20 Hobi yang Menghasilkan Uang di Era Digital (2024)

Hobi yang menghasilkan uang di era digital (2024) yaitu menulis, memotret, editing foto atau video, programming, hingga bermain musik. Semua hobi tersebut dapat kita coba untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Hobi yang menghasilkan uang di era digital (2024) yaitu menulis, memotret, editing foto atau video, programming, hingga bermain musik.
20 hobi yang menghasilkan uang di era digital (2024)

Bekerja di perusahaan sudah biasa, menjadi Pegawai Negeri Sipil juga membosankan lalu, apa yang harus kita lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan? Jawabannya yaitu bekerja sesuai hobi.

Hobi merupakan kebiasaan yang orang lakukan di waktu senggang atau ketika orang tersebut merasa bosan. Namun, rupanya kini hobi juga bisa untuk menghasilkan uang.

Dengan bekerja sesuai hobi maka pikiran tidak cepat stress dan tentunya dompet semakin tebal dan berisi. Jadi, apakah teman-teman tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari sebuah hobi?

Jika tertarik, silahkan baca artikel ini sampai dengan selesai. Berikut ini cilacapkerja.com telah merangkum 20 hobi yang menghasilkan uang di era digital (2024).

Hobi yang menghasilkan uang pertama adalah menulis. Seseorang yang mempunyai hobi menulis adalah mereka yang senang membuat tulisan, baik dalam bentuk cerita fiksi, puisi, cerpen, hingga artikel.

Cara mendapatkan uang lewat hobi menulis yaitu bekerja sama dengan para penerbit buku dan jika memungkinkan, kamu juga bisa membuat blog atau website pribadi.

Dengan membuat blog maka kamu bisa publish tulisan kapanpun yang kamu mau. Uang bisa kamu dapat dari pengunjung yang masuk ke dalam blog tersebut. Bagaimana, apakah ada yang tertarik untuk menjadi penulis?

Baca juga = seedbacklink Jadi Platform Publisher Terbaik, Blogger Wajib Daftar!

Siapa yang tidak senang dengan hobi yang satu ini, iya benar memotret. Memotret merupakan salah satu hobi yang paling digemari oleh anak-anak muda zaman sekarang, khususnya di era digital.

Mendapatkan penghasilan dari hobi memotret sangat banyak caranya. Adapun cara memperoleh pendapatan dari hobi memotret antara lain membuka jasa foto katalog, foto prewedding, hingga menjadi seorang fotografer.

Sebagai tambahan informasi saja bahwa saat ini sudah ada situs website yang siap membeli hasil foto kalian. Dengan menjual foto di situ website tersebut maka kalian bisa memperoleh profit tambahan.

Teman-teman punya hobi memasak? Sini aku kasih tahu caranya bagaimana mendapatkan penghasilan yang banyak dari hobi memasak. Salah satu caranya yaitu membuat channel YouTube.

Cobalah untuk mengambil video dirimu yang sedang memasak lalu pos di channel YouTube pribadi mu. Terus lakukan hal yang sama yaitu membuat video lalu posting secara rutin dan konsisten.

Namun, jika kamu kurang percaya diri di hadapan kamera maka bisa coba alternatif yang lain, yakni membuka kursus memasak. Dengan membuka pelatihan memasak maka kemampuan mu akan semakin berkembang.

Melukis merupakan hobi anak muda yang bisa menghasilkan uang di era digital 2024. Kamu yang punya keahlian membuat lukisan lebih baik jual hasil lukisan mu di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Menggunakan media sosial untuk menjual hasil karya yang luar biasa, seperti lukisan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Jika tidak percaya, silahkan buktikan sendiri.

Jenis lukisan memang banyak namun, sebelum menjual lukisan mu alangkah baiknya untuk menetapkan target pembeli terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan pembeli secara cepat.

Berbeda dengan menulis, membaca lebih kepada memperluas wawasan dan jaringan informasi. Kebanyakan orang yang senang membaca adalah mereka yang pandai dalam bidang akademik.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk membuka les privat atau menjadi tutor online. Bayaran tutor online mulai dari 50 ribu Rupiah per jam hingga 150 ribu Rupiah per jam. Bayaran tergantung kemampuan dan kesanggupan kamu.

