Teknologi Digital: Pengertian dan Manfaat – Tugas 3 Manajemen

Teknologi digital adalah alat yang sengaja di buat oleh para ilmuwan dengan tujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Sehingga, pekerjaan lebih efektif dan efisien, serta mengurangi waktu produksi.

Teknologi digital adalah alat yang sengaja dibuat oleh para ilmuwan dengan tujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Sehingga, pekerjaan lebih efisien dan efektif, serta mengurangi waktu produksi.
Teknologi digital – tugas 3 manajemen

Berikut ini, cilacapkerja.com sudah merangkum materi tentang teknologi digital. silahkan simak dan pelajari.

Soal 1 : Berikan analisa Anda mengenai teknologi digital dan berikan contoh dari teknologi digital.

Teknologi digital merupakan bentuk majemuk dari kata ‘teknologi’ dan ‘digital’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata ‘teknologi’ mengandung dua pengertian yaitu metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, dan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang di perlukan bagi kelangsungan hidup manusia.

Sedangkan kata ‘digital’ memiliki arti yang berhubungan dengan komputer atau internet. Dalam Buku Materi Pokok Manajemen oleh Mamduh M. Hanafi, digital technology di artikan sebagai alat, sistem, perangkat, dan sumber daya elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data.

Dari pernyataan di atas, saya menyimpulkan bahwa digital technology adalah hasil rekayasa manusia yang sengaja di buat serta di kembangkan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Hasil rekayasa manusia ini di sebut dengan digital technology yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Perkembangan digital technology di era globalisasi ini mempunyai dampak yang sangat luas terhadap kehidupan manusia, dari segala aspek. Contohnya yaitu penggunaan teknologi dalam suatu industri atau perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Baca juga = Cara Bisnis Online Tanpa Modal Cocok Untuk Mahasiswa.

Berikut beberapa teknologi digital yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  1. Website
  2. Blog
  3. Platform jual-beli online
  4. Telepon pintar (Smartphone)
  5. Musik digital
  6. Buku elektronik (E-book)
  7. Media sosial
  8. Komputer
  9. Printer
  10. ATM (Automated Teller Machine)

Saya akan memberi sebuah ilustrasi mengenai pemanfaatan digital technology di dalam suatu perusahaan. Website merupakan salah satu bentuk digital technology yang di gunakan oleh pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengenalkan bisnisnya kepada calon pelanggan.

Dengan kata lain, perusahaan tersebut dapat menampilkan informasi mengenai bisnisnya, seperti barang yang dijual hingga jasa yang di tawarkan. Selain menampilkan informasi produk, perusahaan juga bisa mencantumkan alamat bisnis, kontak, hingga ulasan pelanggan.

Sehingga dengan begini, pelanggan dapat semakin yakin untuk membeli produk dari perusahaan tersebut. Hal ini karena ulasan pelanggan sebelumnya yang positif serta lengkapnya informasi perusahaan yang menandakan bahwa perusahaan tersebut bisa dipercaya.

Berdasarkan ilustrasi di atas, saya menyimpulkan bahwa penggunaan digital technology dalam bisnis berdampak positif terhadap penjualan produk dari perusahaan (marketing). Hal ini di tandai dengan meningkatnya kepercayaan pelanggan sehingga mereka tidak ragu untuk membeli produk tersebut.

Manfaat penggunaan teknologi digital dalam bisnis, antara lain :

  1. Meningkatkan peluang penjualan atau jumlah transaksi penjualan meningkat.
  2. Mempercepat proses produksi karena penggunaan robotika.
  3. Menciptakan daya saing perusahaan.
  4. Menekan biaya karena teknologi digital dapat menggantikan proses tradisional ke yang lebih modern.
  5. Meningkatkan profitabilitas dan probabilitas perusahaan apabila teknologi digital dikelola secara efektif dan efisien.

Selain memberi dampak positif, rupanya digital technology juga bisa memberi dampak negatif. Hal ini terjadi karena penggunanya tidak mampu mengoptimalkan digital technology tersebut secara bijak.

Contohnya yaitu seorang pebisnis yang ketagihan bermain media sosial. Padahal jika di lihat dari tujuan awalnya, pebisnis itu berencana ingin menggunakan media sosial untuk promosi.

Namun, seiring berjalannya waktu dia malah beralih tujuan dengan asyik bermain media sosial. Hal ini terjadi karena dia tidak fokus dengan tujuannya dan terpengaruh oleh media sosial.

Baca juga = Realita Jadi Pengusaha, Kerja Lebih Lama Dari Karyawan.

