain untuk membuatkan nya. Kalaupun terpaksa, alangkah baiknya kita mengecek nya kembali sebelum dikirim ke HRD.

Baca juga = Cara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Agar Lebih Produktif.

Berikut ini, contoh Daftar Riwayat Hidup untuk anak SMK yang ingin melamar pekerjaan, tetapi belum punya pengalaman kerja. Selamat praktik ya teman-teman. Semoga berhasil dan sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top