Hobi olahraga rupanya bisa menghasilkan uang tambahan. Caranya yaitu dengan menjadi pelatih atau pendamping olahraga. Pelatih yaitu seseorang yang menguasai kemampuan olahraga jenis tertentu.

Sedangkan, pendamping merupakan seseorang yang hanya mendampingi atau memberikan dukungan kepada orang yang sedang olahraga. Dengan begitu, orang yang meminta pendamping akan semakin semangat dalam olahraga.

Bayaran menjadi pelatih atau pendamping Olahraga sebesar 150 ribu Rupiah dalam satu kali pertemuan. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang pelatih olahraga?

Bagi sebagian orang, traveling merupakan hobi yang membuang-buang waktu, uang dan tenaga. Padahal fakta nya tidak. Justru hobi seperti traveling ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan di tahun 2024.

Cara mendapatkan uang dari hobi traveling yaitu menjadi content creator, khususnya yang mengangkat topik traveling. Kamu bisa membuat channel YouTube tentang aktivitas mu selama berlibur secara konsisten.

Bagi para wanita yang senang membuat produk kerajinan tangan mendingan coba untuk menjual produk tersebut di marketplace. Dengan menjualnya maka kamu  punya peluang untuk memperoleh profit.

Ada banyak jenis produk kerajinan tangan yang unik dan berkualitas, seperti anyaman, seni patung, dan ukiran. Semua kerajinan tersebut memiliki nilai jual yang sangat tinggi serta peminatnya yang sangat banyak.

Baca juga = Kerajinan Bahan Limbah, Beri Keuntungan Bagi Wirausaha.

Menyanyi merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang tambahan. Caranya yaitu dengan menjadi guru vokal atau membuat channel YouTube tentang teknik-teknik dalam bernyanyi.

Sudah banyak orang di luaran sana yang sukses dari hobi menyanyi. Menyanyi selain menghilangkan kejenuhan rupanya juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan profit tambahan.

Jika tidak percaya, silahkan coba saja kamu buat channel YouTube sekarang juga. Lalu pos video kamu yang sedang bernyanyi dengan kualitas tinggi maka dalam kurun waktu 3 bulan, jumlah subscriber kamu semakin bertambah banyak.

Anak muda sekarang ini banyak sekali yang punya keahlian menari. Daripada hanya menari untuk diri sendiri, lebih baik tunjukkan bakat mu ke orang lain. Dengan begitu maka hobi kamu bisa menjadi sumber penghasilan utama.

Cara mendapatkan uang lewat hobi menari antara lain membuka les menari (dancing), menjadi guru tari, membuat channel YouTube, dan berbagi video dancing di media sosial. Bahkan, kamu juga punya peluang untuk mengikuti ajang pencarian bakat.

Jika dahulu orang yang memainkan musik hanya untuk mengisi waktu senggang dan menghilangkan rasa bosan. Sekarang, bermain musik bisa menjadi sarana penghasil uang tambahan.

Cara mendapatkan uang dari hobi bermain alat musik yaitu membuka kursus alat musik, menjadi tutor, menjadi YouTuber pemain musik dan mengikuti ajang pencarian bakat. Cobalah memilih salah satu yang menurut kamu paling mudah.

Siapa di antara kalian yang senang menanam tanaman. Coba angkat tangannya. Ternyata, sekarang seseorang yang punya hobi menanam bisa menjadi jutawan loh.

Cara cepat kaya dari hobi menanam yaitu membuat channel YouTube tentang tata cara menanam. Kemudian, kamu juga bisa menjual tanaman yang bernilai jual tinggi seperti bonsai, tanaman hias, dan menjadi tukang dekor taman.

Bagi para perempuan yang senang berdandan, ayo hasilkan uang dari hobi mu itu. Selain memperoleh penghasilan tambahan, kamu juga bisa menjadi seorang penata rias wajah yang profesional.

Sebenarnya, hobi makeup tidak hanya untuk perempuan saja, tetapi laki-laki juga boleh. Bahkan, kemampuan anak laki-laki yang gemar makeup lebih kompeten daripada perempuan. Hasilnya juga tidak kalah bagus dengan perempuan.