Soal 2 : Terkait teknologi dan manusia, bagaimana nilai penting manusia dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi? Berikan analisa Anda.

Saya akan menganalisa nilai penting manusia dalam pengembangan bisnis dan kemajuan teknologi.

Teknologi dibuat oleh manusia untuk mempermudah pekerjaannya atau meningkatkan produktivitas nya. Sehingga pada dasarnya teknologi dibuat untuk kelangsungan hidup manusia, selama manusia tersebut mampu menggunakan teknologi secara bijak maka akan memberi dampak positif bagi mereka.

Dalam dunia bisnis, penggunaan teknologi bisa meningkatkan efektivitas dan produktivitas bisnis. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan memiliki manajemen teknologi dan inovasi yang bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi dalam bisnis, mencakup proses memasok, mem-produksi, menyimpan, hingga memasarkan produk kepada pelanggan.

Pakar bisnis Kirk Kazanijan (2007) mengatakan : “Sebagus apa pun produk atau jasa Anda, tanpa penggunaan teknologi secara cerdas, Anda akan kehilangan peluang untuk membuatnya mudah dan biaya-efektif bagi pelanggan untuk berbisnis dengan Anda.”

Saya mencoba menjelaskan maksud dari pernyataan beliau bahwa perusahaan yang menghasilkan produk dengan kualitas terbaik sekalipun bisa gagal apabila mereka tidak menggunakan teknologi secara efektif dan efisien. Contoh, pebisnis yang menjual produknya di toko.

Hal itu memang tidak salah namun akan lebih baik jika pebisnis tersebut juga menjual produknya secara online dengan memanfaatkan platform jual-beli online (marketplace). Sehingga dengan begitu, penjualan produknya bisa berpeluang naik.

Setelah saya mengetahui tujuan dikembangkannya teknologi dan cara penggunaan teknologi dalam bisnis yang baik maka, saya (pebisnis) tidak boleh melupakan fungsi sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi bisnis.

  • Teknologi merupakan sarana untuk membantu manusia.
  • Manusia dengan segala unsur kemanusiaan nya menentukan keberhasilan bisnis, termasuk sistem rantai pasokan.
  • Konsep layanan pelanggan memberi syarat unsur-unsur kepemimpinan dan kerja tim, selain teknologi.

Kesimpulannya yaitu dengan memanfaatkan teknologi secara bijak serta mengoptimalkan kinerja sumber daya manusia ini dapat mendorong produktivitas dan efektivitas perusahaan dalam rangka meraih tujuan bisnis.

Soal 3 : Teknologi itu penting, tanpa harus berarti lebih atau paling penting, dalam kegiatan bisnis. Berikan opini Anda mengenai pernyataan tersebut.

Menurut saya, teknologi itu penting dalam kegiatan bisnis tetapi perlakuan yang berlebihan terhadap teknologi bisa mengurangi peran manusia dalam perusahaan dan layanan pelanggan. Kita sebagai pebisnis apalagi yang menggunakan teknologi dalam proses produksinya tidak boleh melupakan peran para karyawan.

Ingat, bahwa tujuan bisnis adalah untuk menyejahterakan karyawan, bukan robot. Sekalipun robot lebih bagus dalam menghasilkan produk, tetapi robot tidak bisa beroperasi tanpa ada yang mengendalikannya, yaitu manusia.

Oleh karena itu, pebisnis harus bersikap adil terhadap seluruh sumber daya yang ada. Misalnya, apabila robot mengalami kerusakan maka perlu diperbaiki atau dirawat agar tidak rusak.

Begitu juga dengan karyawan, mereka harus di perlakukan secara adil, seperti memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, serta membayarkan hak-haknya atau gaji secara tepat waktu. Sehingga tercipta keselarasan di dalam organisasi bisnis.

Jadi, teknologi memang penting namun ada yang lebih perlu di perhatikan yaitu keberadaan anggota atau karyawan, baik itu bawahan, tim manajemen, hingga pemilik bisnis. Jadi, pada intinya semua harus di perlakukan secara sama, tanpa ada pengurangan atau keistimewaan. Dengan begini maka proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Teknologi digital merupakan hasil rekayasa manusia yang sengaja di buat dan di kembangkan untuk membantu pekerjaan manusia itu sendiri. Adapun bentuk-bentuk digital technology yang sering di pakai oleh manusia, khususnya pebisnis antara lain website, blog, platform jual-beli online, smartphone, musik digital, E-book, media sosial, komputer, mesin print, dan ATM.

Kemudian, digital technology juga memiliki dampak positif dan negatif bagi kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menggunakan teknologi digital secara bijak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top