Bagi teman-teman yang berani tampil di hadapan kamera dan bahkan tampil percaya diri di hadapan banyak orang lebih baik, jadi artis saja. Selain kemampuan akting kamu meningkat, kamu juga punya peluang untuk mendapatkan profit tambahan.

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu coba apabila ingin menjadi seorang artis yaitu  mengikuti seleksi artis, ajang pencarian bakat, hingga menjadi content creator. Menurut saya, menjadi content creator adalah pilihan terbaik yang patut kamu coba.

Modal seorang artis yaitu rasa percaya diri yang tinggi, cepat beradaptasi, pandai beradu akting, semangat belajar yang tinggi, dan tidak kenal lelah. Bagaimana, apakah kamu termasuk orang dengan kriteria tersebut?

Punya badan yang ideal dan paras yang cantik atau tampan, mendingan jadi model saja. Dengan menjadi seorang model maka kamu punya peluang untuk mendapatkan tawaran kerja yang banyak.

Saat ini ada perusahaan yang merekrut talenta anak muda yang berbakat di bidang modeling. Biasanya, perusahaan yang merekrut model yaitu dari industri fashion yang ingin mempromosikan produk mereka.

Selain melalui agensi modeling, kamu juga bisa membuat konten sendiri tentang dirimu yang sedang mengenakan fashion masa kini. Ada banyak contoh content creator yang menunjukkan hobi modeling mereka di media sosial. Silahkan follow akun mereka.

Siapa sangka ada orang yang punya penghasilan besar hanya dari sebuah hobi yaitu menjadi tukang dekor ruangan. Tidak hanya menata atau dekorasi rumah saja, tetapi juga taman dan perkantoran.

Untuk menghasilkan uang dari hobi yang satu ini, kamu harus punya kreativitas dan keterampilan tanpa batas. Dengan kreativitas maka kamu akan menciptakan desain ruangan yang indah dan bagus yang sesuai dengan permintaan klien.

Hampir mirip dengan menggambar namun editor lebih kepada kemampuan penggunaan teknologi, yakni mendesain, mengedit, dan membuat foto atau video yang berkualitas tinggi dengan software editing.

Beberapa software editing foto atau video yaitu Adobe Photoshop, Corel draw, Pixel Master, Canva, dan Cap Cut. Semua software editing tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan.

Hobi yang menghasilkan uang di era digital tahun 2024 mendatang ialah programming. Menjadi programmer merupakan impian dari kebanyakan anak muda zaman sekarang.

Dengan menjadi programmer maka mereka akan memiliki kesempatan karir yang lebih besar. Buktinya, saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan seorang programmer dalam bisnisnya.

Oleh karena itu, cobalah untuk memulai belajar coding dari sekarang. Siapa tahu dengan belajar coding, kamu punya peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih besar.

Baca juga = 5 Kelebihan Digital Marketing dalam Kegiatan Pemasaran Produk.

Punya hobi merawat hewan peliharaan, kenapa tidak buat channel YouTube saja? Contohnya seperti kakak Irfan Hakim. Dia punya hobi merawat hewan dan kini sukses menjadi seorang YouTuber.

Mungkin kamu punya rencana untuk menjadi seorang YouTuber, seperti kakak Irfan. Oleh karena itu, mulailah untuk membuat video tentang kamu dan hewan peliharaan mu. Lalu pos di YouTube dan beberapa akun media sosial kamu.

Anak-anak IT biasanya gemar membuat robot. Oleh karena itu, hobi yang menghasilkan uang di era digital yaitu merakit robot. Dengan membuat robot maka kamu punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Dari ke dua puluh hobi anak muda yang menghasilkan uang di atas, mana yang menurut kamu paling menguntungkan? Coba beri pendapat kalian di kolom komentar.

Terimakasih telah mengunjungi website Cilacap Kerja. Aku harap kepada kalian setelah membaca artikel ini bisa langsung praktik dan mencobanya. Sehingga kalian bisa menjadi orang yang sukses dan berhasil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top